J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Anime dengan Biaya Produksi Termahal, Sampai Miliaran Rupiah!

7 Anime dengan Biaya Produksi Termahal, Sampai Miliaran Rupiah!

Sabtu, 25 Apr 2020, 12:00 WIB
Meski terlihat nggak begitu ribet, ternyata ada anime dengan biaya produksi termahal hingga miliaran rupiah dan menyaingi biaya produksi film box office.

Kamu pasti sering mendengar deretan film box office yang memakan biaya produksi sangat mahal. Hal tersebut memang sangat wajar demi memenuhi ekspektasi pasaran.

Tapi, apakah kamu pernah mendengar anime dengan biaya produksi setara film box office Hollywood? Bahkan, biaya yang dikeluarkan pun mencapai puluhan juta dollar!

Anime apa saja, ya? Biar nggak penasaran, berikut Jaka rangkum ulasan 7 anime dengan biaya produksi tertinggi di dekade ini. Simak, yuk!

7 Anime dengan Biaya Produksi Termahal

Meskipun terlihat nggak begitu rumit saat kamu menontonnya, tapi proses produksi beberapa anime ternyata bisa menyedot dana yang terlampau tinggi.

Nggak tanggung-tanggung, beberapa anime yang diproduksi selama dekade ini pun ada yang menghabiskan dana puluhan juta dollar dalam pembuatannya.

Lalu, apa saja anime yang dibuat dengan biaya produksi termalah? Berikut ulasan lengkapnya, geng!

1. When Marnie Was There (2014)

Anime Termahal When Marnie Was There Custom 82825

Anime ini merupakan film kedua dari sutradara Hiromasha Yonebayashi, sekaligus produksi terakhir dari Studio Ghibli setelah berhentinya Hayao Miyazaki.

When Marnie Was There merupakan menceritakan persahabatan antara Anna dan Marnie yang penuh makna sekaligus cukup rumit karena permasalahan setiap karakternya.

Meski nggak menawarkan konklusi cerita yang sempurna, tapi film ini berhasil memberikan sebuah tema unik dan emosional dari alur persahaban tokoh utamanya.

Biaya produksi anime ini pun menghabiskan dana yang cukup fantastis, yakni sekitar USD11,3 juta atau Rp176 miliar, geng.

2. From Up on Poppy Hill (2011)

Anime Termahal From Up On Poppy Hill Custom E3554

Berlatar era perang dunia, anime romance school garapan Goro Miyazaki ini menceritakan Umi dan Shun, 2 anak yang bertemu secara nggak sengaja di sekolah.

Kedua karakter utama dalam anime ini mencerminkan jiwa muda yang nggak mudah menyerah, tetapi di saat yang bersamaan anime ini pun menunjukkan sisi naif dari anak-anak.

Meski menceritakan tentang hal apa yang mereka terima sebagai korban perang, tapi From Up on Poppy Hill berhasil meninggalkan kesan yang manis.

Tapi siapa sangka, di balik visual yang nggak begitu mewah, anime ini ternyata menghabiskan biaya produksi hingga USD28 juta (Rp436 miliar).

3. The Secret World of Arrietty (2010)

Anime Termahal The Secret World Of Arrietty Custom 2d3c5

The Secret World of Arrietty merupakan anime dari Studio Ghibli yang sukses sebagai anime dengan pendapatan besar sepanjang masa.

Anime adaptasi dari novel The Borrowers karya Mary Norton ini menceritakan gadis peri yang tinggal di bawah lantai rumah milik pemuda bernama Sho dan keluarganya.

Alur cerita klasik dari interaksi antara manusia dan makhluk dunia lain pun terasa begitu indah saat diadaptasi dalam anime terbaik dari Studio Ghibli ini.

Soal biaya produksi, sudah pasti dana yang keluar nggak main-main, geng. The Secret World of Arrietty menghabiskan biaya hingga USD23 juta (Rp358 miliar).

4. Space Pirate Captain Harlock (2013)

Anime Termahal Space Pirate Custom D1b3c

Film animasi 3D Jepang berjudul Space Pirate Captain Harlock merupakan remake dari anime klasik berjudul sama yang diprakarsai oleh Toei Animation.

Space Pirate Captain Harlock dikemas dalam animasi grafis komputer dan mengambil setting peperangan yang cukup mendebarkan, geng.

Anime movie ini menceritakan seorang bajak laut angkasa bernama Harlock yang melawan pemerintah bumi dan bertarung untuk kebaikan manusia, geng.

Toei Animation rela menggelontorkan dana yang nggak kecil untuk proyek ini. Ditangani oleh Shinji Aramaki, anime ini butuh dana hingga USD30 juta (Rp467 miliar).

5. The Wind Rises (2013)

Anime Termahal The Wind Rises 2013 Custom 620b7

Anime yang satu ini bercerita mengenai seorang laki-laki yang mendesain pesawat tempur untuk Jepang pada masa perang dunia kedua, geng.

Anime ini menggambarkan bagaimana perang dapat memberikan dampak yang buruk bagi orang-orang, meskipun mereka nggak terlibat secara langsung.

The Wind Rises terinspirasi dari kisah Jiro Hirokoshi, orang yang mendesain pesawat Mitsubishi A5M untuk Jepang pada perang dunia kedua.

Anime yang terinspirasi dari kisah nyata ini pun ternyata dibuat dengan dana yang nggak sedikit, yakni USD31 juta (Rp483 miliar).

6. Stand by Me Doraemon (2014)

Anime Termahal Stand By E Custom 7e23f

Anime yang sangat fenomenal pada tahun 2014 ini menceritakan kisah mengharukan perjalanan hidup Nobita untuk mencari kebahagian di saat dewasa.

Untuk mewujudkannya, Doraemon yang sudah hidup di abad ke-22 kembali ke masa di mana Nobita masih hidup susah.

Kebahagiaan Nobita pun tercapai setelah ia dipastikan menikah dengan Shizuka. Tapi, Doraemon dipaksa kembali ke masa depan karena program Sewashi sebelumnya.

Anime yang menghabiskan dana USD35 juta (Rp545 miliar) ini pun akan hadir dalam seri kedua yang menjadi salah satu film animasi paling dinanti tahun 2020.

7. The Tale of the Princess Kaguya (2013)

Anime Termahal The Tale Of The Princess Kaguya Eca88

Film animasi berjudul The Tale of Princess Kaguya merupakan salah satu karya Studio Ghibli yang paling unik dengan visual klasik yang indah, geng.

The Tale of the Princess Kaguya mengangkat dongeng Jepang tentang Putri Kaguya yang ditemukan oleh sebuah keluarga pemotong bambu.

Kaguya yang berasal dari bulan pun tumbuh dan menyayangi keluarga yang mengadopsinya. Sayang, ia akhirnya harus kembali ke tempat asalnya.

Anime yang menjadi salah satu film dengan rating 100% ini pun tenyata memakan dana yang nggak sedikit, yakni USD49,3 juta (Rp768 miliar), geng!

Akhir Kata

Itulah tujuh anime dengan biaya produksi termahal di dekade ini. Biaya itu pun bahkan mencapai miliaran rupiah dan menyaingi biaya produksi film box office.

Walaupun menyedot dana yang sangat fantastis, tapi hasil yang diraih pun sangat memuaskan, hingga ada yang mendapat rating sempurna dari situs kritikus film.

Baca juga artikel seputar Anime atau artikel menarik lainnya dari Tia Reisha.

ARTIKEL TERKAIT
Anime Sedih Terbaik 61c00

10 Anime Sedih Terbaik 2020, Siapin Tisu Sebelum Nonton!

Banner Fb 13 4ffed

10 Anime Terbaik Selama 10 Tahun Terakhir, Ga Nonton Auto Nyesel!

Anime Terbaik Sepanjang Masa Banner 0ecef

10 Anime Terbaik Sepanjang Masa, Wajib Banget Nonton!

Film Anime Terbaru 60465

10 Rekomendasi Film Anime Terbaru 2018

Serial Anime Legendaris Banner C2c40

10 Serial Anime 90-an yang Paling Melegenda, Bikin Kangen Masa Kecil!

Anime Live Action Bannerxx 7a071

10 Anime Live Action Terbaik untuk Isi Tontonan dihari Liburmu!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Anime yang Terinspirasi dari Kisah Nyata, No. 4 Bikin Nangis Kejer!

7 Anime yang Terinspirasi dari Kisah Nyata, No. 4 Bikin Nangis Kejer!

Film Anime Gak Akan Pernah Sesukses MCU? Ini Faktanya!

Film Anime Gak Akan Pernah Sesukses MCU? Ini Faktanya!

10 Anime Terbaik Selama 10 Tahun Terakhir, Ga Nonton Auto Nyesel!

10 Anime Terbaik Selama 10 Tahun Terakhir, Ga Nonton Auto Nyesel!

7 Studio Film Anime dengan Penghasilan Tertinggi, Tajir Banget!

7 Studio Film Anime dengan Penghasilan Tertinggi, Tajir Banget!

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal