• NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Aplikasi 10 Rumah Aman: Deteksi Corona & Kesehatan Diri di Rumah

Aplikasi 10 Rumah Aman: Deteksi Corona & Kesehatan Diri di Rumah

Rabu, 1 Apr 2020, 15:30 WIB
Untuk deteksi gejala Corona mandiri, pemerintah merilis aplikasi 10 Rumah Aman. Berikut ini ulasan apa itu 10 Rumah Aman, serta fitur dan cara pakainya.

Pemerintah Indonesia kian gencar dalam melakukan sosialisasi sekaligus melacak sebaran virus Corona (Covid-19) di Indonesia.

Termasuk dengan mengandalkan teknologi informasi dan komunikasi lewat beberapa aplikasi yang bisa diunduh di perangkat ponsel pintar, geng.

Setelah kemarin ada aplikasi Peduli Lindungi, kali ini ada sebuah lagi bernama aplikasi 10 Rumah Aman dengan fitur yang lebih diutamakan untuk membantu kehidupan masyarakat selama wabah Covid-19 ini.

Lalu apa sajakah fitur dari aplikasi 10 Rumah Aman dan bagaimana cara penggunaanya? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Apa Itu Aplikasi 10 Rumah Aman?

Aplikasi 10 Rumah Aman 58dca

Aplikasi 10 Rumah Aman adalah aplikasi pencegahan Corona yang dirilis oleh Kantor Staf Kepresidenan (KSP) bersama dengan Kementerian Informasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Peluncuran aplikasi ini didasarkan pada tujuan untuk membantu melindungi masyarakat, terutama untuk rutin melakukan pengecekan suhu badan dan memonitor keadaan lingkungan sekitar.

Pejuang Aman, sebutan untuk para pengguna aplikasi 10 Rumah Aman ini juga diharapkan dapat sama-sama melindungi keluarga dan lingkungan sekitar dari ancaman Covid-10.

Hal ini sendiri bisa dimulai dari 10 titik utama di sekitar, mulai dari rumah sendiri dan rumah tetangga yang ada di sekeliling rumah, geng.

Dilansir dari laman Google Play-nya, ada lima fitur unggulan yang ada dalam aplikasi 10 Rumah Aman ini. Apa sajakah fitur-fitur tersebut?

Kumpulan Fitur Unggulan dalam Aplikasi 10 Rumah Aman

Dibanding Peduli Lindungi yang berfungsi sebagai tracing, aplikasi 10 Rumah Aman ini lebih berisi informasi dan anjuran bagaimana pola hidup sehat serta cara bersosialisasi di tengah wabah.

Setidaknya ada lima fitur 10 Rumah Aman yang jadi unggulan dan bisa kamu pakai untuk mengecek kondisi kesehatan kamu, geng. Berikut beberapa di antaranya.

1. Cek Suhu Tubuh Harian

Fitur Aplikasi 10 Rumah Aman 01 F76c8

Pertama kamu bisa melakukan pengecekan suhu tubuh secara berkala, sebaiknya sehari sekali, untuk melaporkan keadaan kamu di aplikasi 10 Rumah Aman.

Di sini kamu bisa melaporkan kamu memiliki suhu tubuh normal (36-37.5 derajat Celcius), suhu tubuh di atas normal (37.5-40 derajat Celcius), sedang isolasi mandiri, atau positif dan tengah dalam perawatan.

Nantinya daya suhu tubuh kamu ini akan dikumpulkan untuk membuat peta sebaran dari seluruh Indonesia, geng.

2. Gerakan "Masak, Makan di Rumah dan Berbagi"

Fitur Aplikasi 10 Rumah Aman 02 25a3a

Selama masa physical distancing, memang dianjurkan untuk memasakan makanan sendiri di rumah. Ditambah meminimalisir aktivitas di luar, misal dengan pakai aplikasi belanja sayur online.

Nah, 10 Rumah Aman juga memberi anjuran untuk membuat Gerakan "Masak, Makan di Rumah dan Berbagi". Artinya selain untuk diri kamu sendiri, kamu juga bisa berbagi ke sesama yang membutuhkan.

Mulai dari tetangga kamu yang hidup berkekurangan di tengah wabah ataupun untuk para pekerja yang masih bekerja saat ini. Tentunya dengan memperhatikan standar kesehatan ya!

3. Inspirasi Gaya Hidup Sehat

Fitur Aplikasi 10 Rumah Aman 03 09a92

Bukan hanya informasi seputar Covid-19, seperti gejala Corona dan imbauan physical distancing saja. 10 Rumah Sehat juga berfungsi sebagai aplikasi kesehatan, lho.

10 Rumah Aman juga membagikan beberapa inspirasi gaya hidup sehat, seperti bagaimana cara agar tidak stress selama beraktivitas di rumah dan apa cara yang tepat untuk mengisi waktu luang.

Jadi, tetap harus jaga kesehatan walau kamu tidak banyak beraktivitas di luar ruangan ya, geng!

4. Pemeriksaan Diri Secara Mandiri

Fitur Aplikasi 10 Rumah Aman 04 707d8

Aplikasi 10 Rumah Aman juga bekerja sama dengan platform Prixa yang berbasis AI untuk dapat melakukan pemeriksaan kesehatan secara mandiri.

Di sini kamu akan diajukan beberapa pertanyaan berkaitan dengan kondisi kesehatanmu terkini untuk melakukan diagnosa awal.

Oh ya, setiap pemeriksaan diri yang dilakukan dalam 10 Rumah Aman tidak bisa dijadikan acuan pasti kondisi kesehatanmu.

Apabila makin memburuk, ada baiknya kamu menghubungi petugas kesehatan terdekat ya, geng.

5. Pantau Peta Sebaran Corona Berdasarkan Suhu

Fitur Aplikasi 10 Rumah Aman 05 61c5c

Nah, fitur 10 Rumah Aman berikutnya adalah memantau peta sebaran dari kamu yang sudah mengirimkan kondisi tubuh kamu di dalam aplikasi ini.

10 Rumah Aman akan menampilkan peta sebaran dari seluruh pengguna di Indonesia, jadi kamu bisa memantau siap saja yang dalam kondisi sehat, berisiko, atau sudah positif Covid-19.

Cara Download dan Pakai Aplikasi 10 Rumah Aman, Bisa Cek Kesehatan dan Peta Sebaran Corona

Dengan fitur yang cukup lengkap, 10 Rumah Aman memang berisi informasi dan anjuran lengkap bagi masyarakat di tengah wabah Covid-19 ini.

Untuk menggunakannya, kamu bisa terlebih dulu ikuti cara download aplikasi 10 Rumah Aman dan cara pakainya seperti berikut.

Langkah 1 - Download Aplikasi 10 Rumah Aman Terbaru

  • Pertama, kamu bisa mengunduh aplikasi 10 Rumah Aman yang sudah tersedia di Google Play secara resmi melalui tautan di bawah ini.
10 Rumah Aman Logo D9bf7
10 Rumah Aman 2.0.0
Apps Utilities
DOWNLOAD

Langkah 2 - Lakukan Registrasi

  • Buka aplikasi 10 Rumah Aman yang sudah terpasang dan kamu tinggal ketuk Daftar Sekarang. Lakukan registrasi dengan mengisi alamat email, password, nomor HP, nama lengkap, alamat, dan lainnya.
Cara Pakai Aplikasi 10 Rumah Aman 01 18d6c

Langkah 3 - Masukkan Suhu Tubuh Terkini

  • Pada bagian terakhir, kamu wajib memasukkan kondisi tubuh kamu terkini. Caranya cukup lakukan pengukuran suhu menggunakan termometer yang ada di rumah.
  • Jika semua data sudah kamu isi dengan benar, selanjutnya tinggal ketuk Register.
Cara Pakai Aplikasi 10 Rumah Aman 02 1ac45

Langkah 4 - Login ke Aplikasi 10 Rumah Aman

  • Tunggu beberapa saat hingga proses registrasi berhasil dilakukan. Lalu kamu bakal dialihkan ke halaman login aplikasi 10 Rumah Aman. Isi email dan password kemudian ketuk Login.
Cara Pakai Aplikasi 10 Rumah Aman 03 8ea00

Langkah 5 - Update Suhu Tubuh Berkala

  • Sekarang kamu bisa cek kondisi tubuh dengan melakukan cek suhu tubuh secara berkala, geng. Untuk melakukanya, kamu bisa dengan ketuk Masukkan suhu tubuhmu.
  • Kemudian pilih kondisi tubuhmu dan ketuk Simpan.
Cara Pakai Aplikasi 10 Rumah Aman 04 4cd03

Langkah 6 - Cek Peta Sebaran Corona di Sekitar

  • Untuk melihat peta sebaran Corona berdasarkan suhu tubuh di sekitarmu, ketuk slider seperti pada gambar di bawah. Kemudian pada menu Pantau Peta Suhu Tubuh di Sekitarmu, kamu pilih Tap di Sini.
Cara Pakai Aplikasi 10 Rumah Aman 05 28fe8

Langkah 7 - Pantau Peta Suhu Tubuh di Sekitarmu

  • Berikutnya kamu akan diberikan visualisasi berupa peta dengan titik-titik pengguna yang sudah memasukkan suhu tubuh mereka dalam aplikasi 10 Rumah Aman.
  • Data suhu tubuh yang bisa kamu lihat di dalam aplikasi 10 Rumah Aman ini bahkan mencakup seluruh Indonesia, lho.
Cara Pakai Aplikasi 10 Rumah Aman 06 13e15

Langkah 8 - Lakukan Cek Kesehatan Mandiri

  • Kalau kamu kurang yakin dengan kondisi kesehatanmu, kamu bisa melakukan cek kesehatan mandiri lewat menu seperti di bawah ini.
  • Selanjutnya pada laman Periksa Kesehatanmu di Sini, kamu tinggal ketuk tombol Tap di Sini.
Cara Pakai Aplikasi 10 Rumah Aman 07 357d8

Langkah 9 - Tanyakan Keluhan dan Cek Hasil

  • Di sini kamu akan dialihkan ke platform pemeriksaan kesehatan bernama Prixa, yang mana kamu cukup menjawab pertanyaan seputar keluhan yang kamu rasakan.
  • Dari keluhanmu tersebut, Prixa yang berbasis AI akan menyampaikan kemungkinan beberapa penyakit dan kondisi yang terjadi padamu.
Cara Pakai Aplikasi 10 Rumah Aman 08 331b1

Akhir Kata

Sekian adalah ulasan mengenai aplikasi 10 Rumah Aman, beserta fitur-fitur yang bisa kamu coba dan cara pakainya buat kamu yang belum paham.

Yuk, tetap jaga kesehatan diri, keluarga, dan orang-orang di sekitar lingkunganmu agar terhindar dari pengaruh virus Corona ya, geng. Selamat mencoba!

Baca juga artikel seputar Corona atau artikel menarik lainnya dari Satria Aji Purwoko.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Cek Penyebaran Virus Corona Dan Kondisi Terkini Indonesia 1761a

Cara Deteksi Corona Indonesia di HP Lewat Situs & Peta Sebaran (Update Kondisi Terkini)

Aplikas Peduli Lindungi Kominfo Download Apk Banner Ea946

Aplikasi Peduli Lindungi, Ini Cara Download Aplikasi Lacak Corona di Indonesia

Aplikasi Pengukur Suhu Tubuh 9d175

7 Aplikasi Pengukur Suhu Tubuh untuk Mendeteksi Gejala Corona!

Banner 249b2

Ada Virus Corona, 7 Perusahaan Teknologi ini Melarang Karyawannya Pergi ke China

2c60223169fd66d3962f9f3c354081824d2914c5 2880x1620 Custom 97978

Bill Gates Pernah Ramalkan Virus Corona 5 Tahun Lalu? Ini Faktanya!

Film Tentang Virus 9329d

Mirip Virus Corona! Inilah 10 Film Tentang Virus Mematikan

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal