• NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Game Bola di PS1 yang Bikin Kangen, Anak 90-an Pasti Pernah Main!

7 Game Bola di PS1 yang Bikin Kangen, Anak 90-an Pasti Pernah Main!

00
Selasa, 15 Okt 2019, 16:00 WIB
Bagi Jaka, 90-an itu didefinisikan oleh dua hal, geng, PS1 dan Piala Dunia 98. Di sini, Jaka mau share 7 game bola PS1 yang bikin kangen.

Sebagai orang yang lahir di awal tahun 90-an, pengalaman World Cup Jaka yang pertama itu jatuh di tahun 1998.

Jaka yang dulu sebenarnya biasa aja akhirnya jadi rajin nonton pertandingan sepakbola karena terbawa suasana.

Dulu itu juga masa-masanya PS1 lagi berjaya, geng, jadi kalau lagi kumpul bareng teman, ujung-ujungnya main game bola juga.

7 Game Bola PS1 yang Bikin Kangen

Kalau menyangkut game bola, yang terbaru itu nggak selalu yang terbaik, geng, apalagi sekarang, di mana tiap tahun pasti keluar yang baru lagi.

Memang kalau soal penampilan, game-game jaman PS1 itu bikin mata sakit kalau dimainkan sekarang, tapi banyak game tersebut yang tetap spesial bagi Jaka.

Namanya nostalgia memang pasti agak nggak masuk akal, geng, tapi bukan berarti game yang akan Jaka sebut di sini kualitasnya buruk loh.

Buat yang sudah penasaran dengan sepenggal masa lalu Jaka, langsung baca aja, geng, 7 game bola PS1 yang bikin kangen!

1. Winning Eleven 4/ISS Pro Evolution

WE 45 7b44b

Kedua game ini sebenarnya sama, geng, tapi Winning Eleven (WE) 4 adalah nama untuk versi Jepang dan ISS Pro Evolution untuk yang bahasa Inggris.

Dari namanya sudah ketebak kalau ini adalah game keempat dari seri WE atau yang sekarang disebut Pro Evolution Soccer (PES).

Tapi, WE4 itu spesial karena menandakan kemunculan pertama dari mode Master League, geng, di mana kamu bisa membangun tim impianmu dari 0.

Di sini, Master League masih minim dibandingkan sekarang, tapi mode ini membuat WE4 tetap asik dimainkan sendiri.

2. FIFA 98

FIFA 98 36cb8

Waktu jaman PS1, pilihan game bola kelompok pertemanan Jaka biasanya jatuh di seri WE, tapi FIFA 98 itu game pertama yang berhasil merayu Jaka, geng!

FIFA 98 itu game resmi Piala Dunia 1998 dan alhasil, hampir semua negara yang ikut kualifikasi Piala Dunia masuk di game ini, termasuk Indonesia, geng!

Game besutan EA ini juga memiliki mode Indoor 5v5 mirip futsal yang nggak kalah heboh dibandingkan mode Piala Dunia, geng.

Yang aneh, FIFA 98 mengizinkan kamu untuk melakukan sliding tackle terhadap kiper lawan yang akan langsung berujung di kartu merah.

Tapi, geng, hal yang paling Jaka suka adalah lagu Song 2 dari Blur yang menjadi lagu tema dari game ini dan salah satu lagu favorit Jaka sepanjang masa.

3. LiberoGrande

LiberoGrande F5ded

Kalau sekarang pilihan game bola hanya terbatas di PES dan FIFA saja, dulu banyak alternatif dan salah satunya adalah LiberoGrande.

Dibuat oleh Namco, LiberoGrande ialah game yang unik karena kamu hanya mengendalikan satu pemain dengan tampilan kamera yang terfokus di satu pemain saja.

PES dan FIFA sekarang memiliki mode yang mirip, tapi di jaman PS1, cuma LiberoGrande yang memiliki mode seperti ini.

Di sekuelnya, kamu juga bisa bermain sebagai kiper yang sayangnya memang agak membosankan, geng.

4. Super Shot Soccer

Super Shot Soccer D4e85

Dibandingkan game bola di atas, Super Shot Soccer =merupakan game yang agak nyeleneh, geng, tapi itu justru yang bikin game ini heboh.

Tipe sepak bola yang diusung di sini berbasis di khayalan, geng, karena tiap negara memiliki kemampuan spesial berdasarkan budaya negaranya.

Sebagai contoh, kiper Jerman memiliki kemampuan untuk berubah menjadi Tembok Berlin dan pemain Amerika Serikat bisa berubah menjadi Patung Liberty!

Konsepnya memang mirip dengan film sepakbola Shaolin Soccer yang dirilis beberapa waktu sebelum game ini.

5. Sensible Soccer

Sensible Soccer 4057d

Menurut bahasanya, kata sensible itu artinya masuk akal, tapi ada beberapa hal di Sensible Soccer yang agak nggak masuk akal, geng!

Walau nggak seheboh Super Shot Soccer, namun ada beberapa elemen di game ini yang memang produk dari imajinasi yang aktif, geng.

Yang pertama adalah fitur aftertouch di mana kamu bisa mengatur pergerakan bola setelah ditendang untuk menciptakan 'tendangan pisang' dengan level ekstrim.

Sensible Soccer juga lumayan terkenal gara-gara level sliding tackle di game ini yang digambarkan dengan berlebihan.

Dalam masalah grafis, game ini memang agak kurang dengan pandangan kamera top down dan model karakter yang kasar, tapi soal gameplay nggak usah diragukan, geng!

6. This is Football

This Is Football 9fa8e

Kalau game yang ini agak kurang terkenal dibandingkan game sepakbola lainnya, geng, tapi Jaka ingat game ini sempat terkenal karena satu fitur unik.

This is Football adalah game bola pertama yang mengizinkan pemain untuk melakukan diving yang membuat game ini sangat menarik.

Kalau menurut Jaka, sepertinya Neymar waktu kecil kebanyakan main ini, geng, makanya besarnya jadi seperti itu.

7. Captain Tsubasa J: Get in the Tomorrow

Captain Tsubasa J 9bc73

Buat kalian yang dulu kerjaannya pas pulang sekolah adalah nonton anime Kapten Tsubasa, pasti sudah kenal sama game yang satu ini.

Seperti namanya, Captain Tsubasa J: Get in the Tomorrow adalah game yang merupakan adaptasi dari anime klasik 90-an yang berjudul sama.

Seperti Super Shot Soccer, karakter di sini memiliki kekuatan spesial yang bisa dikeluarkan menggunakan kombinasi tombol selayaknya game fighting.

Sayangnya, game ini tidak tersedia dalam bahasa Inggris, geng, jadi kalian harus nonton anime-nya untuk mengerti jalan cerita game ini.

Akhir Kata

Apalah umur kalau bukan cuma sekedar angka, geng? Meskipun sudah berumur 20 tahun, game-game di atas kualitasnya nggak kalah dengan PES dan FIFA terbaru.

Makanya, geng, menyambut SEA Games bulan depan, mungkin kalian bisa coba game-game klasik PS1 di atas kalau sudah bosan dengan FIFA atau PES.

Apa kalian punya kenangan tersendiri dengan game diatas, geng? Atau kalian punya rekomendasi lain? Share di komentar ya, geng!

Baca juga artikel seputar Game atau artikel menarik lainnya dari Fikri Harish

ARTIKEL TERKAIT
Game Futsal Android Terbaik Banner 755bb

10 Game Bola Futsal Offline Terbaik di Android 2019!

Game Bola Offline Banner A7c5c

15 Game Bola Offline Terbaik, Gratis Tanpa Sedot Kuota!

Fifa Vs Pes Eab83

10 Meme Kocak Perbandingan FIFA vs PES dari Tahun ke Tahun

6f7299464ed95bfe4e5babc3ae1c80ff

5 Hal Ini PASTI Bikin Penggemar FIFA Beralih 100% Ke PES, Termasuk Kamu?

Fakta Komentator Pes Banner

Fakta Sebenarnya di Balik Sosok Komentator Game PES yang Legendaris

Game Bola Android Bannerx 24f32

15 Game Sepakbola Terbaik 2019 di HP Android! (Wajib Main)

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal