J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Aplikasi Audio Editing Terbaik di Android

Rabu, 29 Mar 2017, 13:00 WIB
Bagaimana cara melakukan audio editing di Android? langsung saja ini dia pembahasan mengenai aplikasi-aplikasi audio EEditing terbaik di Android versi Jaka!

Smartphone Android sangat digemari oleh hampir semua orang di dunia. Sejatinya smartphone merupakan sebuah perangkat multifungsi yang bisa digunakan untuk melakukan berbagai hal. Salah satunya melakukan audio editing.

Audio editing sendiri merupakan sebuah kegiatan di mana kita memanipulasi suara atau lagu dengan cara mengubah nada dari suara tersebut, menambahkan berbagai suara instrumen atau juga memotong sebuah lagu. Umumnya, audio editing dilakukan menggunakan berbagai perangkat canggih yang harganya mahal dan tentu saja memerlukan perangkat komputer semacam laptop. Namun, ternyata sekarang kita bisa melakukannya hanya melalui smartphone Android loh. Nggak percaya? Simak selengkapnya ulasan Jaka ini ya.

BACA JUGA
  • 5 Rekaman Audio 3D yang Pasti Membuat Kamu Takjub Hingga Ketakutan
  • Cara Convert Audio ke Text di PC atau Laptop, Praktis & Anti Capek!

5 Aplikasi Audio Editing Terbaik di Android

Brkat kemajuan teknologi, kegiatan audio editing ini sekarang sudah bisa kita lakukan dengan menggunakan smartphone Android. Para pengguna Android bisa melakukan Mixing suara instrumen, mengubah nada dari suara atau lagu tersebut, dan juga memotong lagu tersebut untuk kemudian dijadikan ringtone di Android.

Bagaimana cara melakukan audio editing di Android? Kalian penasaran? Okelah, langsung aja kita menuju ke pembahasan seputar aplikasi-aplikasi audio editing terbaik di Android yuk!

1. PocketBand - Social Daw

Aplikasi Android pertama yang akan kita bahas adalah PocketBand - Social Daw. Aplikasi yang satu ini memungkinkan kalian melakukan Mixing Audio dengan mengubah nada dari sebuah lagu dan bahkan menambahkan bunyi berbagai instrumen musik. Berikut ini langkah-langkahnya.

  • Ketika pertama kali membuka aplikasi ini, kalian akan diarahkan ke halaman utama, di mana kalian bisa menggunakan lagu demo atau menambahkan lagu kesukaan kalian dengan memilih ikon + Song.

  • Selanjutnya, kalian akan diarahkan ke halaman mixing. Di sini, terdapat beberapa pilihan seperti Intro, Voice, Base, Bridge dan Outro yang merupakan penamaan bagian-bagian lagu.

Ce8cb267f8c6c344d9b8197c6f1cb2ad
  • Kalian tinggal memilih bagian mana dari lagu tersebut yang akan kalian edit, entah itu bagian awal (Intro) atau mungkin pada saat lagu dimulai (Voice) atau pada bagian akhir lagu (Outro). Cukup tap pada salah satu pilihan tersebut dan kalian akan berpindah ke halaman berikutnya.

  • Di halaman inilah kalian bisa melakukan pengeditan bunyi instrumen yang ada dalam lagu pilihan kalian. Entah itu mengubah bunyi drum menjadi lebih keras atau mengubah nada gitar agar menjadi lebih tinggi.

F77ba14e443d4385218602a616fccfda

2. MP3 Cutter

Aplikasi Android selanjutnya yang bisa kalian gunakan untuk audio editing adalah MP3 Cutter. Aplikasi yang satu ini memungkinkan kalian membuat ringtone dengan memotong sebuah lagu pada bagian tertentu. Berikut ini cara kerjanya.

  • Cara penggunaan aplikasi Android yang ini pun sangatlah mudah, kalian tinggal membuka aplikasi ini dan tunggu beberapa saat hingga diarahkan ke halaman utama aplikasi ini. Di sini, kalian akan diminta untuk memilih lagu yang akan melalui proses pengeditan terlebih dahulu.

  • Selanjutnya, kalian tinggal menentukan bagian awal dan bagian akhir untuk ringtone yang dihasilkan dari aplikasi ini dengan melakukan drag pada kedua penanda yang disediakan. Penanda bagian kiri merupakan penanda untuk bagian awal lagu dan penanda bagian kanan merupakan penanda untuk bagian akhir lagu.

F4e67cb4deb454d466604e4219ec8886
  • Setelah selesai, cukup pilih tanda centang di bagian kanan bawah untuk menyimpan hasil proses pengeditan kalian.

  • Kemudian, kalian akan diarahkan ke halaman daftar ringtone yang baru saja kalian buat. Di sini kalian perlu melakukan satu hal lagi, yaitu mendengarkan ringtone yang telah kalian buat tadi.

A2ac2a35c96f31f3dbc173c06d38620d

3. ZeoRing

ZeoRing merupakan sebuah aplikasi Android untuk audio editing yang hampir mirip dengan MP3 Cutter dari segi fungsi. Aplikasi yang satu ini juga dibuat untuk membantu para pengguna Android yang ingin menciptakan ringtone dari lagu-lagu favorit mereka.

  • Pada halaman awal aplikasi ini, kalian bisa memilih lagu berdasarkan nama album, nama artis dan judul lagu yang kalian inginkan. Di sini sih, lebih enak kalau kalian langsung memilih lagu sesuai judul aja.
3392c6df817965a256733c380598e1f9
  • Pilih lagu yang kalian inginkan dan lanjutkan ke proses pengeditan. Pada halaman pengeditan ini, kalian terlebih dahulu harus menentukan bagian awal dan bagian akhir untuk ringtone yang dihasilkan oleh ZeoRing ini menggunakan dua buah penanda berwarna merah. Tidak perlu panjang-panjang kalau kalian mau membuat ringtone dari lagu, cukup sekitar beberapa detik saja.
4d2d512157ca5d634b9af05cce280d4b
  • setelah selesai menentukan bagian awal dan bagian akhir lagu, pilih ikon Trim pada bagian kanan atas layar smartphone Android kalian untuk memotong lagu tersebut menjadi ringtone, kemudian kalian tinggal menyimpannya.

  • Jangan lupa juga, lakukan pengecekan ringtone yang sudah kalian buat dengan memutar kembali ringtone tersebut untuk memastikan hasilnya sesuai dengan ekspektasi.

715bffa800a8da5bf1a1b32581e26475
9e8f13b93e992d3f6cb1cab9fcd47103
5 Istilah Penting Dalam File Audio yang Wajib Kamu Tahu
Jaka akan sedikit mengeksplorasi tentang pengertian file audio secara mendalam dan istilah penting dalam file audio dimana hal ini bisa mengoptimalkan kualitas audio saat kamu mendengar musik nantinya.
LIHAT ARTIKEL

4. Android Audio Editor

Di urutan keempat, saya punya aplikasi Android Audio Editor. Aplikasi Android yang satu ini memang belum begitu terkenal meskipun namanya sangat mudah diingat. Android Audio Editor ini memiliki fungsi yang mirip dengan dua aplikasi Android sebelumnya, yaitu fungsi untuk membuat ringtone dari lagu favorit pilihan kalian. Berikut ini langkah-langkahnya.

  • Untuk melakukan pembuatan ringtone, kalian tinggal berpindah dari halaman utama aplikasi ini menuju ke bagian Media.
D53e0406f57feafe404fcee99c7932f4
  • Tunggulah beberapa saat sampai daftar lagu yang ada di smartphone Android kalian muncul. Cari dan tentukan lagu yang kalian sukai, kemudian lakukan tap selama beberapa saat sampai muncul pop up pilihan Edit.
Abab8636d92151ed3bd5dd0780d9285d
  • Selanjutnya, kalian akan diarahkan ke halaman pengeditan. Di sini, kalian tinggal menggeser kedua pembatas yang disediakan. Geser pembatas pertama untuk menentukan bagian awal ringtone dan kemudian geser pembatas berikutnya untuk menentukan bagian akhir ringtone.
32e2d082d497d0354e4f3fe86d587699
  • Sudah selesai? Sekarang kalian tinggal menyimpan ringtone buatan kalian tersebut. kalian juga bisa menjadikan ringtone buatan kalian tadi menjadi ringtone default di smartphone Android kalian langsung dari apliksai ini.
4d6b782c80d617d567407035126c4e8d

5. Media Converter

Nah, kalau sebelumnya Jaka sudah menjelaskan aplikasi-aplikasi Android untuk kegiatan Mixing Audio dan pembuatan ringtone dari lagu, sekarang Jaka akan membahas aplikasi Media Converter, yaitu sebuah aplikasi Android yang bisa kalian gunakan untuk melakukan konversi file audio.

Aplikasi ini memungkinkan kalian melakukan konversi berbagai file audio seperti MP3, MP4, AAC, MPEG, FLV dan WAV serta masih banyak lagi. Berikut ini caranya.

  • Kalian cukup memilih lagu yang akan kalian konversi dari daftar lagu yang ada di smartphone Android kalian melalui aplikasi ini.

  • Untuk pilihan awal, kalian bisa mengonversi lagu tersebut menjadi MP3 atau MP4. Selain MP3 dan MP4, kalian bisa mengonversi lagu kalian ke jenis audio lainnya dengan memilih Expert Mode.

F25e1f4366b5d33f131b5db5c830ad8c
  • Nah, pada bagian Expert Mode ini, kalian bisa mengonversi lagu pilihan kalian ke berbagai ektensi lainnya.
Dfe915c69cc5b6ea7db81061a8af6f19
  • Tidak hanya itu, kalian juga bisa memotong lagu dengan terlebih dahulu menentukan Duration Start dan Duration End lagu tersebut sebelum menyimpannya dengan melakukan tap pada pilihan Convert.

Nah, bagaimana? Pastinya kalian sudah puas kan dengan aplikasi-aplikasi yang Jaka bahas. Kalian tinggal memilih aplikasi audio editing mana yang sesuai dengan kebutuhan kalian, entah itu mixing audio, pembuatan ringtone, atau kalian lebih membutuhkan aplikasi Android yang bisa mengkonversi file audio kalian? Semua terserah pada kalian sebagai pengguna. Sekian dulu pembahasan dari Jaka, selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Jangan lupa share ya!

ARTIKEL TERKAIT
Banner Xiaomimi6phone Mi6

Bocor! Hasil Benchmark Xiaomi Mi 6 Lebih Cepat Dari iPhone 7 Plus

Banner Androidauthority Oppo

Anjay! Oppo Find 9 Pakai Layar AMOLED Dan RAM 8GB

APPS TERKAIT
Musixmatch Icon
Musixmatch - Lyrics & Music 7.4.1
Apps musiXmatch
Tunee Music
Tunee Music 6.0
Apps MediaFlow Labs
Joox Music Icon
JOOX Music - Live Now! 5.5.2
Apps Tencent Mobility Limited
Poweramp Icon
Poweramp Music Player
Apps Max MP
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Unik! Ini Cara Membuat Ringtone HP Berubah Tiap Ada Telepon/SMS Masuk

Unik! Ini Cara Membuat Ringtone HP Berubah Tiap Ada Telepon/SMS Masuk

20 Aplikasi Musik Online & Offline Terbaik (Update 2020)

20 Aplikasi Musik Online & Offline Terbaik (Update 2020)

Cara Menyembunyikan Aplikasi Dan Foto Terbaik Di Android

Cara Menyembunyikan Aplikasi Dan Foto Terbaik Di Android

Canggih! Ini Cara Mengubah Fungsi Smartphone Android Menjadi Komputer

Canggih! Ini Cara Mengubah Fungsi Smartphone Android Menjadi Komputer

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal