J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Tempered Glass Tidak Sepenuhnya Melindungi HP, Masih Penting Beli Screen Protector?

Tempered Glass Tidak Sepenuhnya Melindungi HP, Masih Penting Beli Screen Protector?

Kamis, 13 Apr 2017, 17:00 WIB
Sebenarnya seberapa penting sih memasang screen protector di HP? Nih, Jaka kasih penjelasannya. Simak yuk!

Hal pertama yang biasa dilakukan oleh para pengguna Android ketika baru saja selesai membeli smartphone adalah membeli kelengkapan tambahan, salah satunya screen protector. Screen protector dipercaya dapat menjadi solusi untuk melindungi layar utama smartphone agar tidak mudah pecah atau tergores.

Tidak hanya itu saja, screen protector juga dianggap dapat melindungi layar smartphone dari debu dan pasir serta partikel-partikel kecil lainnya yang dapat merusak layar smartphone dan mengurangi keindahan tampilan smartphone yang baru saja kalian beli. Namun, seberapa pentingkah screen protector tersebut? Sebenarnya seberapa besar pengaruh screen protector pada perlindungan layar smartphone kalian? Nah, sebelum kalian membeli screen protector, sebaiknya simak dulu penjelasan Jaka ini ya.

BACA JUGA
  • 8 Cara Membuat Layar Smartphone yang Tergores Jadi Baru Lagi
  • Perlu Gak Sih Pakai Anti Gores di Smartphone? Ini Jawabannya!
  • 10 Cara Merawat Layar Smartphone Agar Selalu Terlihat Seperti Baru

Tempered Glass Tidak Sepenuhnya Melindungi HP, Masih Penting Beli Screen Protector?

1. Perlukah Screen Protector?

Fa8a0fa2dccd0d9bcfca37e4567d1f7c
Sumber foto: Foto: lifehacker.com

Sebelum membeli screen protector, hal pertama yang wajib kalian pertimbangkan adalah seberapa perlu kalian membeli screen protector? Sekedar mengingatkan, kalau smartphone yang kalian beli dilengkapi dengan layar jenis Gorilla Glass atau Dragontrail, dari segi fisik tergolong sangat keras dan tahan terhadap goresan. Tapi bukan berarti tidak memerlukan screen protector.

Jika memang kalian punya uang lebih, membeli screen protector sebagai perlindungan tambahan menjadi pilihan yang baik. Namun pastikan kalian membeli screen protector berkualitas, bukan yang murahan.

2. Screen Protector Plastik VS Tempered Glass

Dalam memilih screen protector, kalian akan sering menemui dua jenis screen protector yaitu screen protector berbahan plastik dan tempered glass. Screen protector berbahan plastik umumnya bisa kalian dapatkan di berbagai toko dengan harga murah dan pemasangannya pun cukup ditempelkan pada layar smartphone kalian.

Tentunya kebanyakan orang akan tertarik dengan jenis ini karena faktor harga yang jauh lebih murah dan dianggap memiliki manfaat yang sama dengan jenis tempered glass.

Nah, di sinilah letak kesalahan kalian. Screen protector berbahan plastik itu sama sekali berbeda dari segi kualitas dengan tempered glass. Screen protector berbahan plastik jelas jauh lebih tipis dan mudah melengkung pada bagian ujung ketika sering terkena cahaya matahari, sedangkan tempered glass jauh lebih tebal dan mampu melindungi layar smartphone kalian dari risiko retakan ketika smartphone jatuh.

3. Apa Sebenarnya Tempered Glass Itu?

5e9de0c6f8f2d37233578de02eca4229
Sumber foto: Foto: alicdn.com

Screen protector jenis tempered glass merupakan sebuah pelindung layar smartphone yang dibuat dari bahan kaca yang diperkuat. Proses penguatan kaca ini dilakukan dengan memanaskan kaca tersebut dan dibentuk seperti lembaran kertas, kemudian langsung didinginkan secepatnya sehingga menghasilkan lembaran kaca tipis yang sangat kuat.

Kelebihan dari tempered glass sendiri adalah bentuknya yang tidak akan mengalami perubahan ketika terkena sinar matahari dan tingkat kepadatannya. Selain itu, tempered glass juga jauh lebih mudah ketika dilepaskan, sementara screen protector jenis plastik umumnya akan meninggalkan bekas pada layar ketika dilepaskan.

Masalah Layar Smartphone Android Dan Cara Mengatasinya
Cara Mengatasi Layar Smartphone Android yang Bermasalah
saat layar smartphone kamu bermasalah, segera cari tau bagaimana cara mengatasi layar smartphone Android yang bermasalah
LIHAT ARTIKEL

4. Bisakah Tempered Glass Bengkok?

Ketika kalian memegang lembaran tempered glass yang kalian beli, mungkin sebagian dari kalian akan berpikir kalau tempered glass ini akan bengkok ketika ditekan dengan keras. Jawabannya tentu saja bisa, tapi tentunya jika dibandingkan dengan bahan plastik, tempered glass mampu menahan tekanan yang lebih besar dibandingkan dengan plastik.

Seperti pada video berikut ini, sejumlah orang menguji kelenturan tempered glass dan memang untuk membuat tempered glass ini bengkok, dibutuhkan tenaga ekstra.

5. Apa Maksud 9H Hardness Pada Label Tempered Glass?

2ab948d63de13e49c65e1caf92103907
Sumber foto: Foto: laabai.lk

Ketika kalian membeli tempered glass untuk digunakan pada smartphone kalian, pastinya kalian akan sering melihat tulisan 9H Hardness pada label kemasan tempered glass tersebut. Pertanyaannya, apa maksud dari tulisan 9H Hardness ini?

9H Hardness merupakan ukuran pengujian tingkat kekerasan Mohs. Tulisaan 9H Hardness ini merujuk pada pensil 9H (pensil terkuat dan terkeras) yang digunakan untuk menguji ketahanan suatu tempered glass dengan cara menggores permukaan tempered glass tersebut. Jika nantinya tempered glass yang diuji dengan pensil 9H tidak mengalami goresan, maka tempered glass tersebut akan diberi label 9H Hardness.

Selain 9H Hardness, ada juga tulisan Military Grade Protection yang akan membuat kalian berpikir bahwa tempered glass yang kalian beli tersebut sangatlah keras, padahal sebenarnya kalimat tersebut hanyalah bahasa marketing belaka.

6. Tempered Glass Tidak Sepenuhnya Melindungi Smartphone

3f403a19d0f40af46a48b107b29fd42e
Sumber foto: ]Foto: cnet.com

Meskipun tempered glass tergolong merupakan pilihan yang sangat baik untuk melindungi layar smartphone kalian, sebenarnya tempered glass tidak sepenuhnya melindungi layar smartphone karena pada dasarnya tempered glass hanya menutupi bagian atas layar.

Jika smartphone kalian jatuh dengan kondisi sudut smartphone menyentuh tanah terlebih dahulu, kemungkinan besar baik layar maupun tempered glass yang kalian gunakan akan langsung retak bersamaan pada bagian sudut.

Itulah tadi beberapa hal yang patut kalian ketahui sebelum membeli screen protector. Semoga bermanfaat! Saran Jaka, pastikan kalian membeli screen protector yang berbahan tempered glass. Meskipun lebih mahal, tapi tempered glass memiliki kualitas yang jauh lebih baik dibandingkan plastik dan tentu saja dapat melindungi smartphone kalian dari benturan dan retakan.

ARTIKEL TERKAIT
Banner Shutterstock Pclistrik

Begini Kerusakan PC Karena Mati Listrik Terlalu Sering

Banner Shutterstock Ssdturun

Tahun 2018 Harga SSD Turun Tajam Hingga 50%! Benarkah?

Banner Techradar Bitcoin5tahun

Ini Perkembangan Bitcoin 5 Tahun Terakhir, Yakin Nggak Mau Invest?

Banner Jalantikus M650

Review SteelSeries APEX M650: Ini Baru Profesional!

Banner Wdognet Prosesor128

Karena Alasan Ini Prosesor 128 Bit Tidak Akan Pernah Ada

Tags Terkait:

APPS TERKAIT
Glas Icon
Glass Skin Pack 1.0
Apps Skin Pack
Az Screen Recorder Logo Cd1e3
AZ Screen Recorder - No Root 5.5.8
Apps AZ Screen Recorder
Scr Screen Recorder
SCR Screen Recorder Pro 2.2.0.0
Apps Iwo Banas
Ios 9 Lockscreen Apk Icon
Lock Screen IOS 9 - iPhone 7 2.6
Apps AppPro IOS Studio
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal