J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              5 Aplikasi Gratis untuk Menjaga Keamanan dan Privasi Android Kamu

              5 Aplikasi Gratis untuk Menjaga Keamanan dan Privasi Android Kamu

              00
              Selasa, 27 Sep 2016, 19:00 WIB
              Keamanan dan privasi data menjadi hal yang sangat penting jika kita membahas tentang Android. Keamanan dan privasi data diperlukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti pencurian data transaksi atau penyalahgunaan informas

              Di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini, kebutuhan terhadap perangkat Android telah menjadi salah satu kebutuhan primer. Tidak hanya untuk berkomunikasi, Android juga digunakan untuk melakukan berbagai kegiatan media promosi, media sharing, dan bahkan sebagai alat untuk mencari uang. Tidak hanya itu, beberapa kegiatan sensitif seperti transaksi keuangan dan data-data perusahaan pun kini sudah menggunakan Android untuk mengirim dan menerima data melalui jaringan internet karena dianggap praktis.

              Menilik dari beberapa contoh di atas, tentunya kita juga perlu mengingat sebuah aspek penting terkait dengan transaksi dan sharing data. Keamanan dan privasi data menjadi hal yang sangat penting jika kita membahas tentang Android. Keamanan dan privasi data diperlukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti pencurian data transaksi atau penyalahgunaan informasi pribadi yang ada di Android kamu. Melalui aplikasi-aplikasi ini, perangkat kamu bisa jadi super aman dan tentunya privasi kamu juga tetap terjaga.

              BACA JUGA
              • 5 Aplikasi Keren Penjaga Keamanan Android Kamu
              • 10 Cara Jitu Menjaga Keamanan HP Android Tanpa Harus Menginstall Aplikasi
              • Jaga Keamanan Sosial Media Kamu Dengan Cara Cerdas ini

              5 Aplikasi Gratis untuk Menjaga Keamanan dan Privasi Android Kamu

              1. AppLock

              AppLock 2.32.7
              Apps Antivirus & Security DoMobile Lab
              DOWNLOAD

              Pertama ada aplikasi privasi Android terbaik bernama AppLock. Tentunya sebagian dari kalian pasti sudah pada kenal atau paling tidak pernah dengar nama aplikasi ini. AppLock merupakan sebuah aplikasi privasi Android yang menawarkan fitur kunci aplikasi untuk mencegah orang-orang tertentu mengakses aplikasimu. Contohnya, ketika kamu memiliki informasi sensitif seperti data transaksi atau curhatan di BBM dan LINE, kamu bisa mengamankan informasi tersebut dengan mengunci aplikasi yang bersangkutan, hehe.

              • Ketika pertama kali membuka aplikasi privasi Android ini, kalian akan diminta memasukkan pattern lock untuk membuka aplikasi ini.
                masukkan deskripsi gambar disini
              • Selanjutnya kamu perlu memasukkan email keamanan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan nantinya. Tenang aja, email kamu akan tetap aman kok.
                masukkan deskripsi gambar disini
              • Selanjutnya, karena urusan otentifikasi sudah beres, kamu akan langsung diarahkan ke halaman utama aplikasi privasi Android terbaik ini. Pada halaman utama, kamu bisa melihat beragam fitur yang ditawarkan aplikasi ini.
              • Pada bagian Advanced, kamu bisa memilih aplikasi mana saja yang akan kamu kunci agar tidak dapat diakses sembarangan oleh orang lain dengan melakukan tap pada ikon gembok tuh.
                masukkan deskripsi gambar disini
              • Selain itu, kamu juga bisa melakukan pengaturan unlock aplikasi pada tab Protect, apakah tetap mau menggunakan pattern atau mau ganti jadi password aja? Ceklis juga pilihan Touch vibrate kalau kamu butuh sensasi getar.
              • Masih ada lagi nih, kamu juga bisa menyembunyikan file media kamu dari Gallery agar tidak sembarang orang bisa melihat foto-foto atau video yang kamu simpan. Misalnya ada foto selfie atau foto dokumen rahasia. Caranya? Kamu tinggal tap pada Photo Vault untuk file foto atau Video Vault untuk file video.
                masukkan deskripsi gambar disini
              • Nantinya, kamu akan diarahkan ke halaman Add Vault. Pada halaman ini, kamu tinggal tap aja ikon yang ada di bagian bawah kemudian pilih file media yang mau disembunyikan.

              2. Duck Duck Go

              Duck Duck Go, nama aplikasinya memang agak unik sih. Duck Duck Go merupakan mesin pencari alias browser yang dapat digunakan di perangkat Android. Di samping Google Chrome dan Mozilla Firefox, Duck Duck Go dapat menjadi pilihan alternatif yang cerdas untuk tetap menjaga privasi kamu saat sedang berselancar di dunia maya. Jika pada browser-browser ternama halaman utama hanya diisi dengan kolom pencarian saja, maka Duck Duck Go menawarkan pengalaman yang berbeda.

              • Ketika pertama kali membuka Duck Duck Go, kamu akan melihat halaman utama aplikasi privasi Android terbaik ini. Di halaman utama, selain kolom pencarian, kamu juga akan disuguhkan dengan berbagai berita yang sudah digolongkan ke dalam sejumlah kategori untuk memudahkan pencarian.
                masukkan deskripsi gambar disini
              • Selain itu, pada tab Favorites kamu juga bisa melihat daftar pencarian yang paling sering dilakukan pada bagian Favorite Search dan juga ada tab Favorite Stories untuk mencari tahu cerita yang paling sering kamu baca.
                masukkan deskripsi gambar disini
              • Untuk hasil pencarian, kemampuan browser ini nggak boleh diremehkan loh karena tergolong cepat dan kamu gak perlu khawatir dengan masalah privasi karena aplikasi privasi Android terbaik ini tidak akan mencuri secuil pun data kamu.
                masukkan deskripsi gambar disini
              • Seperti apa sih tingkat keamanan privasi yang ditawarkan aplikasi ini? Berikut adalah perbandingan pengaturan privasi Duck Duck Go dan Google Chrome Android sebagai contoh:
                masukkan deskripsi gambar disini
              • Duck Duck Go menawarkan pengaturan privasi yang lebih banyak alias fleksibel untuk memberikan rasa aman bagi para pengguna ketika berselancar di internet. Tidak cuma itu saja, jika kamu mencoba versi desktop, browser ini menawarkan lebih banyak fitur keamanan privasi seperti mencegah sharing data dengan situs yang kamu akses dan juga menyimpan pengaturan privasimu di Cloud secara aman.

              3. VPN Easy

              Selain menjaga privasi dengan menggunakan browser yang aman dan tidak mencuri privasi kalian, ada baiknya jika anda melakukan langkah kombinasi dengan menggunakan VPN saat browsing. VPN atau Virtual Private Network merupakan sebuah koneksi antar jaringan yang dilakukan secara privat melalui jaringan internet publik dengan menggunakan server tertentu.

              VPN Easy merupakan sebuah aplikasi yang memungkinkan kalian menggunakan VPN dan juga sekaligus melakukan proteksi terhadap aplikasi yang kamu gunakan untuk berselancar di dunia maya termasuk browser dan YouTube bahkan media sosial.

              • Ketika pertama membuka aplikasi ini, kamu akan langsung melihat pilihan Connect. Selain itu, di bawah pilihan Connect terdapat sejumlah aplikasi yang nantinya akan terlindungi begitu kamu terkoneksi melalui VPN. Kamu juga bisa menambahkan aplikasi yang ingin kamu lindungi.
                masukkan deskripsi gambar disini
              • Saran saya sih kamu tambah aja aplikasi seperti WhatsApp, LINE dan BBM atau Facebook yang rentan terhadap pencurian informasi.
              • Selanjutnya, sebelum melakukan koneksi, pilihlah dahulu server yang akan kamu gunakan sebagai topeng untuk merahasiakan alamat IP dan lokasi kamu yang bisa terlacak dari alamat IP.
                masukkan deskripsi gambar disini
              • Setelah selesai dengan urusan proteksi aplikasi, langsung aja tap Connect dan pilih OK serta checklist pada pilihan I trust this application, karena memang aplikasi ini terpercaya sih.
              • Nah, kalau sudah kamu tinggal nikmati deh browsing dan downloading tanpa perlu takut alamat IP kamu terlacak yang bisa berujung pada pencurian informasi dan data.

              4. Crypt4All Lite (AES)

              Crypt4All Lite sendiri merupakan sebuah aplikasi privasi Android untuk enkripsi file yang penggunaannya sangat mudah tapi menawarkan tingkat keamanan enkripsi yang sangat baik. Enkripsi itu proses mengubah informasi menjadi kode-kode tertentu agar informasi tersebut aman. Nah, untuk membaca kode-kode tersebut perlu dilakukan proses dekripsi atau bisa disebut sebagai proses pengembalian dari kode-kode rahasia tadi menjadi informasi.

              Manfaatnya seperti ini, misal kamu ada file rahasia, terus kamu nggak mau orang lain baca, ya tinggal enkripsi aja terus tambahin password. Nanti kalau kamu mau baca kembali file tadi, tinggal dekripsi aja dan masukkan password yang cuma diketahui oleh kamu sendiri. Aplikasi Crypt4All Lite menggunakan jenis deskripsi yang terbilang rumit.

              • Setelah di-download, kalau sudah pada halaman utama kamu tinggal memilih mau melakukan enkripsi atau dekripsi. Di sini saya melakukan enkripsi terlebih dahulu.
              • Pilih dulu file yang akan di-enkripsi kemudian masukkan password enkripsinya yang nanti akan digunakan untuk proses dekripsi dan kalau sudah klik Encrypt.
                masukkan deskripsi gambar disini
              • Nantinya file hasil enkripsi akan memiliki ekstensi .aes.
              • Nah setelah proses enkripsi selesai, cobalah melakukan dekripsi file tadi dengan mencari terlebih dahulu file berekstensi .aes hasil enkripsi tadi kemudian masukkan password yang tadi digunakan pada proses enkripsi.
                masukkan deskripsi gambar disini
              • Selanjutnya, pilih Decrypt dan file kamu yang tadi terenkripsi sudah kembali seperti biasa. Oh ya, satu lagi, kamu juga bisa sekalian sharing file yang kamu pilih dengan memilih ikon share di bagian kanan atas loh dan kalau kamu punya aplikasi seperti PDF converter, kamu bisa sekalian ubah file yang kamu pilih menjadi PDF. Ibaratnya, sekali mendayung 2-3 pulau terlampaui.
                masukkan deskripsi gambar disini

              5. Secure Call

              Aplikasi privasi Android terakhir dalam list ini untuk menjaga keamanan dan privasi perangkat Android kamu adalah Secure Call. Dari namanya aja udah keliatan kan? Yap, aplikasi ini menawarkan fitur yang dapat menjaga keamanan dan privasi kamu ketika sedang melakukan panggilan telepon.

              • Ketika pertama kali membuka aplikasi ini, kamu akan diberikan ID Secure Call yang akan dipergunakan untuk melakukan panggilan. ID Secure Call inilah yang nantinya akan terlihat di Android milik lawan bicara kalian sebagai ganti nomor ponsel.

                masukkan deskripsi gambar disini
              • Selanjutnya, jika kalian ingin melakukan panggilan telepon, dari halaman utama, tinggal pindah aja ke tab bagian paling kanan.

              • Pada tab tersebut, kamu tinggal memasukkan ID Secure Call orang yang ingin kamu telepon untuk memulai panggilan super aman tanpa resiko penyadapan dan pastinya nomor ponsel kamu tidak akan terlihat.
                masukkan deskripsi gambar disini
              • Masih butuh kustomisasi lainnya? Coba aja masuk ke Settings. Pada menu Settings ini, kamu bisa sharing ID Secure Call kamu dan juga mendapatkan nomor istimewa tentunya dengan sedikit pengorbanan.

                masukkan deskripsi gambar disini
              • Gak cuma itu, fitur telepon bawaan merek-merek Android ternama, kamu juga bisa melakukan blokir dan reject call, hahaha, untuk berjaga-jaga terhadap telepon acak yang annoying banget lah dan rawan pencurian informasi. Gak perlu khawatir sih karena nomor ponsel kamu kan tersembunyi di balik ID Secure Call kamu.

              Ingat loh, mengamankan perangkat Android dan menjaga privasi kamu yang ada di dalamnya itu sangat penting loh dan nggak cuma menggunakan satu cara aja karena nantinya jika kamu membiarkan privasi kamu bebas begitu saja tanpa perlindungan, bisa saja ada pihak lain yang menggunakannya untuk tujuan buruk. Gunakanlah kombinasi cara-cara seperti yang saja jelaskan di atas, mulai dari proteksi aplikasi, keamanan browsing, privasi data, dan file di dalam perangkat kamu sampai keamanan dan privasi pada saat melakukan panggilan telepon.

              APPS TERKAIT
              360 Security - Antivirus Boost
              Apps Qihu 360 Software Co.
              avast! Mobile Security and Antivirus
              Apps Avast Software
              CM Security AppLock Antivirus 3.1.9
              Apps Cheetah Mobile
              AirCover Security 1.5.1
              Apps BlueSprig, Inc.
              Komentar
              BERIKAN KOMENTAR

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal