J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Hati-Hati! 7 Aplikasi Buatan Google ini Ternyata Berbahaya untuk HP Android Kamu

Hati-Hati! 7 Aplikasi Buatan Google ini Ternyata Berbahaya untuk HP Android Kamu

Jumat, 10 Jan 2020, 21:00 WIB
Meskipun sangat berguna dan bisa dinikmati secara cuma-cuma, ketujuh aplikasi dari Google ini ternyata membahayakan smartphone Android-mu

Android adalah sistem operasi yang paling banyak digunakan di dunia. Sistem operasi yang dimiliki oleh Google ini pun menjadi primadona karena sifatnya yang open source.

Selain itu, Android juga diperlengkapi dengan beragam aplikasi Google yang bermanfaat. Kerennya lagi, aplikasi ini bisa kamu nikmati layanannya secara gratis.

Namun, kita nggak bisa sepenuhnya percaya kepada Google yang memberikan layanannya secara cuma-cuma. Sepertinya ada agenda tersembunyi yang direncanakan Google.

7 Aplikasi Google yang Ternyata Berbahaya untuk Smartphone

Faktanya, Google mengumpulkan data pribadimu secara diam-diam. Jangan heran kalau kamu tiba-tiba menemui iklan yang pas banget dengan hal-hal yang baru saja kamu cari di internet atau kamu bicarakan.

Aplikasi-aplikasi Google ini banyak yang sudah ter-install secara default di Android-mu. Aplikasi tersebut menguras baterai karena terus mengumpulkan informasi tentang pengguna.

Dalam artikel ini, Jaka bakal kasih tahu kamu 7 aplikasi Google yang berbahaya untuk smartphone kamu yang dilansir dari situs makeuseof. Daripada lama menunggu, langsung simak saja, geng!

1. Google Play Service

1 78517

Banyak orang yang nggak sadar kalau smartphone-nya terus menjalankan aplikasi Google Play Service sampai aplikasi ini mendapatkan update.

Aplikasi ini bekerja sepenuhnya di background dan menyediakan koneksi ke Google agar aplikasi di smartphone-mu dapat berjalan dengan lancar.

Meskipun aplikasi ini memakan banyak baterai, kamu nggak bisa menghentikannya jika HP kamu belum di-root. Namun, Jaka nggak merekomendasikan untuk root HP-mu karena cukup berisiko.

Jaka sarankan untuk mengubah setelah permission untuk membatasi Google Play Service dalam mengumpulkan data pribadi dan juga mengirit baterai.

2. Google Chrome

2 9a1b0

Internet browser apa yang paling sering kamu gunakan untuk menjelajah internet? Jaka yakin pasti mayoritas dari pembaca Jalantikus menggunakan Google Chrome.

Sebagai browser default yang digunakan oleh semua HP Android, Google Chrome pasti mengetahui situs mana saja yang kamu kunjungi. Google Chrome akan 'membaca' segala riwayat internetan kamu.

Menggunakan mode Incognito saja nggak cukup. Kamu perlu mematikan opsi Usage and Crash reports dalam menu setelan privasi.

3. Google Maps

3 6a00a

Google Maps merupakan aplikasi navigasi yang sangat populer dan paling banyak digunakan. Akurasi serta kemampuan Google Maps untuk beroperasi tanpa layanan internet menjadi daya jualnya.

Sayangnya, Google Maps juga tetap mengumpulkan data pribadimu, seperti lokasi mana saja yang kamu kunjungi meskipun kamu sedang nggak menggunakan Google Maps.

Untungnya kamu bisa membatasi Google Maps dalam mengumpulkan lokasimu, geng. Kamu tinggal cari setelan untuk mematikan history Google Maps-mu.

4. Google Now

4 D6d59

Google App atau biasa dikenal dengan Google Now pada dasarnya adalah aplikasi Google Search untuk HP Android-mu. Kamu juga bisa memberikan perintah suara di aplikasi ini dengan kata ajaib, "Ok Google".

Melalui perintah-perintah tersebut, Google jadi tahu kebiasaanmu dalam menggunakan HP serta hal apa saja yang biasa kamu lakukan.

Saran Jaka, sih, kurang-kurangi menggunakan aplikasi ini. Jangan lupa juga matikan aktivasi "Ok Google" karena microphone HP kamu akan terus menyala dan bisa merekam pembicaraanmu.

5. Google Calendar

5 F6fff

Kalau menurut kamu Google Maps yang bisa mengetahui lokasi kamu berada sudah mengerikan, Google Calendar lebih seram lagi, geng.

Aplikasi kalender satu ini bisa mengetahui kamu sedang melakukan apa dan di mana karena kamu memasukkan jadwalmu sehari-hari di aplikasi tersebut.

Untungnya kamu bisa mematikan fitur aplikasi ini. Selain untuk alasan kemanan, baterai HP kamu juga bakal terasa lebih awet.

6. Google Photos

6 A675f

Siapa di sini yang suka foto selfie? Kecanggihan kamera HP Android zaman sekarang bikin kita jadi sulit menahan godaan untuk selfie.

Namun, kamu harus berhati-hati, geng. Pasalnya, aplikasi Google Photos mengumpulkan wajah-wajah yang ada di foto yang kamu ambil ke database-nya.

Foto wajah ini bisa disalahgunakan pihak nggak bertanggung jawab untuk mengakali fitur face detection yang kini semakin marak.

7. Google Hangouts

7 70efd

Google Hangouts merupakan aplikasi chatting dan telepon milik Google. Meskipun nggak sepopuler WhatsApp atau Skype, Hangouts memiliki kualitas yang kurang lebih sama, kok.

Sama seperti aplikasi chatting dan telepon lainnya, Hangouts juga memiliki risiko. Telepon dan chat kamu bisa di-hack dan digunakan secara nggak bertanggung jawab.

Kamu bisa mencegah hal ini dengan berhati-hati ketika menggunakan aplikasi ini dan mematikan opsi Improve Hangouts pada menu Settings.

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka mengenai 7 aplikasi Google yang berbahaya untuk HP Android kamu. Di dunia serba digital seperti sekarang, pencurian data merupakan bahaya nomor satu, geng.

Menjaga data pribadi dan privasimu merupakan hal yang harus diprioritaskan agar nggak terjadi hal nggak menyenangkan di masa depan.

Sampai jumpa lagi di artikel menarik Jaka lainnya. Jangan lupa tinggalkan jejak berupa komentar di kolom yang telah tersedia.

Baca juga artikel seputar Aplikasi atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

ARTIKEL TERKAIT
5a958f20conversation Startersxxxlarge2x

5 Bahasa Asing yang Harus Dikuasai Selain Bahasa Inggris, Wajib Install Aplikasi Translator!

Aplikasi Lokal Populer E4e26

10 Aplikasi Android Lokal Karya Anak Bangsa Paling Populer di Google Play Store

Fa7d05447c6ace689d45e2af0e2d845a

10 Aplikasi Android Paling Berguna yang Tidak Ada di iPhone dan iPad

Banner Jadi 407de

10 Aplikasi Android Teraneh yang Bisa Kamu Download, Gak Ada Faedahnya!

32 C89a0

5 Aplikasi Berbahaya Untuk Smartphone yang Jangan Sampai Kamu Install

Aplikasi Berbahaya Android F7907

Jangan Install! Ini 7 Jenis Aplikasi Berbahaya Bagi Android Kamu

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
6 Dampak Buruk Saat HP Android Tidak Memiliki Layanan Google

6 Dampak Buruk Saat HP Android Tidak Memiliki Layanan Google

5 Alasan Jangan Download Aplikasi di Google Play Store, Banyak Virus?

5 Alasan Jangan Download Aplikasi di Google Play Store, Banyak Virus?

7 Aplikasi Google untuk Kerja dan Belajar dari Rumah (WFH), Anti Ribet!

7 Aplikasi Google untuk Kerja dan Belajar dari Rumah (WFH), Anti Ribet!

5 Aplikasi yang Bisa Bantu Kerja dari Rumah (WFH), Antisipasi Virus Corona!

5 Aplikasi yang Bisa Bantu Kerja dari Rumah (WFH), Antisipasi Virus Corona!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal