10 Alasan Kenapa Hacker Memilih Linux daripada Windows

31 July 2017

Pernah nggak kamu penasaran, kenapa Linux dianggap sebagai sistem operasi terbaik, dan banyak digunakan oleh hacker, programmer, developer, Geeks, dan lainnya? Penggunaan Linux memang tumbuh pada tingkat yang luar biasa dan mampu bersaing dengan sistem operasi populer seperti Windows atau OS X.

Sistem operasi yang 100% open source ini semakin populer karena dapat dimodifikasi tampilannya dengan melakukan kustomisasi baris kode dalam kernel Linux. Linux memiliki kemampuan grafis yang kuat, begitu juga alat-alat pendukungnya. Hanya dengan menggunakan barisan kode, kamu bahkan bisa membuat Linux melakukan hal-hal yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya.

10 Alasan Kenapa Hacker Memilih Linux Daripada Windows

Kekuatan dan fleksibilitas dari Linux inilah yang menjadikannya teman bermain bagi hacker. Mereka menggunakan, mempelajari, dan memahaminya dengan sangat dalam. Alasan mendasar hacker menggunakan Linux adalah karena kemampuan untuk melihat setiap baris kode Linux dan patch ketika masalah muncul. Lebih lanjut, inilah 10 alasan kenapa hacker memilih Linux daripada Windows.

1. Open Source

open source

Linux adalah sistem operasi yang 100% open source. Artinya, kode sumber Linux berada di ujung jari kamu. Kamu dapat dengan mudah memodifikasi kode sumber OS ini sesuai dengan kebutuhan. Ditambah lagi, sebagian besar aplikasi yang berjalan di sistem operasi ini juga open source dan sangat menguntungkan. Hampir semua aplikasi yang terdapat di Windows, ada alternatifnya di Linux.

2. Kompatibilitas

campabilitas

Sistem operasi ini mendukung banyak perangkat keras komputer dengan persyaratan hardware minimum. Linux juga telah digunakan di berbagai peralatan dari komputer pribadi, super komputer, bahkan smartphone.

3. Instalasi Mudah

instalasi mudah

Seiring dengan perkembangannya, sekarang sebagian besar distribusi Linux datang dengan program instalasi dan setup user-friendly. Waktu boot dari sistem operasi ini juga lebih cepat daripada beberapa sistem operasi lainnya.

4. Stabilitas

stabil

Komputer dengan OS Windows, biasanya membutuhkan reboot secara berkala agar tidak lemot. Namun, di Linux kamu tidak perlu repot-repot melakukan reboot untuk mempertahankan performa. Jadi, nggak perlu takut komputer bakal lemot.

5. Jaringan Komputer

networking-handal

Pada dasarnya, seorang hacker akan menerobos masuk ke dalam jaringan komputer. Di Linux, hacker bisa lebih efektif mengelola jaringan. Di Linux juga terdapat banyak perintah yang dapat digunakan untuk melakukan penetrasi jaringan. Selain itu, sistem operasi ini lebih andal untuk membuat backup jaringan yang lebih cepat daripada sistem operasi lain.

6. Multitasking

multitasking

Linux dirancang untuk melakukan banyak hal pada saat yang sama. Meskipun kamu membuka banyak aplikasi di latar belakang, hal itu tidak akan memperlambat pekerjaan lain. Ya, jauh lebih banyak pekerjaan yang dapat kamu lakukan di Linux.

7. Fleksibilitas dan Nggak Masalah Harddisk Hampir Penuh

flexibility

Meskipun harddisk kamu hampir penuh, Linux bisa terus bekerja dengan baik. Hal ini hampir mustahil bisa dilakukan oleh OS lainnya. Fleksibilitas Linux juga menjadi yang terpenting karena dapat digunakan sebagai aplikasi server berkinerja tinggi, aplikasi desktop, dan embedded systems.

8. Keamanan Lebih Unggul

Linux vs windows

Linux memiliki sistem keamanan yang lebih unggul daripada Windows. Dapat dikatakan, hampir semua pengguna Windows pasti pernah terkena virus, spyware, trojan, adware, dan lainnya. Hal ini hampir tidak pernah terjadi pada Linux. Sejak awal, Linux didesain multi-user. Apabila ada virus yang menjangkiti user tertentu, akan sangat sulit menjangkiti dan menyebar ke user yang lain. Maka, jika dilihat dari sisi maintenance data maupun perangkat keras tentu akan lebih efisien.

9. Dukungan Banyak Bahasa Pemrograman

programming

Linux memiliki banyak dukungan untuk bahasa pemrograman. Mulai dari C/C ++, Java, PHP, Ruby, Python, Perl dan banyak lagi. Jutaan baris kode yang telah ditulis untuk aplikasi Linux, biasanya juga dalam cara yang sangat modular. Hal ini memungkinkan untuk diintegrasikan ke dalam pekerjaan yang sangat beragam.

10. Tools Hacking yang Lengkap

aman

Sebagai hacker tentunya tak terlepas dari yang namanya kegiatan-kegiatan hacking dan cracking. Linux pun memiliki tools hacking yang sangat lengkap dan kemampuan aplikasinya juga bisa dibilang setingkat lebih canggih. Tools Hacking tersebut antara lain, John the Ripper, NMAP, Nessus, Wireshark, Etherape, Kismet, TCPDump, Firestarter, THC Hydra, dan Dsniff.

Nah, itulah alasan kenapa hacker memilih Linux daripada Windows atau OS lainnya. Masih banyak keunggulan-keunggulan dari Linux. Kamu dapat menggunakan Linux untuk berbagai keperluan. Ada banyak distro Linux yang tersedia. Kamu bisa pilih yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan kamu.

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar