8 Tips Amankan Android Anda Dari Hacker dan Pencuri Password

10 October 2016

Dari semua pengguna ponsel pintar hanya sedikit yang menyadari kalau ponsel yang mereka gunakan itu belum sepenuhnya aman. Jika kamu juga termasuk pengguna smartphone Android, maka ada beberapa langkah lagi yang kamu harus lakukan untuk memaksimalkan keamanan smartphone. Hal ini bertujuan untuk melindungi dirimu dari bahaya penipuan dan pencurian identitas. Jika langkah-langkah untuk memaksimalkan keamanan Android tidak segera kamu lakukan, mungkin saja resiko kehilangan informasi pribadi dapat menimpamu, dan parahnya jika hal ini tidak segera kamu sadari, maka akan lebih banyak lagi informasi lainnya yang dicuri darimu.

Informasi dan dokumen penting seperti foto, akun sosial media, dokumen kerja, akun email, dan lain sebagainya merupakan informasi yang rentan terhadap pencurian dan tindakan cyber crime yang lainnya. Informasi pribadimu bisa saja dijual oleh pihak yang tidak bertanggung jawab atau disebarkan di internet agar seluruh dunia mengetahuinya, ngeri kan? Jangan biarkan hal-hal itu terjadi padamu, berikut adalah beberapa langkah dan tips untuk memaksimalkan keamanan perangkat Android yang kamu miliki.

8 Tips Amankan Android Dari Hacker dan Pencuri Password

1. Aktifkan fitur "encrypt device" pada smartphone

masukkan deskripsi gambar disini

Enkripsi merupakan metode keamanan data dengan menggunakan kode-kode rahasia yang hanya diketahui oleh dirimu. Jadi, menggunakan fitur enkripsi dapat membantu memaksimalkan kemanan ponsel Android yang kita punya. Fitur enkripsi dapat ditemukan pada menu "Settings" di Android. Setelah menggunakan fitur ini, mungkin saja akan ada sedikit perubahan dari kinerja smartphone. Kamu akan membutuhkan sebuah password untuk mengakses semua data apapun. Dijamin Androidmu akan aman menggunakan fitur ini.

2. Gunakan fitur Lock Apps pada Android

masukkan deskripsi gambar disini

Bila perlu cara amankan Android yang lebih mantap, kamu perlu mengunci semua aplikasi yang ada di Android. Karena ada beberapa aplikasi yang berisi informasi pribadimu yang mungkin kamu tidak ingin untuk orang lain melihatnya. Misalnya aplikasi chat atau galeri foto dan video yang rentan terhadap pencurian dan sifatnya sensitif untuk orang lain ketahui.

3. Gunakan fitur Lock Screen bawaan Android

masukkan deskripsi gambar disiniSalah satu fitur keamanan yang Android miliki yaitu Lock Screen. Ada banyak jenis Lock Screen yang disediakan, mulai dari Password, PIN, Pattern, hingga Face Unlock. Fitur Lock Screen bisa kamu aktifkan di menu pengaturan Android. Gunakan metode password yang tidak mudah ditebak dan jangan gunakan informasi yang berhubungan dengan informasi pribadi menjadi sebuah password pada Android. Jangan juga menggunakan Lock Screen dari aplikasi pihak ketiga, karena mudah sekali dijebol.

4. Menggunakan VPN untuk chatting, browsing, download, dan video call

masukkan deskripsi gambar disini

Ada banyak aplikasi yang menyediakan VPN gratis sebagai cara amankan Android. Alangkah baiknya jika kamu pakai premium atau berbayar. Tujuannya agar melindungi informasi yang ada di Android. Jika menggunakan versi VPN yang premium maka kamu akan mendapatkan akses lifetime unlimited dan kencang. Tugas VPN yaitu menyembunyikan alamat IP yang kita miliki saat mengakses jaringan internet. Kamu bisa lihat VPN Android terbaik di artikel ini aplikasi VPN Android terbaik untuk akses situs yang diblokir.

5. Jangan menyimpan semua password di ponsel

masukkan deskripsi gambar disini

Kebanyakan orang menyimpan password mereka di dalam website dan layanan online lainnya. Jika kebiasaan ini masih kamu lakukan kemungkinan besar seseorang yang mempunyai niat jahat bisa saja mengambil semua informasi tersebut dan mengaksesnya. Jika hal ini terjadi maka penyesalan yang akan terjadi. Jangan simpan semua daftar password di dalam ponsel Android, apalagi untuk informasi akun yang bersifat sangat rentan seperti informasi internet banking atau informasi pembayaran yang lainnya.

6. Buat banyak akun di Android

masukkan deskripsi gambar disini

Jika ponsel Androidmu bukan kamu saja yang menggunakannya, misalnya anak, adik, teman, pacar, dan lain sebagainya, maka langkah ini sangat penting untuk dilakukan. Buat beberapa Guest Account pada ponsel Android untuk memisahkan antara akun utama dan akun tamu. Hal ini dapat melindungi informasi pribadi saat kita berbagi ponsel dengan orang lain.

7. Install aplikasi antivirus

masukkan deskripsi gambar disini

Ada banyak aplikasi antivirus yang tersedia untuk Android, pilih satu saja yang menurutmu itu bagus dan ampuh untuk mengusir virus-virus jahat yang bisa saja menyerang dan mencuri data pentingmu. Contohnya seperti pada artikel berikut ini: 10 aplikasi antivirus android terbaik 2016.

8. Download aplikasi hanya pada toko aplikasi yang terpercaya

masukkan deskripsi gambar disiniAda banyak sekali aplikasi untuk Android yang bertebaran di Internet, dan karenanya ada banyak pula alternatif app store yang muncul. Tetapi dari sekian banyak app store, tidak semuanya juga menjamin keamanan dari serangan pencurian data dan sejenisnya. Meskipun app store sudah aman, tetapi ada juga aplikasi yang menjalankan perintah tertentu di belakang layar untuk mencuri data pengguna. Oleh karena itu tetap gunakan app store yang terpercaya dan jangan lupa membaca kebijakan dan persyaratan ketika ingin men-download aplikasi di app store manapun. Biasanya setiap aplikasi memiliki kebijakan dan persyaratan tertentu kepada penggunanya.

Tetap lindungi perangkat Android dengan mengikuti cara-cara di atas. Jangan pernah memberikan akses perangkat smartphone terhadap orang yang tidak dikenal. Selalu back-up data, ganti password Android dan password akun penting lainnya setiap minggu atau setiap bulan sesuai kebutuhan.

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar