J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Awas Virus Mematikan! 7 Aplikasi ini Berpotensi Bahayakan Laptop Kamu

Awas Virus Mematikan! 7 Aplikasi ini Berpotensi Bahayakan Laptop Kamu

Kamis, 16 Apr 2020, 16:00 WIB
Yakin kalau aplikasi yang kamu pakai aman? Gimana kalau aplikasi tersebut justru menghancurkan laptop dan mencuri datamu diam-diam? Daripada panik, berikut deretan aplikasi yang harus kamu hindari!

Seiring berjalannya waktu, kamu akan menemukan berbagai macam aplikasi menarik yang tersedia di laptop ataupun smartphone mu.

Masing-masing aplikasi mengklaim bahwa merekalah yang terbaik dan bakal memberikan kamu pelayanan maksimal untuk membantu pekerjaan ataupun kegiatan harianmu.

Sayangnya, nggak semua aplikasi terbilang aman. Beberapa di antaranya malah berbahaya dan bikin device mu auto "Rest in Peace". Nah, loh!

7 Aplikasi yang Berbahaya buat Laptop

Beberapa aplikasi yang berbahaya tersebut bisa jadi sering kamu gunakan sehari-hari, mengingat secara sekilas aplikasi itu tidak memperlihatkan masalah apapun pada device yang kamu pakai.

Nah, daripada penasaran, berikut Jaka bakal ulas 7 aplikasi yang berbahaya banget buat laptop kamu. Simak ulasannya berikut!

1. WinRAR

1 Custom D2163

Pastinya kamu familiar dengan aplikasi kompresi populer yang satu ini. WinRAR Mendukung beragam format kompresi seperti RAR, 7-Zip,Zip dan lain-lain yang cocok untuk menyimpan file berukuran besar.

Sayangnya, baru-baru saja, Check Point Research menemukan fakta mengejutkan bahwa sebuah malware sudah bersemayam dalam aplikasi WinRAR selama 19 tahun!

Diam-diam, malware ini bakal menginfeksi dan merusak sistem laptopmu. Wah ngeri banget! Maka dari itu, aplikasi ini wajib kamu ganti dengan aplikasi lain yang lebih aman.

2. Java (Runtime 6,7)

2 Custom 26b51

Java Runtime 6 dan 7 merupakan versi lawas dari Java yang ternyata masih digunakan oleh jutaan pengguna di seluruh dunia.

Padahal, aplikasi yang diklaim serba bisa ini sudah membawa banyak masalah pada PC ataupun laptop yang digunakan penggunanya.

Bahkan di tahun 2012, pengguna diminta mematikan plugin Java di sederet browser terbaik karena terbukti menyusupkan malware ke dalam komputer penggunanya.

Maka dari itu, jika pengguna masih ingin menggunakan aplikasi ini, sangat dianjurkan untuk menginstal atau mengupdate versi terbarunya.

3. Adobe Flash Player

3 Custom Ec99f

Aplikasi yang satu ini sempat populer pada tahun 2010-an. Berbagai macam website, mulai dari game offline, game online, hingga streaming video mengharuskan kamu menginstall Flash Player supaya bisa dibuka dan digunakan.

Sayangnya, seiring berjalannya waktu, software ini mulai mendapatkan banyak masalah keamanan serius. Berbagai macam kasus muncul, mulai dari laptopnya crash karena dibobol hacker hingga adanya pencurian data-data pribadi.

Meskipun Adobe sudah berusaha memperbaiki sistem keamanannya, namun tetap nihil. Akhirnya, Adobe melarang pengguna laptop untuk menginstal aplikasi berbahaya ini. Mereka juga bakal menutupnya di tahun 2020.

4. GOM Media Player

4 Custom 76a43

Sebenarnya, aplikasi pemutar audio dan video favorit di PC ini memiliki serangkaian fitur keren yang bakal bikin kamu mendapatkan hiburan maksimal saat di laptop.

Sayangnya, dalam sebuah diskusi antar sesama pegiat gadget, aplikasi ini diduga menyusupkan malware yang dapat merusak sistem di PC.

Beberapa testimoni menyatakan bahwa laptop mereka jadi lebih lemot dan muncul instalasi aneh yang tidak pernah diinstal sebelumnya.

Maka dari itu sangat dianjurkan untuk segera mengganti aplikasi ini dengan aplikasi pemutar musik terbaik lainnya yang sudah terjamin keamanannya.

5. CCleaner

5 Custom 5e41e

Siapa yang familiar dengan aplikasi satu ini? CCleaner diklaim mampu meringankan kerja laptopmu.

Caranya adalah dengan menghapus browsing history lama, menghapus program atau aplikasi yang sudah nggak terpakai, hingga membersihkan file-file usang di laptopmu.

Sayangnya, registry cleaner yang terdapat dalam aplikasi malah membuat laptop jadi melambat. Bahkan di tahun 2017, CCleaner terbukti malah membawa malware ke laptop penggunanya.

Nah, biar nggak kena zonk di atas, Jaka menawarkanmu cara buat CCleaner gratis yang bisa kamu bikin sendiri, loh. Praktis dan sederhana banget!

6. Foxit Reader

6 Custom 9b55c

Aplikasi pembuka PDF gratis ini sudah cukup populer karena dapat digunakan untuk melihat/membuka dokumen PDF. Ukuran boleh kecil, namun performa yang diberikan sangat memuaskan.

Sayangnya, semua berubah ketika tahun 2017, Foxit Software, developer di balik Foxit Reader, mengumumkan bahwa sistem mereka baru saja diretas hacker dan informasi para penggunanya dicuri oleh mereka.

Nggak cuma itu. Para hacker juga sengaja membajak sistem Foxit Reader, sehingga aplikasi ini bakal menyimpan virus dan malware berbahaya yang nggak bakal disadari para penggunanya.

Maka penting banget buat selalu menginstal aplikasi anti virus PC terbaik untuk proteksi keamanan terbaik bagi laptop kesayanganmu ya, geng.

7. Zoom

Thumb Custom 700ec

Meskipun belakangan ini aplikasi ini kian populer, namun Zoom banyak disorot oleh pakar siber karena sistem keamanannya yang rapuh.

Salah satunya mempermasalahkan kenapa aplikasi sekelas Zoom tidak memiliki enkripsi end-to-end layaknya aplikasi lainnya. Ini membuat fitur meeting bisa dibobol oleh siapa saja.

Nggak cuma itu, aplikasi Zoom juga terbukti mengirimkan data-data pribadi pengguna ke Tiongkok, menjadikannya aplikasi yang sangat berbahaya untuk laptopmu.

Akhir Kata

Itulah tadi 7 aplikasi yang berbahaya buat laptop kamu. Bagaimana pendapatmu?

Silakan tulis komentarmu di bawah ini. Tetap hati-hati dalam menginstall aplikasi yang tersedia di internet. Sampai jumpa di artikel Jaka selanjutnya, ya!

Baca juga artikel seputar Aplikasi atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

ARTIKEL TERKAIT
5a958f20conversation Startersxxxlarge2x

5 Bahasa Asing yang Harus Dikuasai Selain Bahasa Inggris, Wajib Install Aplikasi Translator!

Forzavsonefootball

Aplikasi Sepak Bola Terbaik untuk Android Kamu

Android Studio

Cara Mudah Membuat Aplikasi Android untuk Pemula

Aplikasi Alquran Indonesia Terbaik Fb917

10 Aplikasi Al Quran Bahasa Indonesia Terbaik dan Terlengkap 2020

Game Penghasil Pulsa Gratis Terbaru 2020 Banner 8f244

10 Aplikasi & Game Penghasil Pulsa di Android Gratis & Terbaik, Dijamin Cair!

Aplikasi Dan Game Wajib Install 5b58a

10 Aplikasi & Game Android Terbaru yang Wajib Kamu Tahu

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal