J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Alasan Tidak Bisa Mengakses Situs Atau 404 Page Not Found

Alasan Tidak Bisa Mengakses Situs Atau 404 Page Not Found

Jumat, 7 Apr 2017, 14:00 WIB
Kali ini Jaka akan menjelaskan sejumlah faktor dan alasan tidak bisa mengakses situs tertentu atau mendapatkan halaman 404 Error Not Found. Simak ya!

Browsing di internet merupakan suatu kegiatan yang sering kita lakukan dalam rangka mencari informasi, menonton video, mendengarkan musik, dan masih banyak lagi. Namun, terkadang ketika sedang asyik berselancar di dunia maya, kita sering gagal mengakses situs-situs tersebut, atau yang lebih parah, terkadang kita malah diarahkan ke halaman 404 Error Not Found yang tentunya akan membuat kita frustrasi.

Umumnya, kita akan berpikir kalau hal ini terjadi hanya karena masalah koneksi internet dan kita terus-menerus mengakses situs tersebut, berharap usaha kita membuahkan hasil.

Padahal sebenarnya 404 Error Not Found itu bukan disebabkan koneksi internet yang bermasalah. Terus apa penyebabnya? Nah, kali ini Jaka akan menjelaskan sejumlah faktor dan alasan tidak bisa mengakses situs tertentu atau mendapatkan halaman 404 Error Not Found. Simak ya!

BACA JUGA
  • 5 Cara Mengatasi Mobile Network Not Available di HP Android, 100% Works!
  • Cara Memperbaiki Koneksi Internet Android yang Bermasalah
  • Mengenal Kode Error yang Muncul di Browser

Alasan Tidak Bisa Mengakses Situs Atau 404 Page Not Found

1. Masalah Konten

E696d510606321d99f3f52abd3237ebb
Sumber foto: Foto: dqindia.com

Alasan pertama yang menyebabkan kalian tidak bisa mengakses suatu situs adalah faktor konten. Baik pihak provider maupun pihak otoritas pengatur internet tentunya akan selalu melakukan pemblokiran pada konten-konten terlarang, seperti konten hasil pembajakan, konten dewasa, dan konten sensitif yang dapat menyebabkan pertengkaran di dunia maya.

Jadi, kalau kalian mengalami 404 Error Not Found ketika browsing, coba pikir lagi isi konten dari situs yang kalian kunjungi. Kalaupun kalian sangat ingin mengakses konten tersebut, kalian bisa menggunakan proxy atau VPN untuk melewati halaman 404 Error Not Found ini.

2. Masalah Browser

3cba1eca7b478a72a684d389e2f08867

Selain karena masalah konten, web browser juga dapat menyebabkan kalian gagal mengakses suatu website karena banyaknya cache dan cookies yang tersimpan di web browser yang kalian gunakan. Kalian bisa mencoba membersihkan cache dan cookies browser kalian dan silakan coba lagi akses lama tersebut kembali.

Jika masih tidak bisa mengakses situs yang kalian ingin kunjungi atau masih mendapati halaman 404 Error Not Found, kalian bisa mencoba mengganti browser yang dipakai.

3. Masalah Firewall dan Aplikasi Antivirus

Dd363e350b6953856af68e0b0d14c56e

Firewall merupakan perangkat lunak bawaan sistem operasi yang berfungsi untuk menyaring informasi dan mengamankan komputer kalian agar tidak mengalami pencurian data dari luar dan mengawasi alur data yang masuk dan keluar.

Terkadang, ketika kalian mengaktifkan firewall kemudian mengakses situs tertentu, firewall akan langsung melakukan blokir pada situs tersebut jika dianggap mencurigakan. Dalam hal ini, aliran data antara komputer kalian dan situs tersebut dianggap tidak aman. Solusinya, kalian bisa mencoba mematikan firewall untuk mengakses situs tersebut.

Selain firewall, sejumlah aplikasi antivirus juga dapat menyebabkan gagal akses atau 404 Error Not Found karena menganggap situs yang kalian kunjungi berbahaya.

4. Masalah Server

201602e5eb4bde54b50d30876ab5f2c8
Sumber foto: Foto: datandesigns.com.au

Masalah 404 Error Not Found juga dapat disebabkan oleh permasalah Server. Situs web pada dasarnya menggunakan Web Hosting untuk menyimpan data yang ditampilkan pada website tersebut.

Hosting yang digunakan oleh situs web ini tentunya akan menggunakan server untuk menyimpan data, sehingga ketika server milik hosting ini mengalami masalah seperti kerusakan fisik atau serangan dari hacker, maka web yang menggunakan jasa hosting tersebut juga jadi tidak bisa diakses.

Kalau hal ini terjadi, kalian cukup pasrah, karena satu-satunya yang bisa mengatasi hal ini adalah pihak penyedia layanan hosting itu sendiri.

5. Masalah Router dan DNS

703b28f404c4b90f59f959cbc848e7f1
Sumber foto: Foto: ee.co.uk

Selain karena faktor server, masalah 404 Error Not Found atau gagal akses ke situs tertentu juga dapat disebabkan oleh masalah pada router. Untuk yang satu ini, para pengguna awam hanya bisa mengatasinya dengan melakukan reset pada router jika kalian memilikinya.

Masalah lain yang juga bisa menyebabkan 404 Error Not Found adalah masalah DNS. Ketika kalian mengakses situs, DNS digunakan untuk menemukan alamat situs yang kalian masukkan di kolom pencarian.

Biasanya ketika kalian gagal mengakses situs tertentu, hal tersebut karena DNS yang kalian gunakan tidak mendapat respons dari browser yang kalian gunakan atau pengaturan DNS kalian salah.

Untuk mengatasi hal seperti ini, kalian bisa mencoba mengganti DNS yang kalian gunakan dengan DNS lain seperti DNS publik Google.

Itulah tadi 5 alasan kenapa kalian sering gagal atau tidak bisa mengakses situs tertentu atau mengalami 404 Error Not Found. Pesan Jaka, ketika kalian hendak mengakses suatu situs, pastikan pengaturan koneksi kalian sudah benar (DNS dan IP), kemudian pastikan juga perangkat lunak seperti firewall dan antivirus kalian tidak menghalangi koneksi kalian ke suatu situs tertentu dan yang paling penting, perhatikan konten yang hendak kalian akses.

ARTIKEL TERKAIT
Smartphone Terbaru April 2017

10 Smartphone Terbaru Edisi April 2017

Logo Dengan Pesan Rahasia

7 Logo Perusahaan Terkenal dengan Pesan Rahasia di Dalamnya

Samsung Galaxy S8

Berbodi Seksi, Ini Video Samsung Galaxy S8 dan Galaxy S8+!

Harga Samsung Galaxy S8 4

Harga Samsung Galaxy S8 di Indonesia Resmi Diperkenalkan!

Penampakan Resmi Samsung Galaxy S8 Banner

Segera Rilis, Inilah Penampakan Resmi Samsung Galaxy S8!

Tags Terkait:

APPS TERKAIT
Supervpn
SuperVPN Free VPN Client 2.6.6
Apps
Chrome Offline Installer Icon
Chrome Offline Installer for Windows 70.0.3538.102
Apps Google Inc.
20121226093112_59
Outpost Firewall Free 6.51
Apps Agnitum Ltd
Proxydroid
ProxyDroid 2.7.0
Apps Max Lv
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal