Dari Facebook Spaces Hingga AI, Ini 5 Ambisi Facebook yang Mengubah Dunia

20 April 2017

Di acara konferensi pengembang tahunan Facebook yang disebut "Facebook F8 2017" pada 18-19 April kemarin. CEO Facebook Mark Zuckerberg mengumumkan rencana jangka panjang dan ambisi Facebook dalam 10 tahun ke depan.

Mark Zuckerberg yakin jika tren penggunaan smartphone akan mulai usang dalam satu dekade ke depan. Facebook pun berambisi mengembangkan virtual reality dan augmented reality sebagai 'komunikasi masa depan'.

Untuk mendukung itu, Facebook juga terjun di bisnis koneksi internet dan tidak ketinggalan pula teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence). Lebih lanjut, berikut 5 ambisi besar Facebook untuk mengubah dunia dalam 10 tahun mendatang.

Dari Facebook Spaces Hingga Teknologi AI, Inilah 5 Ambisi Facebook

1. Facebook Spaces

facebook-spaces

Facebook Spaces adalah layanan ambisius Facebook yang bertujuan mengombinasikan interaksi sosial dengan lingkungan virtual 3D melalui teknologi VR.

Bisa dibilang Spaces merupakan tempat "nongkrong" atau berkumpulnya para pengguna di dunia VR. Saat ini, Facebook Spaces masih dalam bentuk beta dan dirancang agar bisa diakses menggunakan headset Oculus Rift dan Oculus Touch.

Menariknya, media sosial VR ini adalah Facebook berencana merilisnya untuk berbagai platform lain. Artinya, di masa depan pemilik headset VR akan bisa menggunakan Facebook Spaces.

2. Facebook Kamera Sebagai Platform AR

Facebook Kamera Sebagai Platform AR

Facebook memiliki rencana besar dalam bidang augmented reality (AR). Sebagai bagian dari konferensi pengembang F8, Facebook meluncurkan "Camera Effects Platform" yang menawarkan developer cara untuk menambahkan efek AR ke Facebook kamera.

Isinya terdapat tool Frame Studio dan AR Studio. Frame Studio adalah aplikasi editor kreatif berbasis website yang memungkinkan pengembang membuat frame untuk foto-foto yang diambil dengan Facebook kamera.

Sementara AR Studio yang memungkinkan para developer untuk menciptakan efek AR lebih canggih seperti frame animasi, masker, dan banyak lagi. Efek ini bahkan bisa bereaksi terhadap gerak dan interaksi dalam Facebook Live dan masih banyak lagi. Intinya Mark Zuckerberg ingin membuat kamera smartphone atau perangkat pintar lainnya ke dalam platform AR.

Facebook Sekarang Lebih Pentingin Love dibanding Like, Ini Alasannya!
Facebook Sekarang Lebih Pentingin Love dibanding Like Ini Alasannya!
Facebook Sekarang Lebih Pentingin Love dibanding Like, Ini Alasannya!
Baca

3. Facebook Messenger Platform 2.0

Facebook Messenger Platform 2.0

Lebih dari 1,2 miliar orang menggunakan Facebook Messenger setiap bulannya, jadi tentu saja platform chatting ini ambil bagian di panggung F8.

Mark Zuckerberg juga mengumumkan Facebook Messenger Platform 2.0 dengan membenamkan teknologi artificial intelligence (AI). Sejumlah fitur baru tersebut antara lain:

  • Discover: Untuk membantu orang menelusuri dan menemukan bot, tempat, dan bisnis terbaik di Messenger yang relevan di daerah mereka.
  • Kode parametrik juga datang, memungkinkan untuk satu bot memasuki beberapa kode (bukan hanya QR) melalui kamera Messenger.
  • Ekstensi Chat. Fitur baru ini memungkinkan orang untuk secara kontekstual membawa bot ke dalam percakapan dan berkolaborasi dalam membuat daftar belanja, memesan makanan, membagi pembayaran, berbagi musik, dan banyak lagi.
  • Parametric Messenger Codes. Lebih canggih, kamu dapat memindai lebih dari satu kode di kamera Messenger.
  • Fitur lainnya seperti "Hand-over Protocol" dan "Connecting people across apps and Messenger bots" yang membuat dua ID berbeda untuk orang yang sama di berbagai saluran komunikasi kamu.

4. M Digital Assistant Lebih Cerdas

M Digital Assistant Lebih Cerdas

Facebook M asisten digital juga mendapat beberapa fitur baru sebagai bagian dari perombakan Messenger. Termasuk membuat saran dalam percakapan, seperti stiker yang bertuliskan "terima kasih," pengingat dari pertemuan yang akan datang, atau menyenggol bahwa kamu perlu membayar tagiahan.

Facebook M Asisten digital ini dibekali kecerdasan buatan untuk mengenali orang-orang dan tugas-tugas dalam percakapan. Untuk membantu membuat rekomendasi cerdas berdasarkan konteks tertentu.

5. 'Smart Replies' Bot Bisnis yang Lebih Baik

smart-replies

Sejak diperkenalkan pertama kali, Chat Bot memang mendapatkan sambutan hangat. Nah menurut data Facebook, lebih dari dua miliar percakapan terjadi antara pengguna dan bot bisnis di Messenger dalam satu bulan.

Facebook pun berusaha membuat chat bot lebih pintar dari hari ke hari. Termasuk memperkenalkan balasan pintar (smart replies) yang memungkinkan Pages untuk menjawab pertanyaan yang paling sering ditanyakan menggunakan bot.

Akhir Kata

Sebagai jejaring sosial terbesar di dunia, Facebook memang memiliki banyak uang untuk membuat beragam terobosan baru yang akan mengubah masa depan. Bagaimana pendapat kamu?

Baca juga artikel seputar Facebook atau tulisan dari Lukman Azis lainnya.

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar