J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Anime yang Mengambil Setting di Indonesia, One Piece Masuk?

7 Anime yang Mengambil Setting di Indonesia, One Piece Masuk?

Selasa, 5 Mei 2020, 14:00 WIB
Apa kamu tahu kalau ada tempat di Naruto yang mirip banget sama candi Borobudur? Cari tahu anime apa saja yang mengambil settingnya di Indonesia.

Anime dikenal dengan ceritanya yang luar biasa imajinatif. Bukan hanya alur ceritanya saja yang imajinatif, para karakter dan setting yang digunakan pun tidak jarang didesain dengan unik.

Meskipun demikian, untuk lebih membangun kesan dekat dengan para penontonnya banyak juga anime yang mengambil setting di tempat-tempat asli di dunia nyata.

Kebanyakan anime memilih Jepang sebagai tempat mengembangkan cerita mereka agar lebih dekat dengan penonton, tetapi untuk menonjolkan kesan unik ada juga anime yang settingnya di Indonesia.

7 Anime yang Mengambil Setting di Indonesia

Indonesia memang memiliki keadaan alam dan budaya yang beragam, jadi nggak perlu heran kalau beberapa judul anime memutuskan untuk menjadikan Indonesia sebagai salah satu settingnya.

Beberapa anime secara gamblang menyebutkan kalau tempat yang karakter mereka kunjungi adalah Indonesia, tetapi sebagaian hanya menyelipkan unsur-unsur ke-Indonesiaan saja.

Penasaran anime apa saja yang mengambil setting di Indonesia? Berikut ini informasi selengkapnya.

1. Jormungand Perfect Order

Animeindo Net 5cb57
Sumber foto: animeindo.net

Anime aksi yang kental dengan unsur militer ini bercerita mengenai sorang pedagang senjata. Bisnis perdangan senjata ini dilakukan secara sembunyi-sembunyi dengan kedok sebagai perusahaan pelayaran.

Kelompok pedagang senjata ini memiliki jaringan yang luas di seluruh dunia, jadi nggak heran kalau Indonesia menjadi salah satu negara yang ditampilkan di anime ini.

Indonesia ditampilkan dengan sangat jelas di anime ini dari mulai penampakan salah satu mini market terkenal, menu makanan khas seperti nasi goreng dan es teler, hingga mata uang yang persis sama.

2. Mobile Suit Gundam 08 MS Team

Otakuusamagazine Com E5608
Sumber foto: otakuusmagazine.com

Anime mecha bagian dari franchise Gundam Universal Century ini bercerita menganai kelompok Erath Federation yang berperang dengan Zeon di kawasan Asia Pasifik.

Berbeda dari anime Gundam lain yang kental dengan perang luar angkasa, anime ini mengangkat tema perang gerilya di hutan tropis. Anime ini mengambil setting di kawasan Borneo atau Kalimantan.

Meskipun tidak disebutkan secara gamblang kalau settingnya di Indonesia, salah satu karakter utama di anime ini bernama Kiki Rosita, nama khas Indonesia.

3. Ouran Highschool Boys

Pinterest Com A45ee
Sumber foto: pinterest.com

Anime komedi romantis yang satu ini berfokus pada sekelompok siswa tampan dari sebuah sekolah SMA elit. Para siswa ini selain tampan, juga berasal dari keluarga terpandang.

Di dalam salah satu episode anime ini, kelompok siswa elit ini mengubah ruangan mereka seperti Bali dan mereka semua mengenakan baju adat Bali. Salah satunya bahkan berpura-pura menjadi raja Bali.

Bukan hanya di animenya saja, adegan bernuansa Bali ini pun ditampilkan dalam live action-nya juga.

4. BTOOM

Dtalksanime Com Fa4c2
Sumber foto: dtalksanime.com

Anime yang bertemakan Battle Royale ini bercerita mengenai sekelompok orang yang diculik dan dipaksa untuk saling membunuh satru sama lain di sebuah pulau tropis.

BTOOM memang hanya menyebutkan bahwa pulau di mana ajang Battle Royale ini diselenggarakan ada di kawasan Asia, tanpa memberikan penjelasan lebih mendalam.

Indikasi bahwa BTOOM mengambi setting di Indonesia terlihat di salah satu episode di mana sekumpulan Komodo Dragon muncul, dan seperti yang diketahui bahwa habitat alaminya ada di Indonesia.

5. Dragon Ball

Keepo Com 8dde5
Sumber foto: keepo.me

Siapa sangka kalau salah satu anime paling populer sepanjang masa ini juga menjadikan Indonesia sebagai salah satu settingnya.

Ajang turnamen bela diri dunia di anime Dragon Ball ternyata dilakukan di Pulau Bali, Indonesia. Hal ini terlihat jelas dari ornamen-ornamen khas bali yang dotonjolkan di arc turnamen bela diri ini.

Bukan hanya ornamen-oranamen fisik saja, beberapa tulisan berbahasa Indonesia pun terlihat dengan jelas mulai dari kopi nanas hingga Singaraja.

Bahkan di manganya, Master Roshi menenteng sebuah koper dan di koper tersebut tertempel stiker Bali.

6. One Piece

Onepiece Fandom Com D3c4c
Sumber foto: onepiece.fandom.com

One Piece memang mengambil setting di dunia fantasi rekaan penulisnya, tetapi beberapa tempat di anime ini terinspirasi dari berbagai macam lokasi yang ada di seluruh dunia.

Meskpun tidak dikonfirmasi langsung oleh Oda, Jaya / Skypeia Arc di One Piece kemungkinan besar terinspirasi dari Irian Jaya, Indonesia.

Bukan hanya namanya saja yang mirip, beberapa detail bernuansa Indonesia pun sangat kentara di arc yang satu ini.

Mulai dari pakaian penduduk lokal Skypeia yang mirip dengan pakaian adat papua, burung navigator yang mirip burung eksotis di Papua, bahkan celana yang digunakan penjahat utama pun bermotif batik.

7. The Last: Naruto the Movie

Sntregion52 Ru Net 3c50d
Sumber foto: sntregion52.ru.net

Sama halnya seperti One Piece, anime ninja Naruto juga mengambil setting di dunia rekaan penulisnya. Mekipun begitu, ada satu lokasi yang sangat kental unsur Indonesianya.

Di The Last: Naruto the Movie ketika Naruto dan kawan-kawan menyelidiki tempat peninggalan kuno, salah satu tempat yang dikunjungi memiliki kemiripan yang kentara dengan Borobudur.

Meskipun terdengar tidak masuk kalau setting Naruto ada di Indonesia, dengan perkembangan alur cerita saat ini yang melibatkan time travelling dan semacamnya kemungkinan ini menjadi lebih terbuka.

Akhir Kata

Itu dia beberapa anime yang mengambil setting di Indonesia dengan segala indikasinya. Meskipun beberapa poin hanya sekedar terinspirasi saja, unsur Indonesia yang ditampilkan terlihat sangat jelas.

Dengan daya tarik alam eksotis dan kebudayaan yang beragam, setting di Indonesia bisa berpotensi untuk mengembangkan cerita anime-anime tertentu menjadi lebih menarik.

Semoga kalian terhibur dengan informasi yang Jaka bagikan kali ini. Jika ada anime lain yang sekiranya terlewat, cantumkan di kolom komentar ya!

Baca juga artikel seputar Anime atau artikel menarik lainnya dari Restu Wibowo.

ARTIKEL TERKAIT
Film Anime Terbaru Banner 43009

20 Anime Movie Terbaik dan Terbaru 2020 | Wajib Nonton!

Anime China Terbaik Banner 180d5

10 Anime China Terbaik 2019, Lebih Baik dari Anime Jepang?

Anime Isekai Terbaik Sepanjang Masa Banner B7267

15 Anime Isekai Overpower, Magic, Hingga Fantasy Terbaik Wajib Nonton

Anime Zombie Terbaik Banner 26028

7 Anime Zombie Terbaik yang Tegang Banget, Banyak Adegan Ecchi?

Anime Olahraga Banner Facc9

15 Anime Olahraga Terbaik yang Wajib Kamu Tonton, Bikin Semangat!

7 Anime Populer Yang Paling Kontroversial Karena Rasis D1092

7 Anime Populer yang Paling Kontroversial, Nonton No. 6 Bisa Dipenjara!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Anime yang Terinspirasi dari Kisah Nyata, No. 4 Bikin Nangis Kejer!

7 Anime yang Terinspirasi dari Kisah Nyata, No. 4 Bikin Nangis Kejer!

7 Anime Paling Overrated Sepanjang Masa, Naruto & One Piece Termasuk?

7 Anime Paling Overrated Sepanjang Masa, Naruto & One Piece Termasuk?

12 Situs Nonton Anime Sub Indo Gratis & Terlengkap 2020 | Streaming One Piece Kualitas HD!

12 Situs Nonton Anime Sub Indo Gratis & Terlengkap 2020 | Streaming One Piece Kualitas HD!

7 Anime yang Laku Keras di Amerika Serikat, One Piece Gak Termasuk?

7 Anime yang Laku Keras di Amerika Serikat, One Piece Gak Termasuk?

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal