11 Aplikasi Android Untuk Mengurangi Kecanduan Smartphone

21 August 2017

Smartphone atau ponsel pintar ini lebih digandrungi karena selain bentuknya yang sangat mobile juga karena fungsinya yang memudahkan pekerjaan kita sekaligus sebagai perangkat hiburan. Fungsinya yang lengkap tersebut membuat kebanyakan orang saat ini lebih memiliki menggunakan smartphone daripada komputer untuk sekadar online atau bermain game.

Nah disadari atau tidak, banyak dari pengguna yang kemudian tidak bisa lepas dari penggunaan smartphone secara berlebihan. Gejala ini bisa juga disebut kecanduan smartphone, yakni kesulitan untuk tidak memakai smartphone meski hanya beberapa menit saja. Nah pada kesempatan kali ini Jaka ingin mengulas beberapa aplikasi yang bisa sobat coba untuk mengurangi kecanduan dari penggunaan smartphone yang berlebihan. Langsung saja deh, cekidot!

11 Aplikasi Android Terbaik untuk Mengurangi Kecanduan Smartphone

1. Offtime

Aplikasi untuk mengurangi kecanduan smartphone, OfftimeDemi mengurangi kecanduan smartphone Android, Offtime adalah salah satu aplikasi terbaik yang harus dicoba. Dengan aplikasi ini, sobat bisa memblokir aplikasi seperti Facebook, Whatsapp, dan aplikasi lainnya yang membuat ketergantungan.

Dengan aplikasi ini sobat juga bisa memantau seberapa lama waktu yang sobat pakai untuk mengakses aplikasi-aplikasi di Android.

2. Checky

Aplikasi untuk mengurangi kecanduan smartphone, CheckyChecky adalah aplikasi terbaik untuk memantau penggunaan smartphone. Aplikasi ini akan membantu menyadarkan pengguna dengan mengingatkan jumlah pemakaian smartphone setiap waktunya.

Pastinya sangat pas buat sobat yang mau berhenti menggunakan smartphone secara berlebihan.

3. Moment

Aplikasi untuk mengurangi kecanduan smartphone, MomentMoment adalah aplikasi untuk mengurangi kecanduan smartphone yang secara otomatis akan melacak seberapa banyak pengguna memakai perangkat mereka setiap harinya.

Jika kita merasa menggunakan ponsel terlalu sering, maka kita bisa menetapkan batas harian sebagai filter untuk mengurangi intensitas penggunaan smartphone setiap waktu.

4. App Block - Stay Focused

Aplikasi untuk mengurangi kecanduan smartphone, App Block - Stay Focused

Aplikasi ini dapat membantu penggunanya memblokir aplikasi yang mengalihkan perhatian untuk sementara waktu agar tetap fokus pada pekerjaan di kantor ataupun di sekolah.

Aplikasi yang diblokir bisa diset berdasarkan waktu dan tanggal. Setelah durasi waktu habis maka pemblokiran juga akan berakhir dan aplikasi bisa kembali digunakan.

5. Quality Time

Aplikasi untuk mengurangi kecanduan smartphone, Quality TimeQuality Time adalah aplikasi yang sangat bagus dari segi visual dan fungsi. Dengan aplikasi ini kita bisa memantau dan mendapatkan laporan real-time mengenai berapa banyak waktu yang kita habiskan untuk memakai ponsel dan juga aplikasi favorit.

6. Forest - Stay Focused

Aplikasi untuk mengurangi kecanduan smartphone, Forest - Stay FocusedForest adalah aplikasi yang sangat bagus dan unik dalam menawarkan solusi untuk mengurangi kecanduan smartphone. Aplikasi ini didesain layaknya seperti bermain game.

Kita akan menanam sebuah benih yang akan menjadi pohon, bila kita tak sanggup menahan godaan dan tetap bermain smartphone atau membuka aplikasi apapun itu maka pohon tersebut akan layu.

7. AppDetox

Aplikasi untuk mengurangi kecanduan smartphone, AppDetoxDengan aplikasi AppDetox kita bisa memantau penggunaan aplikasi sehari-hari. Dengan aplikasi ini juga kita bisa mengunci aplikasi yang paling sering kita pakai untuk mengurangi ketergantungan dari penggunaan smartphone secara berlebihan.

8. BreakFree

Aplikasi untuk mengurangi kecanduan smartphone, BreakFree

BreakFree adalah aplikasi Android terbaik untuk memantau sekaligus mengendalikan kebiasaan dalam menggunakan smartphone dan aktivitas digital lainnya.

Aplikasi untuk mengurangi kecanduan smartphone ini juga akan membantu pengguna untuk memeriksa tingkat kecanduan dan menyadarkan pengguna untuk mengurangi penggunaan smartphone yang berlebihan.

9. ClearLock

Aplikasi untuk mengurangi kecanduan smartphone, ClearLockClearLock adalah aplikasi yang dapat meningkatkan produktivitas penggunanya untuk memanfaatkan smartphone dengan bijak. Caranya adalah dengan memblokir aplikasi di smartphone yang dirasa menganggu konsentrasi dan fokus dalam bekerja. Aplikasi ini juga diklaim sangat ampuh meningkatkan produktivitas penggunanya secara signifikan.

10. Flipd

Aplikasi untuk mengurangi kecanduan smartphone, FlipdFlipd terbukti dapat membantu banyak pengguna untuk tetap fokus dan meningkatkan perhatian sekaligus produktivitas kerja. Aplikasi ini hanya menggunakan fitur lock screen yang tergolong sederhana. Flipd akan memaksa kita untuk tetap fokus dengan kegiatan di luar penggunaan smartphone yang berlebihan.

11. StayOnTask

Aplikasi untuk mengurangi kecanduan smartphone, StayOnTaskStayOnTask adalah aplikasi untuk mengurangi kecanduan smartphone yang sederhana untuk meningkatkan fokus dalam menyelesaikan pekerjaan dengan cepat tanpa harus khawatir terganggu karena smartphone. Saking sederhananya aplikasi ini tidak menyediakan pengaturan waktu manua.

Artinya Pengaturan waktu yang diset secara otomatis ini akan dibuat secara acak. Tentu hal ini akan membuat kita tidak terlalu memikirkan waktu kapan selesai sehingga kita bisa terus fokus dengan pekerjaan tanpa memikirkan untuk menggenggam smartphone lagi.

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar