• NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Apa Itu Tanda Tangan Digital dan Bagaimana Cara Membuatnya

Apa Itu Tanda Tangan Digital dan Bagaimana Cara Membuatnya

Minggu, 2 Sep 2018, 11:00 WIB
Pernah dengar tentang tanda tangan digital? Kalau belum kamu wajib banget tahu nih tentang apa itu tanda tangan digital. Mungkin terdengar rumit, padahal sederhana lo. Selain itu Jaka juga akan jelaskan bagaimana cara membuat tanda tangan digital.

Tanda tangan merupakan faktor penting dalam pengesahan sebuah dokumen. Sebuah dokumen dinyatakan asli dan sah jika sudah ditandatangi oleh orang yang bersangkutan. Tapi beberapa kondisi membuat kita kesulitan mendapat tanda tangan langsung.

Tenang Jaka punya solusinya kawan. Berikut penjelasan mengenai apa itu tanda tangan digital dan juga bagaimana cara membuat tanda tangan digital.

BACA JUGA
  • Cara Menyalin Buku Tulis Menjadi Dokumen Microsoft Word Secara Otomatis
  • Cara Memperbaiki File Word yang Tidak Bisa Dibuka, Mudah Hanya 1 Langkah!
  • Cara Mengubah Dokumen Fisik Menjadi File PDF yang Dapat Diedit

Mengenal Apa itu Tanda Tangan Digital dan Kegunaannya

Bagi kamu yang kerja kantoran, mahasiswa, atau pelajar pasti akrab kan dengan dokumen-dokumen yang harus ditanda tangani. Sebut saja kamu sedang butuh tanda tangan dosen pembimbing untuk daftar wisuda tapi ternyata dosen sedang di luar negeri. Pasti susah kan mendapat tanda tangan beliau? Nah, inovasi tanda tangan dalam bentuk digital ini solusinya!

Microsoft Mobile
Microsoft Office Mobile 15.0.3722.2000
Apps Office & Business Tools Microsoft Corporation
DOWNLOAD

Apa bedanya dengan memasukkan file tanda tangan bentuk PNG atau scan tanda tangan menggunakan scanner? Beda lho ya! Kalau tanda tangan seperti itu mudah dipalsukan dan dimanfaatkan untuk kejahatan siber.

Sedangkan tanda tangan digital yang akan disematkan pada sebuah dokumen PDF itu telah melalui proses enkripsi. File tersebut dikunci dengan PIN yang hanya bisa dipakai oleh pemberi tanda tangan.

Sistem ini juga sudah disahkan oleh pemerintah, dijamin aman deh. Lalu apa saja manfaat dari tanda tangan dalam bentuk digital? Ada beberapa manfaat utamanya :

  • Pertama, jadi lebih cepat, efisien, mudah. Kita tidak perlu menemui atasan, dosen, atau guru untuk minta mengesahkan dokumen. Cukup kirimkan file lewat email dan minta disahkan. Tak ada lagi alasan jarak yang jauh maupun kesibukan.

  • Kedua, hemat kertas dan ramah lingkungan. Bayangkan berapa banyak kertas yang habis untuk mengesahkan berbagai dokumen? Dengan menggunakan dokumen dan tanda tangan berbentuk digital pastinya kita bisa menghemat lebih banyak kertas.

Mau tahu bagaimana cara membautnya? Ke halaman 2 ya!

Lanjut ke Halaman Selanjutnya
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal