7 Adegan Film dengan Biaya Termahal, Buat Bayar Artis?

Default

Film yang laris dan ditonton oleh jutaan masyarakat tentu memerlukan proses produksi yang nggak mudah.

Biaya produksi film terkenal pun pasti menghabiskan biaya yang nggak sedikit, apalagi kalau film tersebut dibintangi artis papan atas.

Tapi, ternyata ada juga film yang mengeluarkan bujet fantastis hanya untuk satu adegan saja lho. Apa saja kira-kira?

Adegan Film dengan Biaya Termahal

Biaya produksi yang mahal biasanya dihabiskan untuk keseluruhan film. Hal ini juga sering kali terjadi pada film box office terlaris.

Tapi, ada juga film yang menghabiskan biaya sangat mahal hanya untuk satu adegan saja. Biaya adegan itu bahkan menghabiskan sebagian besar dari keseluruhan biaya produksi filmnya. Gokil!

1. Avengers: Endgame

Avengers Endgame D7ee2

Sutradara film Avengers: Endgame, Joe Russo dan Anthony Russo mengakui adegan pemakaman Tony Stark menghabiskan biaya fantastis. Bahkan, adegan pemakaman Tony Stark dalam film superhero ini diyakini sebagai adegan syuting termahal dalam sejarah sinematik.

Total keseluruhan biaya produksi film yang mencapai USD356 juta (Rp5,95 triliun) itu ternyata sebagian besar dihabiskan untuk satu adegan tersebut, geng.

Russo bersaudara pun yakin syuting untuk adegan pemakaman Tony Stark merupakan yang termahal dalam hal gaji pemainnya saja.

2. I Am Legend

I Am Legend 5b2a5

Film yang dibintangi Will Smith ini memiliki adegan yang cukup banyak memakan biaya produksi, yakni adegan evakuasi penduduk menyeberangi jembatan Brooklyn di New York.

Proses syuting adegan evakuasi besar-besaran tersebut dilakukan selama 6 malam. Adegan ini melibatkan 14 agen di Pemerintah AS, 250 kru, dan 1.000 figuran.

Adegan yang berlangsung sekitar 5 menit tersebut pun bisa saja menggunakan efek CGI. Alhasil, adegan ini menghabiskan dana sekitar USD5 juta (Rp83,6 miliar).

3. Superman Returns

Superman Returns 56561

Superman Returns memiliki adegan yang mungkin belum pernah kamu lihat dalam filmnya alias deleted scene.

Adegan itu menampilkan Brandon Routh sebagai Superman yang kembali ke planet asalnya, Krypton, dengan pesawat khusus berbentuk seperti bintang.

Adegan yang nggak ada dalam versi penayangan di bioskop dan hanya ada di versi Blu-Ray ini menghabiskan dana sampai USD10 juta (Rp167 miliar), lho!

4. Swordfish

Swordfish 463a3

Film arahan Dominic Sena ini memiliki salah satu agedan dengan biaya produksi yang terbilang cukup tinggi, geng. Yakni pada scene saat sebuah helikopter yang mencengkram dan membawa sebuah bus terbang mengitari kota Los Angeles.

Adegan pada film action yang dibintangi John Travolta, Hugh Jackman dan Halle Berry itu pun menghabiskan bujet hingga USD13 juta (Rp217 miliar), geng.

5. Titanic

Titanic 36957

Film yang di sponsori oleh Paramount Pictures dan 20h Fox Century ini menghabiskan dana sangat banyak, geng. Sebab, semua benda mulai dari kapal Titanic hingga seluruh perabotnya dibuat sedemikian rupa agar terlihat sangat mirip dan detail.

Setting tempat yang sebenarnya kolam di studio pun dirancang sedemikian rupa untuk membuat efek yang begitu nyata seperti di tengah samudera.

Pembuatan film Titanic pun menelan biaya hingga USD200 juta (Rp3,3 triliun) pada akhir produksinya. Dari total tersebut, sebesar USD20 juta (Rp334 miliar) di antaranya digunakan untuk membangun studio tersebut.

6. The Matrix Reloaded

The Matrix Reloaded Fd892

Geng, masih ingat dengan adegan Neo harus berkelahi dengan banyak sekali kloningan dari Agent Smith dalam film kedua The Matrix?

Syuting adegan ini membutuhkan bantuan CGI dan special effect yang banyak. Bahkan, film ini juga melibatkan banyak stunt man untuk menampilkan kloningan Agent Smith.

Proses pengerjaannya pun cukup lama, yakni selama 27 hari. Adegan Agent Smith Fight Scene sendiri hanya berdurasi sekitar 17 menit. Adegan yang memakan biaya hingga USD40 juta (Rp668 miliar) ini pun berhasil mengantarkan The Matrix Reloaded dalam meraih kesuksesan Box Office, geng.

7. Pearl Harbour

Pearl Harbour 6b758

Salah satu adegan dalam film Pearl Harbour, yakni serangan Jepang terhadap Pearl Harbour ternyata menghabiskan banyak biaya dalam produksinya.

Pasalnya adegan ini membutuhkan 12 tim kamera, 700 batang dinamit, 610 meter tali, 4.000 galon bensin, dan 6 kapal perang asli milik Angkatan Laut AS untuk diledakkan.

Proses syuting untuk adegan ini pun menghabiskan waktu hingga satu bulan setengah untuk mempersiapkan ledakan dengan 500 bom di setiap kapalnya, geng.

Adegan di film action ini pun menghabiskan biaya produksi hingga USD55,5 juta (Rp 927 miliar) meski hanya tampil selama 12 detik dalam filmnya.

Akhir Kata

Itu tadi beberapa adegan film yang diproduksi dengan biaya fantastis. Mahalnya biaya pada adegan tersebut pun membuahkan hasil yang sepadan.

Selain adegan tadi, film apa lagi yang memiliki adegan termahal, geng? Yuk, share di kolom komentar!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Tia Reisha

ARTIKEL TERKAIT
Klise Film Horror Yang Bodoh Main Img 0bd47
10 Adegan Gak Masuk Akal yang Selalu Ada di Film Horor, Klise Abis!
Poster Dune 29f19
30+ Film Action Terbaik & Terbaru 2021, Seru dan Menegangkan!
Banner Film Merinding
10 Film HORROR Ini Bisa Bikin Kamu MERINDING Dalam 14 Detik!
Saw
10 Film Horor Ini Menginspirasi Pembunuhan Nyata
Film Holywood Berdasarkan Kisah Nyata 74f20
10 Film Hollywood Berdasarkan Kisah Nyata | No. 9 Ngerampok Rumah Artis Paris Hilton!
Anime Unsur Indonesia Bannerx 2ec5e
11 Anime dengan Unsur Indonesia, Ada Adegan Dialog Bahasa Indonesia!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal