J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Mengenal Apa Itu Webinar yang Tren di Masa Pandemi, Sudah Coba?

Jumat, 31 Jul 2020, 13:00 WIB
Apa itu webinar yang sering dibahas saat pandemi sekarang ini? Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai webinar fungsi, manfaat dan contohnya.

Sering mendengar kata webinar, geng? Apa sih sebenarnya webinar itu?

Webinar adalah kependekan dari istilah web-seminar. Webinar memungkinkan siapa saja membuat acara secara online yang dapat ditonton live.

Karena kondisi saat ini sedang berlaku peraturan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB, seminar yang tadinya biasa dilakukan dengan tatap muka langsung, kini harus menggunakan teknologi internet.

Lalu seperti apa sih webinar itu? Apakah seperti video call biasa? Berikut ini akan Jaka ulas mengenai apa itu webinar, serta fungsi dan manfaatnya. Langsung saja yuk disimak!

Mengenal Pengertian, Fungsi, dan Manfaat Webinar

Ketika teman-teman kamu membicarakan tentang webinar dan kamu belum mengerti apa itu webinar, pasti gak mau ketinggalan info dan dianggap gak up to date kan, geng?

Nah, Jaka akan memberikan informasi penting tentang webinar, nih. Agar pengetahuan kamu semakin berkembang, simak terus ya, informasi dari Jaka tentang webinar ini!

1. Apa Itu Webinar?

Apa Itu Webinar E66c5

Webinar adalah format acara yang berlangsung online dan dihadiri juga secara online. Dengan format semacam ini, siapa saja bisa membuat acara talkshow, seminar, diskusi, dan workshop hanya berbekal kamera dan koneksi internet.

Webinar adalah strategi marketing yang efektif dan fresh. Sebab, kamu bisa membuat audiens merasa dekat dengan tipe komunikasi yang personal dan interaktif.

Tapi di saat yang sama, kamu juga melakukannya dengan begitu banyak orang. Jadi, strategi marketing kamu bisa mencakup kualitas dan kuantitas sekaligus.

2. Apa itu Webinar Zoom?

Apa Itu Webinar Zoom Ff8fa

Webinar zoom adalah seminar online yang diadakan melalui aplikasi zoom. Sebenarnya webinar ini gak ada bedanya dengan webinar pada umumnya, hanya saja media yang digunakan adalah aplikasi zoom yang bisa memuat banyak partisipan dalam satu video conference.

3. Fungsi Webinar

Arti Webinar 093f5

Mengetahui apa itu webinar, itu berarti juga mengetahui apa saja fungsi dari webinar. Berikut beberapa fungsi webinar yang bisa kamu rasakan saat menggunakannya:

1. Sebagai tempat dalam mengumpulkan leads

Seperti mengumpulkan sebuah anggota dengan sebuah kesamaan, maka seperti halnya webinar yang membuat kamu bisa mendapatkan orang-orang yang tertarik dengan kamu. Penontonlah yang merupakan orang yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai informasi yang sedang kamu tawarkan.

2. Media promosi produk maupun jasa yang sangat efektif

Apabila kamu memilih menggunakan webinar untuk memberikan informasi mengenai campaign terbaru atau peluncuran produk, maka jangan lupa untuk senantiasa memberikan kualitas materi yang bagus. Hal ini dikarenakan webinar yang berkualitas merupakan sebuah webinar yang dapat bermanfaat untuk banyak orang.

3. Efektif dalam menunjukkan keunggulan bisnis

Selain kamu membagikan materi yang cukup bermanfaat, kamu juga bisa membagikan informasi mengenai keunggulan produk yang kamu miliki. Gak akan ada masalah kalau kamu menyelipkan sebuah iklan di tengah materi. Terlebih jika kamu menggunakannya sebagai solusi dari permasalahan yang ada.

4. Jenis Webinar

Webinar Gratis 26124

Selama ini, mungkin kamu hanya mendengar jenis webinar yang gratis atau berbayar, kan? Ternyata gak cuma itu loh, ada lagi jenis webinar yang mungkin belum kamu ketahui.

Berikut ini adalah jenis-jenis webinar.

1. Webinar untuk Mengumpulkan Lead (The Lead-Generation)

Jenis webinar ini berfokus dipakai untuk mengumpulkan lead. Caranya dengan membuat sebuah konten yang tersedia secara gratis. Audiens yang ingin mengaksesnya hanya perlu memberikan nama dan alamat email saja.

2. Webinar Berbayar

Jenis webinar satu ini nggak dipakai untuk mempromosikan produk. Tapi justru, webinar inilah yang jadi produk untuk dijual. Karena itu, tipe webinar ini justru bisa menghasilkan cuan lebih cepat. Karena siapapun yang ingin menontonnya harus membayar sejumlah uang.

Meski merupakan tipe produk dengan uang cepat , bukan berarti jenis webinar ini gak punya tantangan, geng. Agar bisa menjual webinar, kamu perlu benar-benar menyiapkan konten lengkap, berkualitas, dan bermanfaat. Kalau nggak, kamu bisa kalah saing dengan content creator yang menyediakan konten gratisan.

3. Serial Webinar (Webinar Series)

Jenis webinar yang satu ini berbentuk serial. Kamu membuat beberapa episode webinar dari topik-topik yang saling berhubungan. Hal menariknya, dua jenis webinar sebelumnya bisa juga dibuat dalam bentuk serial. Dengan begini, potensi lead dan cuan yang didapat bisa lebih banyak.

5. Contoh Webinar

Sebagian dari kamu mungkin pernah melihat berbagai postingan instansi yang mengadakan webinar. Tapi bagi kamu yang belum pernah melihatnya, Jaka akan kasih nih beberapa contoh dari webinar.

Contoh Webinar B8fa0

Ini adalah contoh webinar yang diadakan melalui aplikasi zoom dan hanya melakukan registrasi untuk mengikutinya.

Contoh Webinar 865e0

Sedangkan ini adalah contoh webinar yang berbayar.

6. Manfaat Webinar

Webinar Adalah 2f5f3

Selain strategi marketing yang tepat sasaran, ada manfaat lain yang akan kamu dapat dengan webinar ini. Berikut adalah beberapa manfaat dari webinar.

  • Meningkatkan brand awareness bisnis

  • Menyajikan nilai lebih di mata (calon) pelanggan

  • Menjaring saran dan feedback

  • Menunjukkan image lebih ahli dibanding kompetitor

  • Mengumpulkan leads

  • Menghemat waktu dan biaya promosi

7. Kekurangan Webinar

Kekurangan Webinar 90bba

Tentu saja tak ada gading yang tak retak. Begitu juga webinar, meskipun memberikan kemudahan, keluasan jangkauan fleksibilitas dan penghematan pasti ada saja kekurangannya.

Berikut ini adalah beberapa kekurangan webinar.

  • Sangat bergantung pada koneksi internet. Sedangkan kecepatan internet di setiap daerah dan tiap negara itu berbeda.

  • Boros penggunaan data internet. Untuk satu kali webinar dengan durasi dua sampai tiga jam dibutuhkan data hingga 2 GB.

  • Sangat bergantung pada kualitas device yang kita gunakan. Tentu sangat gak nyaman bila menghadirinya menggunakan ponsel.

  • Gak optimal menyerap informasi. Pengalaman penyerapan informasi hanya mengandalkan indera pengelihatan dan pendengaran saja. Tentu gak seoptimal apabila kita menghadiri langsung seminar dan melakukan praktik.

  • Interaksi dan membangun relasi terbatas. Peserta gak bisa saling bersalaman atau berkenalan dengan sesamanya.

  • Keterikatan antara peserta dan penyelenggara gak sekuat acara di darat . Mungkin karena harganya yang kebanyakan murah menjadikan keterikatan peserta dengan penyelenggara menjadi terkikis.

Akhir Kata

Itu dia penjelasan lengkap mengenai webinar yang saat ini sedang tren, geng. Jadi kamu sudah semakin mengertikan kenapa saat ini webinar sering dilakukan oleh beberapa orang dan organisasi?

Share artikel ini juga ke teman-teman kamu yang lainnya ya. Sampai jumpa di artikel berikutnya!

Baca juga artikel seputar Out of Tech atau artikel menarik lainnya dari Ersa Syabilla Hasanah.

ARTIKEL TERKAIT
Banner Hoppinonlinemarketing Digitalmarketing

Inilah 10 Istilah Digital Marketing yang Wajib Kamu Ketahui!

Cara Bisnis Online Banner 780dd

5 Cara Bisnis Online Tanpa Modal | 100% Menguntungkan!

APAC Platform Meetups Dukung Pengusaha Lokal Memperbesar Bisnis di Indonesia

Bisnis Online Terbaik Banner 575ea

AUTO TAJIR!!! Rekomendasi Bisnis Online Terbaik untuk Mahasiswa + Tips Melakukannya!

Google Primer Indonesia 190b1

Bikin Kamu Makin Pintar, Google Primer Kini Tambah Pelajaran dan Keterampilan Bisnis

Ae2cd80fa60bbc4267977f284d11f8c7

Dijamin Kaya! Ini 4 Bisnis Online Untuk Mahasiswa dan Pelajar

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
3 Cara Download Live Instagram Orang Lain & Sendiri Paling Mudah

3 Cara Download Live Instagram Orang Lain & Sendiri Paling Mudah

Cara Masuk Deep Web dengan Benar dan Aman | Untuk Android & PC!

Cara Masuk Deep Web dengan Benar dan Aman | Untuk Android & PC!

WhatsApp Web (WA Web): Download & Cara Menggunakan WA di Laptop

WhatsApp Web (WA Web): Download & Cara Menggunakan WA di Laptop

Cara Mengetahui Teman Sedang Online di WhatsApp, Bisa Buat Stalking!

Cara Mengetahui Teman Sedang Online di WhatsApp, Bisa Buat Stalking!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal