J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Perbedaan Mendasar di Manga dan Anime Dragon Ball, Jauh Lebih Sadis!

7 Perbedaan Mendasar di Manga dan Anime Dragon Ball, Jauh Lebih Sadis!

Rabu, 27 Mei 2020, 10:00 WIB
Tahu nggak sih kalau manga Dragon Ball jauh lebih gore daripada animenya? Kenapa diubah? Cari tahu jawabannya dan perbedaan lain di anime dan manga ini.

Dragon Ball merupakan salah satu anime paling terkenal yang pernah dibuat. Bukan hanya di Jepang saja, Son Goku dan kawan-kawan sudah dikenal secara luas di seluruh dunia.

Adegan aksi over the top yang disuguhkan di Dragon Ball menjadi magnet kuat dalam menarik para penggemar anime untuk menontonnya.

Fakta ini juga yang membuat rangkaian adegan di anime Dragon Ball harus mengalami penyesuaian, dibuat berbeda dengan yang digambarkan di manganya agar bisa disiarkan di seluruh dunia.

7 Perbedaan Manga dan Anime Dragon Ball

Meskipun tergolong sebagai anime aksi, Dragon Ball banyak ditonton oleh anak-anak, berbeda dengan anime aksi seperti Tokyo Ghoul dan sejenisnya yang melabeli anime mereka sebagai anime dewasa.

Luasnya target pasar yang dibidik oleh anime ini membuatnya harus rela digarap berbeda dari cerita aslinya. Beberapa perbedaan ini bahkan ada yang sampai berpengaruh ke alur cerita yang disajikan.

Apa saja sih perbedaan anime dan manga Dragon Ball? Apa alasannya dibuat berbeda seperti itu? Berikut ini informasi selengkapnya.

1. Super Saiyan Goku Jauh Lebih Kuat

Dragonball Fandom Com 3d7dd
Sumber foto: dragonball.fandom.com

Super Saiyan merupakan perwujudan kekuatan luar biasa yang dialami oleh para petarung bangsa Saiyan. Ketika dalam wujud ini kekuatan mereka menjadi berkali-kali lipat jauh lebih kuat dibanding sebelumnya.

Goku pertama kali mendapatkan wujud Super Saiyan ketika bertarung melawan Freiza, setelah Freiza dengan sadisnya membunuh Krilin kala itu.

Meskipun sudah menjadi Super Saiyan, di anime aksi ini Goku masih bertarung dengan cukup seimbang dengan Freiza sebelum akhirnya bisa memenangkan pertarungan tersebut.

Hal ini berbeda dengan yang digambarakan di manga, yang mana setelah Goku menjadi Super Saiyan, Freiza dihajar habis-habisan tanpa perlawanan berarti. Menunjukkan seberapa kuatnya wujud ini.

2. Gregory

Twitter F6592
Sumber foto: twitter.com

Sosok kunang-kunang pendamping King Kai di anime Dragon Ball ini ternyata merupakan karakter original dari Anime Dragon Ball, Gregory tidak pernah diceritakan di dalam manga.

Penambahan tokoh kunang-kunang yang super cepat ini dilakukan karena pihak studio yang mengembangkan anime Dragon Ball merasa butuh penambahan unsur komedi.

Di anime Goku dibuat berlatih dengan cara mengejar Gregory di bawah gravitasi tinggi. Al hasil, Goku kewalahan dan harus gagal berkali-kali ketika mencoba menangkap kunang-kunang ini.

3. Majin Buu

Comicbook Com 73567
Sumber foto: comicbook.com

Majin Buu merupakan salah satu sosok penjahat paling kuat di anime populer Dragon Ball. Makhluk ini tidak segan-segan untuk menghancurkan sebuah planet hanya untuk bersenang-senang saja.

Di anime kekejaman Buu dibuat lebih menakutkan. Buu berkali-kali menghancurkan planet yang dia lewati ketika hendak mencari Goku dan Vegeta.

Padahal di manganya sendiri, Buu langsung dapat mendeteksi keberadaan Goku dan Vegeta dan seketika menuju lokasi mereka tanpa berlama-lama.

4. Jauh Lebih Sadis dan Berdarah

Quora B5e2b
Sumber foto: quora.com

Banyak yang mengategorikan Dragon Ball sebagai anime populer untuk anak-anak karena faktanya, anime ini memang diputar di channel anak seperti Cartoon Network di Amerika.

Hal ini menyebabkan banyak penyesuaian yang harus dilakukan pada Dragon Ball versi anime karena di manga, adegan pertarungan dan kematian digambarkan dengan sangat fulgar dan sadis.

Darah jauh lebih banyak disisipkan di dalam manga, dan tidak jarang kematian karakter di manga Dragon Ball digambarkan dengan beberapa bagian anggota badan yang terpisah atau tercerai berai.

5. Breaking the Fourth Wall

Aminoapps Com 6689b
Sumber foto: aminoapps.com

Kalau kamu sudah nonton film superhero dewasa Deadpool, kamu pasti familiar dengan konsep breaking the fourth wall di mana karakter di dalam cerita sadar kalau mereka sedang ditonton.

Hal ini juga banyak diselipkan di manga Dragon Ball. Terkadang Goku memukul musuh sampai jauh terpental ke luar panel komik, krilin mengutip referensi komik Dr. Slump, dan hal sejenis lainnya.

Sayangnya, tradisi ini tidak dikembangkan di Dragon Ball versi anime entah karena alasan apa. Padahal lelucon jenis ini banyak digemari oleh penonton saat ini.

6. Filler di Mana-Mana

Youtube A0d49
Sumber foto: youtube.com

Kehadiran filler di dalam anime memang sudah menjadi bagian yang lumrah. Filler dibutuhkan karena jeda terbit manga dan anime yang terlalu berdekatan.

Filler di anime Dragon Ball bukan hanya dihadirkan dalam bentuk saga atau episode terpisah, tetapi juga dimuat dalam bentuk adegan-adegan selipan.

Banyak adegan power up yang dibuat menjadi lebih dramatis dan tentunya lebih panjang daripada seharusnya.

Maka dari itu, penggemar yang menonton anime Dragon Ball dan juga membaca versi manganya akan langsung sadar betapa lambatnya fase cerita yang disajikan di dalam versi anime.

7. It s Over 8.000

Wowhead Com C3362
Sumber foto: wowhead.com

Salah satu meme anime paling terkenal it s over 9.000, datang dari anime Dragon Ball. Meme yang terinspirasi kekagetan Vegeta ketika menyadari level kekuatan Goku ini ternyata tidak akurat dengan sumber aslinya.

Di dalam manga, Vegeta memang terkejut, tetapi level kekuatan Goku bukan 9.000 melainkan hanya 8.000 saja.

Penyesuaian ini terjadi pada proses alih bahasa anime Dragon Ball ke bahasa Inggris. 9.000 terdengar lebih pas dan juga lebih cocok dengan gerak bibir Vegeta ketika dibahasa Inggriskan.

Akhir Kata

Itu dia beberapa perbedaan mencolok yang terdapat pada anime dan juga manga Dragon Ball. Perbedaan ini terjadi karena penyesuaian memang dibuuthkan dalam proses penggarapan animenya.

Untuk bisa diterima secara lebih luas oleh berbagai macam klaster penonton di seluruh dunia, mau tidak mau kompromi source material harus selalu dilakukan.

Semoga informasi yang Jaka bagikan kali ini bisa menghibur kamu semuanya, dan sampai jumpa lagi di artikel-artikel selanjutnya.

Baca juga artikel seputar Anime atau artikel menarik lainnya dari Restu Wibowo.

ARTIKEL TERKAIT
21 Anime Movie Terbaik Dan Terbaru Di 2020 Dari Yang Kocak Sampai Mengharukan 6c884

21 Anime Movie Terbaik dan Terbaru 2020, Kocak Sampai Mengharukan!

Anime China Terbaik Banner 180d5

10 Anime China Terbaik 2019, Lebih Baik dari Anime Jepang?

Rekomendasi Anime Isekai 33789

15 Anime Isekai Overpower, Magic, Hingga Fantasy Terbaik Wajib Nonton

Anime Zombie Terbaik Banner 26028

7 Anime Zombie Terbaik yang Tegang Banget, Banyak Adegan Ecchi?

Anime Olahraga Banner Facc9

15 Anime Olahraga Terbaik yang Wajib Kamu Tonton, Bikin Semangat!

7 Anime Populer Yang Paling Kontroversial Karena Rasis D1092

7 Anime Populer yang Paling Kontroversial, Nonton No. 6 Bisa Dipenjara!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Plot Hole Paling Membingungkan dari Anime Dragon Ball, Gak Konsisten!

7 Plot Hole Paling Membingungkan dari Anime Dragon Ball, Gak Konsisten!

7 Anime Paling Overrated Sepanjang Masa, Naruto & One Piece Termasuk?

7 Anime Paling Overrated Sepanjang Masa, Naruto & One Piece Termasuk?

7 Anime yang Laku Keras di Amerika Serikat, One Piece Gak Termasuk?

7 Anime yang Laku Keras di Amerika Serikat, One Piece Gak Termasuk?

7 Anime yang Punya Ending Beda dari Manga Aslinya, Bikin Fans Ngamuk!

7 Anime yang Punya Ending Beda dari Manga Aslinya, Bikin Fans Ngamuk!

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal