J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

4 Alasan Kenapa Kamu HARUS Belajar Programming

4 Alasan Kenapa Kamu HARUS Belajar Programming

Sabtu, 1 Apr 2017, 19:30 WIB
Zaman semakin maju, banyak skill yang semakin dibutuhkan. Salah satunya skill programming. Nih, Jaka kasih tahu alasan kenapa kamu harus belajar programming.

Apa yang terlintas di dalam benakmu saat mendengar istilah programming? Secara singkat, programming bisa diartikan sebagai aktivitas menulis kode program. Karena itu, aktivitas ini sangat identik dengan orang-orang teknik informatika.

Akan tetapi, beberapa waktu yang lalu pemerintah pernah mewacanakan untuk memasukkan programming ke dalam kurikulum pendidikan. Hal ini tentu bukan tanpa alasan. Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari aktivitas yang satu ini. Untuk lebih jelasnya, berikut alasan kenapa kamu perlu belajar programming.

BACA JUGA
  • Kumpulan Situs Terbaik Belajar Programming untuk Mahasiswa
  • 12 Situs untuk Belajar Coding Secara Gratis
  • PERLU TAHU! Ini Dia Cara Jitu Menjadi Programmer yang Andal

4 Alasan Kenapa Kamu HARUS Belajar Programming

1. Mengembangkan Cara Berpikir Logis

299f9e1238ecf8d93a62555066ae6e8d
Sumber foto: Foto: theconversation.com

Pemrograman sangat erat kaitannya dengan logika. Bisa dibilang, kamu tidak akan bisa membuat program komputer tanpa menggunakan logika. Karena itulah, logika pemrograman menjadi materi yang harus dikuasai sebelum bisa membuat program.

Materi logika ini banyak berhubungan dengan matematika. Namun logika yang dipelajari tak hanya bisa kamu gunakan dalam membuat program saja. Kamu juga bisa menggunakannya untuk mengatasi masalah dalam kehidupan sehari-hari.

2. Melatih Ketelitian

49d0a0d0508def6396c6a56f989e4b15
Sumber foto: Foto: wpbeginner.com

Dalam pemrograman, kamu akan dituntut untuk teliti dari hal yang paling sederhana seperti dalam penulisan kode program. Setiap perintah harus ditulis dengan benar. Bahkan untuk beberapa bahasa pemrograman, penggunaan huruf besar dan kecil bisa berpengaruh pada program yang dibuat.

Jika salah ketik atau typo, dipastikan program akan error. Akan tetapi, proses menemukan error sendiri juga bisa cukup melelahkan. Kamu akan dituntut untuk teliti dalam mengamati detail. Namun dari sini jugalah kamu bisa belajar untuk lebih teliti.

Banner Honeywellcarrers Bedaprogrammer
Jangan Keliru! Ini Perbedaan antara Hacker, Developer, dan Programmer
Apakah kamu salah satu yang suka salah pengertian antara hacker, developer dan programmer? Jika iya, nih Jaka kasih tahu perbedaannya. Simak hanya di JalanTikus!
LIHAT ARTIKEL

3. Meningkatkan Cara Berpikir Sistematis

4f1ef94578c769addff093a945981e95
Sumber foto: Foto: inc.com

Menulis kode program harus dilakukan secara berurutan. Jika urutan kode yang ditulis berantakan, bisa dipastikan program tidak akan berjalan. Kalaupun berjalan, output dari program tersebut pasti salah.

Dari sini, kamu akan belajar lebih dari sekedar bagaimana menulis kode program sesuai dengan urutannya. Kamu juga akan belajar tentang bagaimana cara berpikir secara sistematis dan terorganisasi. Kemampuan berpikir seperti ini tentu akan sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

4. Meningkatkan Kemampuan Problem Solving

F3e9f03ca9f2a97084693a74de86a3d2
Sumber foto: Foto: thebalance.com

Pada dasarnya, pemrograman adalah tentang menyelesaikan suatu masalah dengan memanfaatkan teknologi komputer. Namun, sebelum kamu bisa membuat program yang bisa menyelesaikan masalah, tentunya kamu harus tahu solusi dari permasalahan tersebut terlebih dahulu.

Seorang programer memang dituntut untuk kritis terhadap masalah dan aktif dalam mencari solusi pemecahannya. Kemampuan seperti ini tak hanya bermanfaat dalam membuat program saja. Dalam kehidupan sehari-hari, kemampuan problem solving juga akan membantumu menemukan solusi atas masalah yang sedang kamu hadapi.

Nah, itu dia hal-hal yang membuat kamu harus belajar programming. Selain bisa diterapkan dalam bidang teknologi, keterampilan yang didapatkan ketika belajar programming bisa diterapkan juga dalam kehidupan kamu sehari-hari. Bagaimana menurutmu? Tertarik belajar pemrograman? Ayo, share pendapat kamu di kolom komentar di bawah ini ya.

ARTIKEL TERKAIT
Banner Pbs Wikileakscia

Parah! Ini Data Rahasia HACKER CIA yang Bocor di Wikileaks

Aplikasi Dcoder Untuk Programer 2c6d6

Tidak Butuh Laptop, Kamu Bisa Jadi Programmer Andal Hanya Dengan Smartphone

Banner Nintendo Switchmasalah

Mau Beli Nintendo Switch? Waspada 10+ Masalah Cacat Produksi Ini!

Women Programmer

Inilah 5 Programmer Wanita Cantik Terkenal di Seluruh Dunia

Babe

Ajaib! Anak 7 Tahun Ini Jadi Programmer Termuda di Dunia

APPS TERKAIT
Programming Hub Icon
Programming Hub, Learn to code 3.2.1
Apps Neximo Labs
Aide Ide For Android Java C Icon
AIDE- IDE for Android Java C++ 3.1.3
Apps appfour
Dcoder Mobile Coding Platform Icon
Dcoder, Mobile Coding Platform 1.3.4
Apps Paprbit Technologies
20121226083641_98
Notepad++ 6.9.2
Apps Notepad++
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal