J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

8 Hal Terlarang Ini Haram untuk Kamu Lakukan di Facebook

8 Hal Terlarang Ini Haram untuk Kamu Lakukan di Facebook

Rabu, 12 Jul 2017, 11:15 WIB
Tidak bisa dipungkiri, Facebook pasti masih menjadi tempat yang memudahkan kamu dalam berekspresi. Tapi ingat, ini 8 hal yang jangan kamu posting di Facebook!

Saat senang, sedih, mengalami hal lucu hingga melaporkan kegiatan yang sedang atau akan dilakukan pasti pernah kamu posting di Facebook. Tidak bisa dipungkiri, Facebook pasti masih menjadi tempat yang memudahkan kamu dalam berekspresi.

Namun perlu diingat Facebook bisa memancing hal-hal yang tidak kamu inginkan terjadi. Maka, membatasi diri dengan tidak memposting hal-hal terlarang d Facebook sangatlah penting.

BACA JUGA
  • Jangan Posting 4 Hal Ini di Facebook Milikmu!
  • Facebook Menggunakan Emoji Unyu Bergerak Sebagai Ganti DISLIKE, Bagaimana Hasilnya?
  • Begini Cara Mewariskan Akun Facebook Jika Kamu Meninggal

8 Hal Terlarang untuk Kamu Posting di Facebook

Jangan asal posting di Facebook, soalnya tidak semua orang di Facebook adalah orang yang kamu kenal. Makanya, jangan pernah postinga 8 hal ini di Facebook ya!

1. Mencantumkan alamat rumah

Optimize Facebook Page 03

Yakin kamu kenal semua teman Facebook kamu? Hati-hati, bisa saja ada orang lain yang menggunakan data teman kamu di Facebook. Jadi, jangan sembarangan mencantumkan alamat lengkap rumah kamu di Facebook. Menakutkan bukan jika ada orang yang tidak dikenal menyusup ke rumah kamu? Dan sebaiknya hindari untuk check-in lokasi rumah kamu.

2. Saat meninggalkan rumah

Sebelum berangkat ke suatu tempat, kamu mungkin ingin pamer dengan menulis status: "Siap-siap pergi ke Gili Trawangan bareng pacar". Pasti bikin temanmu iri kan? Ditambah lagi, kamu check-in pas sampai di lokasi, pasti teman kamu tambah misah-misuh ngiri!

Shutterstock265632686

Meski asyik, tapi hal itu bisa saja memancing seseorang berbuat hal yang tidak kamu inginkan saat tahu kamu tidak ada di rumah. Karena belum tentu kamu kenal semua orang di Facebook kamu, bukan? Jadi, hati-hati jangan sampai memberitahukan orang lain di Facebook bahwa kondisi tempat tinggalmu kosong.

3. Jangan mencantumkan nomer telepon

Dengan alasan apa memasang nomer telepon kamu di Facebook? Akan sangat aman jika kamu tidak pernah mencantumkan nomer telepon kamu, baik itu di profil atau di posting-an. Karena bisa saja ada sindikat yang mengumpulkan informasi nomer telepon, lalu menggunakannya sebagai sasaran kejahatan cyber atau dijadikan bahan untuk pemasaran. Pasti sangat terganggu juga jika banyak nomer baru yang menghubungi kamu bukan?

4. Jangan sembarangan curhat

Pernah kesel dengan bos? Atau kesal sama temen? Hati-hati jangan sampe mem-posting-nya di Facebook dengan jelas-jelas menyebutkan nama atau jabatan. Curhatan kamu di Facebook bisa jadi memberatkan posisi kamu di kehidupan nyata.

Headphonesconfessions

Karena bukan tidak mungkin walau pun tidak berteman dengan bos atau teman kamu, tapi siapa tahu teman kamu kenal dengan bosmu bukan? Pikir lagi deh kalo mau buat pengakuan di Facebook.

5. Status hubungan kamu

Facebook Relationship Status

Apa sih untungnya memberitahukan orang lain di Facebook kalo kamu berpacaran dengan si A? Lalu setelah putus mengubahnya jadi single di Facebook juga? Selain bisa memancing bahan olokan, dengan mencantumkan status hubungan di Facebook juga beresiko besar terhadap orang berbuat jahat kepada kamu. Pernah gak terpikir, bisa saja orang yang gak suka kamu melampiaskan kekesalannya ke pacar kamu? Jadi, baiknya biarkan kolom status hubungan di Facebook kosong.

6. Tempat dan tanggal lahir lengkap

Facebook Hide Age03

Siapa yang tidak suka dengan banyak ucapan dan doa di hari ulang tahun? Facebook memudahkan teman-teman kamu memberikan ucapan dan doa. Tapi, ada risiko yang mengincar kamu jika mencantumkan tempat dan tanggal lahir di Facebook. Sadar gak bahwa hampir setiap layanan keamanan yang kamu gunakan menggunakan data tempat dan tanggal lahir? Hati-hati, bisa saja ada yang mengumpulkan informasi tersebut untuk membobol keamanan kamu. Jadi sebaiknya tanggal lahir tidak perlu dicantumkan dengan lengkap.

7. Foto yang tidak pantas

Fd41d7adef6c6ce13c6a9f95bdfeef2a600x

Kamu pasti menyadari dampak yang ditimbulkan dari memasang foto yang (pornografi, vulgar, penghinaan) tidak pantas di Facebook. Berkaca dari berbagai kasus, memasang foto yang tidak pantas di Facebook banyak memancing tindakan yang merugikan pengguna. Perlu diingat bahwa foto yang kamu pasang di Facebook bisa dilihat oleh banyak orang, dan orang lain bisa menyimpan bahkan bisa menyebarkannya.

8. Berbagi password

Password Incorrect

Di era Internet of Things (IoT), password menjadi barang yang menjadi keharusan untuk dimiliki dalam melindungi data yang dimiliki pengguna. Hati-hati, jangan sampai membagikan password apa pun yang kamu miliki di Facebook. Bahkan, jangan sampai sekali pun membagikan petunjuk yang mengarah ke password kamu, meski kamu yakin bahwa password-mu kuat.

Berbagi password dengan teman atau pacar pun harus kamu hindari. Karena kamu tidak pernah tahu kapan mereka berbuat hal yang tidak kamu inginkan, bukan? Hayooo, apa kamu berbagi password dengan pasangan kamu?

Bersikap Wajar Demi Keamanan

Facebook memang asyik untuk berekspresi dan berkomunikasi. Tapi hati-hati dalam mencantumkan informasi-informasi sensitif di atas. Bersikaplah wajar dalam mencantumkan apa pun di Facebook, dan pastikan kamu telah memikirkan apa yang akan kamu posting tersebut.

Apa kamu pernah melakukan hal-hal tersebut di Facebook? Mulai sekarang, ayo berhati-hati demi keamanan kamu sendiri.

ARTIKEL TERKAIT
Male Female

Cara Mengetahui Jenis Kelamin Komputer Kamu (Pria atau Wanita)

Idoser

HEBOH I-Doser, NARKOBA Digital yang Bisa Di-download, Berbahayakah??

Screenshot 2015 10 15 145127

DUEL OTAK, Buktikan Apakah Kamu Atau Temanmu Yang Lebih Pintar!

Keyword Youtube

Ssst, Ini Dia Keyword TERLARANG di YouTube!

APPS TERKAIT
Facebook Logo 3e2fc
Facebook 259.0.0.36.115
Apps Facebook, Inc.
Facebook Messenger Icon
Facebook Messenger For Android
Apps Facebook, Inc.
Facebook Home Icon
Facebook Home 1.3
Apps Facebook, Inc.
Facebook Lite Icon Icon
Facebook Lite 197.1.0.17.125
Apps Facebook, Inc.
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
10 Alasan Kenapa Kamu Harus Berhenti Menggunakan Facebook

10 Alasan Kenapa Kamu Harus Berhenti Menggunakan Facebook

10 Cara Ini Dilakukan Facebook Untuk Memata-matai Kita

10 Cara Ini Dilakukan Facebook Untuk Memata-matai Kita

Cara Telpon Gratis Lewat Internet Menggunakan Facebook Messenger

Cara Telpon Gratis Lewat Internet Menggunakan Facebook Messenger

17 Fakta Menarik Seputar Facebook

17 Fakta Menarik Seputar Facebook

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal