J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Inilah Fungsi Utama Program Microsoft Excel yang Harus Kamu Ketahui

Senin, 3 Agt 2020, 10:00 WIB
Fungsi utama Microsoft Excel adalah sebagai pengolah data & angka saja. Ternyata ada fungsi dan manfaat lainnya, lho! Kamu wajib tahu!

Geng, pasti udah gak asing kan dengan program Microsoft Office?

Program yang ada pada laptop dan PC ini pasti siapapun pernah memakainya untuk keperluan pribadi, sekolah, kuliah, atau urusan pekerjaan.

Program yang menjadi satu bagian dari Microsoft ini akan memudahkan kamu dalam membuat file dokumen penting. Salah satu bagian dari Microsoft Office yang sering digunakan adalah Microsoft Excel.

Microsodt Excel yang kita tau mungkin hanya memiliki fungsi untuk membuat tabel agar lebih rapih, tapi ternyata lebih dari itu loh, geng.

Simak berbagai macam fitur, manfaat, serta kegunaan Microsoft Excel yang akan Jaka berikan berikut ini.

Fungsi, Manfaat, dan Kegunaan Microsoft Excel

Microsoft Excel adalah sebuah aplikasi (perangkat lunak) yang merupakan bagian dari paket Software Microsoft Office. Perangkat lunak ini berjenis spreadsheet.

Pada awal dibuatnya Microsoft Excel dapat berdiri sendiri dan bukan menjadi bagian dari Microsoft Office.

Namun sekarang ini Microsoft Excel sudah merupakan satu paket dengan Microsoft Office yang terdiri dari berbagai perangkat lunak yang merupakan kebutuhan kantor.

Microsoft Excel merupakan aplikasi untuk mengolah data secara otomatis yang dapat berupa perhitungan dasar, rumus, pemakaian fungsi-fungsi, pengolahan data dan tabel, pembuatan grafik dan menajemen data.

Pada Microsoft excel kita bekerja dengan system workbook, sedangkan di dalam workbook terdapat worksheet atau lembar kerja.

Pada worksheet ini kita bekerja dengan menggunakan kolom dan baris yang membentuk kotakan kecil-kecil berupa sel-sel tempat kita memasukkan data.

Kali ini Jaka akan mengajak kamu untuk lebih jauh mengetahui fungsi serta manfaat Microsoft Excel atau kegunaan Microsoft Excel dalam membantu mempermudah pekerjaan sehari-hari.

Fungsi Utama dan Kegunaan Microsoft Excel

Fungsi Dan Kegunaan Microsoft Excel B1da5

Fungsi utama program Microsoft Excel adalah sebagai aplikasi atau software pengolah angka. Fungsi atau kegunaan microsoft excel dalam pekerjaan sehari-hari lainnya antara lain:

  • Membuat, mengedit, mengurutkan, menganalisa, meringkas data.

  • Melakukan perhitungan aritmatika dan statistika.

  • Membantu menyelesaikan soal-soal logika dan matematika.

  • Membuat berbagai macam grafik dan diagram.

  • Membuat catatan keuangan, anggaran serta menyusun laporan keuangan.

  • Menghitung dan mengelola investasi, pinjaman, penjualan, inventaris, dan lain-lain.

  • Melakukan analisa serta riset harga.

  • Membuat daftar hadir serta daftar nilai sekolah maupun universitas.

  • Melakukan konversi mata uang.

  • Melakukan perhitungan dari hasil sebuah penelitian.

Manfaat Microsoft Excel

Fungsi Microsoft Excel Adalah 0389f

Microsoft Excel memiliki banyak sekali manfaat untuk mempermudah pekerjaan kamu, geng. Manfaat menggunakan microsoft excel antara lain:

1. Bidang Akuntansi

Contoh dari penggunaan program microsoft excel dalam bidang akuntansi adalah menghitung jumlah laba/rugi suatu perusahaan, mencari besarnya keuntungan selama satu periode, menghitung gaji karyawan, dan lain sebagainya.

2. Kalkulasi Matematis

Kalkulasi matematis digunakan untuk mencari data dari hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian, serta berbagai macam variasinya.

3. Pengelolaan Data

Pemanfaatan Excel untuk pengelolaan data yaitu untuk pengelolaan data base statistik, mencari nilai tengah, rata-rata, dan pencarian nilai maksimum serta nilai minimum sebuah data dan lain sebagainya.

4. Pembuatan grafik

Excel dapat digunakan untuk membuat grafik, misalnya grafik perkembangan jumlah penduduk selama satu tahun, grafik perkembangan jumlah siswa pada lembaga pendidikan, grafik kunjungan siswa ke perpustakaan, grafik kelulusan siswa, dan lain sebagainya.

5. Operasi Tabel

Dengan jumlah baris pada microsoft excel yang mencapai 1.084.576 dan jumlah kolom 16.384, maka anda tidak akan merasa kesulitan apabila melakukan input data yang membutuhkan jumlah kolom dan baris yang sangat banyak.

Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Excel

Kegunaan Microsoft Excel Adalah 0abce

Yang namanya aplikasi untuk mempermudah urusan dalam membuat file dokumen, pasti memiliki beberapa kelebihan dan kekurangannya.

Agar kamu gak cuma sekedar bisa menggunakan program Microsoft Excel, Jaka akan berikan informasi kelebihan dan kekurangan Microsoft Excel agar pengetahuanmu bertambah nih, geng.

Kelebihan Microsoft Excel

Sebagai program yang memudahkan pekerjaan, Microsoft Excel pasti punya kelebihannya yang membuat orang-orang sering menggunakan program ini. Berikut adalah kelebihan Microsoft Excel.

  • Organisasi Data: Dengan adanya data yang terorganisir maka akan mudah melakukan analisa data serta mencerna hasil pekerjaan terutama bila digunakan untuk membuat grafik dan presentasi data visual lainnya.

  • Formula Excel: Menerapkan rumus-rumus excel yang digunakan untuk menghitung cepat suatu persamaan sederhana maupun rumit dengan menggunakan data dalam jumlah yang besar.

  • Dukungan Pihak Ketiga: Kebanyakan program spreadsheet lainnya juga memperbolehkan untuk mengimpor lembar Excel ke format asli mereka dan mengekspor spreadsheet mereka sendiri sebagai file Excel.

  • Integrasi dengan Microsoft Office: Spreadsheet pada Excel dapat dengan mudah ditambahkan pada Microsoft Word dan Microsoft PowerPoint untuk membuat presentasi laporan dinamis dan lebih visual.

Kekurangan Microsoft Excel

Selain memiliki kelebihan, wajar jika microsoft excel juga memiliki kekurangan karena buatan manusia. Kekurangan Microsoft Excel antara lain sebagai berikut:

  • Butuh Banyak Latihan: Ketika hampir semua orang bisa menggunakan Excel dan mulai mengisi tabel dan mendapatkan manfaat penuh dari berbagai fiturnya, pengguna Excel masih membutuhkan banyak latihan agar mahir menggunakannya.

  • Kesalahan Perhitungan: Program Excel tidak memiliki sarana untuk memeriksa kesalahan yang dibuat pengguna selama proses entri data, yang bisa berakibat pada timbulnya kesalahan informasi dan menimbulkan masalah.

  • Memakan Waktu: Memasukkan data secara manual ke Excel bisa saja membutuhkan waktu yang sangat lama, terutama jika pengguna memiliki banyak data untuk dimasukkan.

  • Biaya Akses: Menggunakan Microsoft Excel asli gak gratis. Versi berbasis cloud dari Excel memerlukan langganan untuk Office 365, sedangkan edisi desktop dipatok dengan harga beli yang gak murah.

Akhir Kata

Itu dia informasi lengkap mengenai Microsoft Excel yang sering kamu gunakan. Baru tau kan, geng?

Microsoft Excel ternyata program dokumen yang gak se-simple itu.

Jangan lupa cek tips lainnya di JalanTikus, karena banyak info dan tips menarik yang bisa kamu ikuti. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Ersa Syabilla Hasanah.

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Cara Membuat Grafik di Excel 2010 dan 2016, Mudah dan Cepat

Cara Membuat Grafik di Excel 2010 dan 2016, Mudah dan Cepat

Cara Ubah PDF ke Excel dengan Mudah dan Praktis, Nggak Harus Bayar

Cara Ubah PDF ke Excel dengan Mudah dan Praktis, Nggak Harus Bayar

Kumpulan Rumus Excel Lengkap dan Fungsinya, Bisa Hitung Cepat!

Kumpulan Rumus Excel Lengkap dan Fungsinya, Bisa Hitung Cepat!

Cara Print Excel Agar Rapi, Tidak Terpotong & Full Kertas

Cara Print Excel Agar Rapi, Tidak Terpotong & Full Kertas

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal