Jangan Salahin Provider! Ini 5 Alasan Mengapa Internet di Indonesia Super Lelet

Default

Pasti kesal dong saat ingin main game online atau ingin streaming film tapi loading-nya lama karena internetnya lelet. Kebanyakan orang pasti marah-marah dan menyalahkan provider yang sedang digunakan atau membanding-bandingkan internet indonesia dengan internet di negara lain.

Mulai sekarang berhentilah bersikap seperti itu, berikut Jaka akan menyebutkan 5 alasan mengapa internet indonesia lelet yang harus kamu pahami. Yuk, simak di bawah ini.

BACA JUGA
  • Cara Akses Internet yang Diblokir Menggunakan Google
  • 5 Efek Negatif dari Penggunaan Internet Sehari-hari
  • Inilah 10 Negara dengan Koneksi Internet Terlambat di Dunia

Ini 5 Alasan Mengapa Internet di Indonesia Super Lelet

1. Belum memiliki koneksi internasional

F5f3017d159e81c39dc39d19c5bd472a
Indonesia belum terhubung langsung ke jaringan internasional. Sehingga untuk terkoneksi langsung ke server-server utama seperti Google, Facebook, Twitter harus melalui beberapa negara terlebih dahulu seperti Singapura, Hongkong, dan setelah itu baru terkoneksi ke server utama yang kebanyakan berada di Amerika.

Sehingga hal itu mengharuskan provider Indonesia mengeluarkan biaya lebih untuk itu. Dengan mahalnya sambungan internet, satu jalur internet terpaksa harus digunakan banyak user/pengguna internet dan pastinya akan membuat internet menjadi lambat.

2. Geografi

D3b9f704c7d382580459da61a9c6ea6c
Seperti yang kita ketahui, Indonesia terdiri dari banyak pulau dan kondisi datarannhya yang tak menentu. Ada yang berbukit, ada yang datar-datar saja menjadi tantangan bagi provider untuk membangun infrastruktur di tempat-tempat yang sulit dijangkau.

Selain menambah biaya dengan sulitnya medan akan membuat provider ragu untuk membangun infrastruktur sehingga penyebaran internet di indonesia tidak merata.

3. Banyaknya pengguna internet di Indonesia

Ffc41f1c878c247372f271dd8c598e3c
Indonesia menduduki peringkat ke-8 dengan penggunaan internet terbanyak, hal ini berpengaruh kepada kecepatan internet di Indonesia. Kenapa berpengaruh, karena dengan banyaknya pengguna internet pembagian jaringan internet pun harus banyak sehingga membuat internet Indonesia menjadi lambat.

Jadi internet di Indonesia itu sebenarnya tidak lambat tetapi penggunanya saja yang terlalu banyak sehingga harus ada peningkatan oleh pihak provider. Jika dibandingkan dengan Singapura yang negaranya sangat kecil jauh dari indonesia. Bisa disimpulkan kecepatan internet di Indonesia lebih cepat daripada Singapura, hanya pengguna di Indonesia yang banyak dan menyebabkan internetnya pun ikut lambat.

4. Persaingan antar provider

A50db0607bf070944f36000d3d8af2bf
Seperti yang banyak kita lihat saat ini, Indonesia memiliki banyak provider dari provider berplat merah hingga provider-provider swasta. Dengan banyaknya provider ini masing-masing provider berlomba-lomba menyediakan internet murah, tentu hal ini dapat memanjakan pengguna internet.

Akan tetapi hal ini menyebabkan internet di Indonesia menjadi lambat lho, karena dengan murahnya harga paket internet akan mendongkrak pertumbuhan pengguna internet, tetapi tidak di iringi dengan peningkatan infrastruktur dan perbaikan di masing-masing provider.

5. Infrastruktur yang mahal

44ecf92fabd6479629ca1576c6f21267
Mahalnya infrastruktur penunjang penyebaran internet di Indonesia menyebabkan internet di Indonesia terkena dampaknya. Tidak meratanya penyebaran internet dan alat-alat yang digunakan tidak secanggih dan semutakhir negara lain membuat Indonesia belum mampu menyediakan internet cepat sesuai keinginan penggunanya.

Untuk memenuhi itu semua membutuhkan biaya yang tidak sedikit, Oleh karena itu harga paket internet di Indonesia semakin hari semakin meningkat, hal itu dilakukan untuk meningkatkan mutu dan kualitas internet yang di berikan provider itu sendiri.

itulah 5 alasan mengapa internet Indonesia lelet dibandingkan negara lain yang harus dipahami setiap orang. Semoga bermanfaat.

ARTIKEL TERKAIT
69fb735fe0c0a863387c66f020e37b1a
REKOR! Inilah Jaringan Internet Tercepat Dengan Kecepatan 100 Gbps
10 Negara Dengan Jaringan Internet 4g Tercepat Di Dunia
10 Negara Dengan Jaringan Internet 4G LTE Tercepat di Dunia
Ingin Internetan Gratis Anak Ini Berhasil Hack Jaringan 4g T Mobile
Ingin Internetan Gratis, Anak ini Berhasil Hack Jaringan 4G
Cats 1975a
Cara Mempercepat Koneksi Internet Android & PC | Auto Ngebut!
8fbaa5988e3b2e60bf860b25f9f4a4ec
Cara Menstabilkan Koneksi Internet di Komputer Menggunakan Command Prompt
APPS TERKAIT
Youtube Logo 6cd54
YouTube 15.11.34
Apps Google Inc.
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Capsa Royale Icon
Capsa Royale 3.1.1
Games 88 Entertaiment
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal