Aplikasi BOP PAUD 2021 Kemendikbud Terbaru, Cara Menggunakan + Mengisinya

Default

Aplikasi BOP mungkin bukan menjadi aplikasi yang jarang diketahui kalangan awam. Bisa jadi, kamu mengira APK BOP merupakan aplikasi terbaik yang bisa digunakan di HP.

Faktanya memang begitu. Kamu yang berasal dari kalangan awam takkan bisa menggunakannya. Sebab, BOP merupakan aplikasi khusus edukasi yang ditujukan untuk tenaga pendidik jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan pendidikan kesetaraan.

Setelah mengetahui peruntukannya, kamu mungkin merasa aplikasi ini tidak penting. Namun, bagi pengajar PAUD, aplikasi ini punya fungsi yang penting karena sangat membantu mereka dalam bekerja.

Makanya, kalau kamu atau kenalanmu adalah pengajar PAUD, simak artikel ini, yuk. Siapa tahu kamu bisa memberi tahu kenalanmu cara menggunakan aplikasi BOP serta cara mengisinya!

Apa Itu Aplikasi BOP?

Aplikasi BOP PAUD 48d1a

Aplikasi BOP merupakan singkatan dari program bantuan operasional penyelenggaraan (BOP) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Program ini ditujukan khusus bagi tenaga pendidik PAUD dan Pendidikan Keseteraan.

Nantinya, bantuan operasional ini akan diberikan ke jajaran petugas dan guru PAUD dengan cara mengirimkannya langsung ke rekening yayasan. Tentunya mereka harus melalui proses dan tahapan tertentu untuk bisa mengajukan BOP ini.

Program aplikasi BOP untuk PAUD ini merupakan pembaharuan dari aplikasi sebelumnya, yaitu BOP SIMDAK 2020. Makanya, program ini bisa dibilang sudah berjalan sejak lama dan berfungsi dengan baik serta tepat sasaran.

Fungsi & Manfaat Aplikasi BOP PAUD

Seperti yang sudah dijelaskan, aplikasi PAUD adalah program khusus bagi kalangan pengajar jenjang PAUD. Makanya, aplikasi ini sangat penting bagi mereka dengan beragam fungsinya, antara lain:

  • Pengolahan data
  • Alur untuk pencairan dana BOP
  • Media untuk laporan keuangan
  • Menyusun ringkasan proposal

Jika pendidik atau staf PAUD telah mengajukan proposal, mereka pun berhak mendapatkan bantuan operasional tersebut. BOP yang telah masuk ke rekening yayasan tentunya akan sangat membantu bagi pengembangan PAUD ke depannya. Manfaat dana BOP untuk PAUD antara lain:

  • Perawatan sarana dan prasarana sekolah
  • Alokasi pengeluaran rutin daya dan jasa
  • Keperluan administrasi sekolah
  • Pembayaran honor tenaga pendidik dan staf
  • Keperluan penerimaan peserta didik baru
  • Penyelenggaraan alat multimedia untuk pembelajaran
  • Keperluan pengembangan profesi guru dan tenaga pendidik lainnya
  • Penyelenggaraan asesmen dan evaluasi pembelajaran

Setelah melihat banyaknya manfaat BOP bagi PAUD beserta tenaga pendidiknya, kamu pasti tahu kenapa aplikasi BOP sangat penting bagi mereka. Makanya, tidak ada salahnya kamu mengetahui tentang BOP PAUD. Siapa tahu kamu punya kenalan yang bisa kamu bantu nanti.

Cara Menggunakan Aplikasi BOP

Cara Menggunakan Aplikasi BOP PAUD B5ca1

Meskipun menggunakan kata "aplikasi", nyatanya aplikasi BOP bukan seperti APK yang umum ditemukan di Google Play Store atau App Store. Jadi, kamu takkan bisa download dan install, karena pada dasarnya program BOP ini bisa digunakan di web browser.

Cara menggunakan aplikasi BOP sangatlah mudah. Kamu hanya perlu mengunjungi situs https://bop.kemdikbud.go.id/, lalu melakukan login dengan akun tenaga pendidik PAUD yang terdaftar. Panduan menggunakan aplikasi BOP secara lengkap bisa kamu simak di bawah ini:

  1. Login dengan SSO.
  2. Pilih fitur Perencanaan Data, lalu pilih Paket Penggunaan.
  3. Scroll ke bawah, lalu pilih Rencana Kegiatan serta Anggaran Satuan.
  4. Isi data yang dibutuhkan dengan lengkap.
  5. Simpan hasil yang telah diisi.
  6. Klik Data Report, lalu pilih Reporting.
  7. Lakukan verifikasi rekening PAUD

Jika melihat proses di atas, maka bisa disimpulkan penggunaan situs serta untuk bisa mengajukan dana BOP ini terdiri dari tiga tahapan utama, yaitu:

  1. Perencanaan
  2. Pelaporan
  3. Verifikasi Rekening PAUD

Tiga tahapan inilah yang akan Jaka bahas lebih lanjut. Sebab, tahapan-tahapan tersebut memiliki prosesnya tersendiri yang harus dilalui dengan beberapa persyaratan penting yang harus dipenuhi. Semuanya demi manfaat-manfaat aplikasi BOP yang telah Jaka jelaskan di atas.

Langkah 1: Membuat Perencanaan di Aplikasi BOP 2021

Cara Membuat Perencanaan Aplikasi BOP 09bb3

Supaya tenaga pendidik atau staf PAUD bisa input atau isi data anggaran, mereka harus menyiapkan Rencana Anggaran Dana (RAD) BOP PAUD.

Kamu bisa memulai tahapan ini dengan memilih menu Data Perencanaan di situs BOP PAUD Kemendikbud. Selanjutnya, silakan scroll ke bawah untuk input data perencanaan.

Nah, di tahap ini, ada beberapa komponen dan data yang harus disiapkan karena nantinya harus diinput dalam menu perencanaan. Komponen dan data yang terdapat pada menu perencanaan tersebut antara lain:

  1. Jenis komponen yang meliputi pelaksanaan kegiatan operasional pembelajaran, pelaksanaan kegiatan pendukung pembelajaran, serta pemenuhan administrasi satuan pendidikan
  2. Jenis penggunaan, tergantung pada jenis komponen yang dipilih
  3. Nama barang/jasa yang telah dibelanjakan
  4. Jumlah barang yang telah dibelanjakan
  5. Satuan
  6. Harga satuan

Komponen yang bisa dimasukkan ke menu perencanaan tersebut sangat beragam dan bisa diajukan selama berhubungan dengan kegiatan pembelajaran dan bermain. Contohnya seperti mainan edukatif, alat musik, pakaian adat, peralatan masak, dan sebagainya.

Penyediaan makanan sehat juga bisa masuk ke tahap perencanaan. Sebab, hal ini berkaitan dengan pelaksanaan pendukung pembelajaran yang mendukung tumbuh kembang anak.

Selain itu, pengeluaran dalam kegiatan yang mendukung pembelajaran seperti pertemuan dengan orang tua anak didik, pembayaran uang honor, serta pembelian obat-obatan dan alat kebersihan juga bisa masuk.

Nah, semua komponen dan data tersebut harus dimasukkan ke dalam perencanaan, lalu disimpan. Semua wajib diisi agar kamu bisa masuk ke tahap selanjutnya, yakni membuat laporan realisasi penggunaan dana pada aplikasi BOP.

Langkah 2: Membuat Laporan Realisasi BOP

Cara Membuat Laporan Aplikasi BOP 0fd10

Setelah selesai membuat perencanaan, kamu harus lanjut ke tahap selanjutnya, yakni membuat laporan realisasi BOP. Mengisi menu laporan sebenarnya sama saja seperti saat kamu mengisi menu perencanaan.

Perlu diketahui, fungsi tahap pelaporan ini adalah untuk melaporkan penggunaan dana pada Satuan Pendidikan yang telah menerima dana BOP PAUD

Di tahap ini, kamu kembali harus mengisi jenis komponen, jenis penggunaan, dan sebagainya. Semuanya harus sesuai dengan data perencanaan yang telah diisi sebelumnya. Simak panduan mengisi laporan aplikasi BOP selengkapnya di bawah ini:

  1. Login dengan akun DAPODIK.

  2. Pilih BOP PAUD

  3. Pilih Penyerapan BOP untuk melihat data penyerapan BOP ke satuan pendidikan.

Setelah memilih menu tersebut, kamu akan melihat data penyerapan BOP yang telah diisi oleh Admin/Operator Kabupaten. Jika ada perbedaan pada penerimaan jumlah dana, data peserta didik penerima, dan tanggal penerimaan ke rekening, silakan hubungi admin atau melalui operator pada kabupaten kota masing-masing.

  1. Untuk input pelaporan, pilih Laporan Penggunaan Dana.

Tunggu beberapa saat sampai muncul format laporan penggunaan Dana. Setelah muncul, kamu harus memilih data laporan yang kamu ingin input.

  1. Pilih Semester, kemudian tekan Cari.

  2. Tekan tombol Edit atau ikon berbentuk pensil untuk input laporan penggunaan dana.

Langkah 3: Verifikasi Rekening BOP PAUD

Verifikasi Aplikasi BOP 77e10

Setelah menyelesaikan pengisian data, berikutnya akan muncul laporan Rencana Kegiatan Anggaran Satuan. Di sini, tahapan tidak selesai begitu saja karena kamu harus melakukan verifikasi rekening BOP.

Perlu kamu ketahui, proses verifikasi ini sangat penting agar proses pencairan dana BOP bisa berjalan dengan lancar. Tujuan dilakukannya verifikasi adalah untuk mengetahui kebenaran nomor rekening yang ada pada DAPODIK dan bank terkait.

Jika ada perbedaan nomor rekening pada DAPODIK PAUD, akan muncul pesan status sekolah belum terverifikasi pada aplikasi BOP. Maka dari itu, tenaga pendidik atau staf PAUD wajib segera perbaiki data pada DAPODIK terbaru dan sesuaikan dengan rekening sekolah.

Untuk bisa melakukan verifikasi rekening BOP PAUD, berikut cara dan panduan yang bisa kamu ikuti:

1. Menyiapkan Dokumen Pendukung

Dalam tahapan ini, hanya ada satu dokumen yang harus disiapkan. Dokumen tersebut adalah buku rekening sekolah yang memiliki nama sekolah. Pastikan nomor rekeningnya masih aktif agar proses verifikasi berjalan dengan lancar.

2. Memperbaiki Data Rekening Sekolah di Aplikasi DAPODIK PAUD

Setelah menyiapkan nomor rekening sekolah, selanjutnya kamu harus mengisi data nama dan nomor rekening pada aplikasi DAPODIK. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Login ke aplikasi DAPODIK.
  2. Pilih menu sekolah, lalu scroll ke bawah.
  3. Isi data rekening BOP sekolah, lalu klik simpan.
  4. Pilih menu Validasi dan Sinkronisasi untuk mengirimkan data yang sudah diisi

3. Verifikasi di Laman Aplikasi BOP/BOS Kemendikbud

Di tahap terakhir ini, kamu harus menyiapkan foto buku rekening BOP sekolah dalam format JPG. Di foto tersebut, nomor rekening dan nama rekening sekolah harus terlihat jelas dan disarankan menjadi nama file. Ukuran file-nya juga tidak boleh lebih dari 1 MB

Langkah selanjutnya bisa kamu simak di bawah ini:

  1. Login SSO DAPODIK.
  2. Masuk ke menu upload buku tabungan/giro yang telah kamu siapkan sebelumnya.
  3. Pilih Konfirmasi.
  4. Di menu Konfirmasi, kamu harus isi data update jika ada pergantian nomor rekening.
  5. Klik Update jika tidak ada kesalahan atau setelah update data.

Akhir Kata

Sekian pembahasan Jaka mengenai aplikasi BOP PAUD beserta cara menggunakan dan mengajukan dana BOP Kemendikbud. Semoga para tenaga pendidik dan staf PAUD yang membaca artikel ini bisa terbantu untuk memudahkan pengajuan dana BOP, ya!

ARTIKEL TERKAIT
5 Aplikasi Android Untuk Para Guru
5 Aplikasi Android untuk Para Guru Supaya Mudah Belajar Mengajarnya
Cara Mengecek Saldo Bpnt Lewat Hp 17470
Wajib Tahu! Cara Mengecek BPNT Lewat HP Untuk Mencairkan Bansos
Cara Buat Akun Ltmpt 2022 0cb66
Cara Buat Akun LTMPT Siswa dan Sekolah untuk SNMPTN 2022
Download Apk Kaya Penghasil Uang Jualan Online Sambil Cuan 72865
Download APK Kaya Penghasil Uang, Jualan Online Sambil Cuan
SnackLink Situs Penghasil Uang Tanpa Modal, Beneran Membayar Nggak, Sih?
Aplikasi Penghasil Pulsa A13fb
16 Aplikasi Penghasil Pulsa Gratis Tercepat 2021, Langsung Cair!
Download Car Mechanic Simulator Mod Apk V2 1 31 Untuk Android Unlimited Money 2ec9b
Download Car Mechanic Simulator MOD APK v2.1.31, Unlock Features & Unlimited Money
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal