J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

6 Alasan Mengapa Hollywood Gencar Membuat Film Remake, Kehabisan Ide?

6 Alasan Mengapa Hollywood Gencar Membuat Film Remake, Kehabisan Ide?

Minggu, 21 Jul 2019, 12:00 WIB
Kamu merasa enggak kalau film-film Hollywood lagi gencar-gencarnya membuat film remake? Kira-kira kenapa seperti itu, ya?

Kamu pernah membuat sebuah film? Membuat film itu enggak mudah, walaupun cuma sekadar film pendek yang durasinya tidak terlalu lama.

Dibutuhkan banyak ide dan gagasan menarik untuk membuat sebuah tontonan yang akan disukai oleh masyarakat dan meraup keuntungan dalam jumlah yang besar.

Akhir-akhir ini, Jaka merasa kalau Hollywood sedang banyak-banyaknya membuat remake dari film-film lama. Kira-kira kenapa mereka seperti itu, ya?

Alasan Mengapa Hollywood Membuat Film Remake

Jaka sudah melakukan riset kecil-kecilan tentang fenomena ini, dan Jaka telah menemukan setidaknya 6 jawaban berbeda.

Dilansir dari berbagai sumber, inilah alasan mengapa Hollywood sedang gencar membuat film remake!

1. Kehabisan Ide

Alasan Hollywood Membuat Film Remake 1 F2d9b
Sumber foto: Walt Disney Studios Motion Pictures

Hampir tiap tahun selalu ada saja film baru dengan jalan cerita yang berbeda-beda. Jadi, wajar jika lama kelamaan para pembuat film sedang kehabisan ide cerita yang orisinal.

Lantas apa solusinya? Yang paling mudah ya membuat versi remake dari film-film lama yang dulu sempat sukses di pasaran.

Walaupun begitu, membuat remake juga lumayan berisiko. Orang akan membayar sejumlah uang untuk menyaksikan film dengan jalan cerita yang sudah mereka ketahui.

Pengecualian jika sang sutradara dan penulis naskah memutuskan untuk mengganti jalan ceritanya, seperti yang terjadi di film Maleficent.

2. Menjual Nostalgia

Alasan Hollywood Membuat Film Remake 2 010d3
Sumber foto: D23.com

Manusia menggemari hal-hal yang berbau nostalgia, apalagi jika nostalgia tersebut berhasil membuat kenangan yang indah.

Beberapa film berhasil melakukan itu, sehingga di masa sekarang mereka terpikirkan untuk menghasilkan uang dengan memanfaatkan perasaan sentimental tersebut.

Penonton yang merasa berkesan dengan versi lamanya juga tidak akan ragu untuk merogoh gocek mereka demi menonton ulang film yang telah meninggalkan kesan yang mendalam.

Tentu saja, para pembuat film berjanji akan menyediakan beberapa hal baru yang sering kali tidak terlalu mempengaruhi jalan cerita.

3. Teknologi yang Lebih Maju

Alasan Hollywood Membuat Film Remake 3 3238f
Sumber foto: Polygon

Di era perfilman di mana teknologi CGI sudah menjadi hal yang normal, tentu merupakan godaan besar untuk menggunakannya di film-film remake.

Film-film live-action dari Disney misalnya. Mereka membawa beberapa film animasi klasiknya menjadi sebuah film remake dengan bumbu CGI di mana-mana.

Zaman dulu, teknologi untuk membuat CGI belum ditemukan. Kini, para sutradara memilki privilege untuk bisa memberi kesan yang lebih dramatis dan realistis dalam filmnya.

4. Mengincar Penonton Baru

Alasan Hollywood Membuat Film Remake 4 19fbe
Sumber foto: Variety

Hollywood tidak hanya mengincar penonton lama yang ingin bernostalgia. Mereka juga ingin merangkul penonton baru yang belum pernah menonton film versi aslinya.

Artinya, mereka melempar dua burung dengan satu batu. Penonton lama dapat, penonton baru yang penasaran juga dapat.

Bisa dibayangkan berapa keuntungan yang akan didapatkan oleh industri-industri tersebut, kalau film versi remakenya berhasil di pasaran.

Biasanya, jika sudah ada dua versi film yang berbeda, para netizen akan membandingkan versi mana yang lebih baik. Tak jarang perdebatan tersebut berakhir menjadi pertengkaran.

5. Beberapa Film Remake Ternyata Sukses

Alasan Hollywood Membuat Film Remake 5 74391
Sumber foto: Variety

Tentu para produsen film tidak akan berani melakukan remake jika tidak ada film-film lain yang telah berhasil terlebih dahulu.

Risikonya enggak kecil. Selain berpotensi gagal secara keuangan, bisa-bisa mereka dihujat oleh para penonton karena telah merusak imej mereka terhadap film aslinya.

Akan tetapi, ternyata banyak film-film remake yang berhasil dan meraup keuntungan yang tidak sedikit.

Contohnya adalah film Beauty and the Beast yang berhasil mendapatkan pemasukan kurang lebih US$1.2 juta. Angka tersebut tentu sangat sayang jika dilewatkan, bukan?

Tentu hal ini menjadi penyemangat bagi produsen film lain untuk membuat versi remake mereka dengan harapan bisa mendapatkan uang dalam jumlah yang besar.

6. Siklus

Alasan Hollywood Membuat Film Remake 6 F989b
Sumber foto: CinemaBlend

Kritikus film, Zak Hepburn, dalam salah satu media internasional mengemukanan bahwa remake sebuah film merupakan sebuah siklus dalam jangka waktu tertentu.

Film-film remake yang kita tonton sekarang bisa jadi merupakan versi remake yang kedua atau ketiga, bukan yang pertama kalinya.

Hepburn mengambil contoh Disney. Pada tahun 1970-an, mereka gencar membuat versi live-action dari film-film animasinya seperti Tron dan Dragonslayer.

Sayangnya, secara box office film-film tersebut merupakan kegagalan. Pada akhirnya, Disney lebih banyak membuat film animasi seperti The Little Mermaid dan Lion King.

Ternyata, mereka sukses. Setelah itu, ketika animasi dianggap sedikit ketinggalan zaman, dibuatlah versi barunya dengan sentuhan CGI yang menakjubkan.

Akhir Kata

Sebenarnya tidak ada masalah apabila para pembuat film ingin membuat versi remake dari film-film lama yang telah melegendaris.

Walaupun begitu, mereka menanggung beban yang cukup berat dengan tingginya ekspetasi penonton. Tentu mereka berharap bahwa versi remake ini harus melampaui versi aslinya.

Jika berhasil, uang akan mengalir ke rekening mereka dengan lancar. Jika tidak? Siap-siap dicaci maki seumur hidup karena sudah merusak masa kecil!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Fanandi Ratriansyah.

ARTIKEL TERKAIT
Film Adaptasi Game Banner Edd8d

9 Film Terbaik yang Diadaptasi dari Game | No. 3 Bikin Anak '90-an Nostalgia!

Film Anime Terbaru Banner 43009

20 Anime Movie Terbaik dan Terbaru 2020 | Wajib Nonton!

10 Film Action Terbaru Dan Terbaik Di Tahun 2020 Penuh Aksi Menegangkan 5086f

7 Film Action Terbaru dan Terbaik di Tahun 2020, Penuh Aksi Mendebarkan!

Film Indonesia Terbaik 77e77

25 Rekomendasi Film Indonesia Terbaik Hingga 2020 | Laku Keras di Bioskop!

Film Action Terbaik Banner2 3c96b

28 Film Action Terbaik Sepanjang Masa | Penuh Adegan Mendebarkan!

10 Film Barat Terbaru Dan Terbaik Di Tahun 2020 Masih Fresh Di Bioskop E95f1

10 Film Barat Terbaru dan Terbaik di Tahun 2020, Masih Fresh di Bioskop!

Tags Terkait:

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal