J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Cara Agar Tidak Kena Hack Saat Internetan

7 Cara Agar Tidak Kena Hack Saat Internetan

Sabtu, 8 Okt 2016, 17:00 WIB
7 tips langkah mudah untuk menjaga informasi pribadi kita di internet. Dengan mengikuti tips ini kamu dapat mengurangi resiko dari ancaman hacker.

Banyak hal yang bisa kita kerjakan di internet, seperti misalnya membeli barang, transaksi perbankan, chat dengan teman, aktif di sosial media, blogging, dan lain sebagainya. Semua hal itu sudah menjadi kebutuhan bagi manusia, karena saat ini dunia internet sudah menjadi dunia yang kedua bersandingan dengan kehidupan di Bumi.

Seperti layaknya di dunia nyata, di internet juga banyak sekali orang yang melakukan aktifitas dan kegiatan, ada banyak kepentingan yang harus orang-orang kerjakan di internet, begitu pula tentang kejahatannya, ada banyak sekali jenis cyber crime yang dilakukan di internet. Ada banyak penipuan, pencurian data, memanipulasi sistem, merusak sistem, dan kejahatan lainnya yang kadang tanpa kita sadari itu terjadi kepada kita sendiri.

Berikut ini ada 7 tips langkah mudah untuk menjaga informasi pribadi kita tetap aman di internet. Dengan mengikuti tips ini dapat mengurangi resiko informasi pribadi kita digunakan secara ilegal oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

BACA JUGA
  • Begini Cara Mengamankan Akun di Internet dari Serangan Hacker
  • Cara Hack Facebook Orang Lain Terbaru 2020 & Tips Mencegahnya!
  • 10 Aplikasi Hacker PC di Windows yang Paling Canggih Saat ini!

7 Cara Agar Tidak Kena Hack Saat Internetan

1. Bijak di Sosial Media

B6a1c5e5a1307a33baefe2540617efd3

Media sosial mungkin dianggap menjadi tempat yang aman untuk membagikan hal-hal yang bersifat sangat pribadi dari diri kita, tetapi bagi pengguna aktif media sosial seharusnya lebih waspada dengan apa yang sudah dibagikannya tersebut. Misalnya informasi yang dianggap tidak berbahaya seperti tanggal ulang tahun, atau alamat rumah, alamat kantor, semua informasi itu bisa saja dipakai dan digunakan oleh penjahat internet untuk aktifitas tertentu yang bisa saja merugikan dirimu.

Untuk menyiasati hal tersebut, maka caranya cukup dengan mengubah setelah kemanan pada akun sosial media, ubah menjadi private untuk akun selain teman, jangan mudah terima akun asing yang mengirimi permintaan pertemanan, serta tetap waspada dengan kegiatan-kegiatan yang mencurigakan.

2. Waspada Saat Transaksi Online di Internet

2bcb39f8f2087e3379d6a8f93bd2022d

Waspada ketika melakukan kegiatan apapun di internet, apalagi kegiatan yang termasuk transaksi, misalnya transaksi yang menggunakan internet banking, kartu kredit, dan lain-lain, pastikan cek website tersebut sebelum melakukan kegiatan login karena ada banyak web phising yang digunakan untuk penipuan.

Kemudian jangan bertransaksi online menggunakan jaringan publik seperti WiFi kafe atau warnet karena rawan ada yang menggunakan keylogger untuk mencuri data kita. Pastikan website yang kita gunakan untuk transaksi sudah menggunakan protokol "https", tidak hanya "http".

3. Gunakan Cloud Untuk Back-up

5bf868d49ee393ed12ac0dacba2714f5
Walaupun bukan merupakan kewajiban namun akan lebih baik lagi jika semua data yang kita punya kita cadangkan di cloud. Teknologi cloud merupakan teknologi komputasi awan yang digunakan untuk meletakan data atau file apapun di internet secara lebih aman. Saat ini ada perusahaan yang menguasari pasar teknologi cloud seperti Microsoft dan Amazon yang sudah memiliki banyak client.

Sebagian besar client berasal dari instansi-instansi penting seperti pemerintahan, rumah sakit, dan lain-lain. Sebagian besar perusahan-perusahaan sekarang telah menyimpan file yang penting mereka di cloud. Selain aman, menyimpan file di cloud dapat menghemat biaya dan tempat.

4. Factory Reset dan Drive Wiping

F9c279e9d0ae16208257a45f27f46d6e
Fitur factory reset digunakan untuk mengembalikan perangkat ponsel seperti semula, sedangkan drive wiping digunakan untuk membersihkan file yang pernah terhapus dan file lainnya yang sifatnya history dan junk secara permanen.

Hal ini penting jika kita akan menjual atau membuang perangkat gadget yang kita punya. File yang hanya dihapus dengan fitur delete biasa suatu saat masih bisa dikembalikan menggunakan aplikasi tertentu. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh pihak tertentu yang tidak bertanggung jawab.

5. Matikan Bluetooth dan WiFi Ketika Tidak Digunakan

7e999cb8af0490f521eaa1b1c3f46c6b

Perangkat WiFi dan Bluetooth bisa digunakan sebagai akses tindak kejahatan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Maka dari itu matikan Bluetooth dan WiFi jika tidak lagi digunakan. Gunakan VPN jika akan mengakses WiFi publik.

Seperti yang kita ketahui bahwa Bluetooth dan WiFi bisa dipakai untuk melakukan kegiatan berbagi antar komputer dan hal ini bisa dimanfaatkan untuk tindakan yang merugikan orang lain jika dimanfaatkan oleh orang yang memiliki niat jahat.

6. Proteksi Password

0410330bd1da018e02bfb08efc03598c

Meski tidak wajib, gunakan password generator untuk membuat password. Hal ini agar password tidak mudah ditebak meskipun oleh rekan dekat kita sendiri. Jika tidak menggunakan password generator, pastikan untuk tidak menggunakan password yang mudah ditebak seperti tanggal lahir, nama ibu, nama pacar, atau nama-nama yang tidak asing bagi kita.

Gunakan batasan jika berkali-kali melakukan kesalahan saat memasukan password. Juga gunakan pemulihan sandi yang berupa pertanyaan. Hal ini sangat efektif untuk memperkuat akun personal kita di internet lebih aman.

7. Gunakan Dua Langkah Otentikasi

Df364158482549a89bd397c42a655cc4

Saat ini perusahaan besar seperti Google, Facebook, dan Paypal, sudah memberikan penawaran untuk menggunakan 2 langkah otentikasi. Jadi fitur dua langkah otentikasi ini memaksa pengguna untuk memasukkan kode yang dikirimkan ke perangkat mobile untuk bisa masuk ke halaman akun pengguna atau memasukan email alternatif atau yang lainnya.

Jadi jika ada seseorang yang mencoba login ke akun kita dari perangkat yang tidak dikenal, maka perlu menggunakan verifikasi tambahan. Kita juga dapat melihat jika ada aktifitas login dari lokasi tertentu yang tidak kita kenal. Dengan metode ini maka keamanan akun kita akan semakin lebih aman.

Tidak ada kata untuk terlambat, sebelum kita benar-benar dirugikan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab di internet. Akan lebih baik dan bijak kita kita mencegahnya sejak dini. Gunakan tips di atas untuk mengurangi resiko cyber crime yang sewaktu-waktu dapat terjadi pada diri kita. Semoga bermanfaat.

ARTIKEL TERKAIT
Hacker Cantik 7

Ini Dia 10 Hacker Cantik yang Memukau Dunia

Cara Membuat Password Yang Kuat

Mau Password ANTI HACKER? Ini 7 Langkah Mudah Membuatnya!

Hacker

KEREN! Inilah 5 Aplikasi yang Biasa Digunakan oleh Hacker

Hacker Berbahaya

Inilah 10 Hacker Paling Berbahaya di Dunia (Psst.. Ada Hacker Indonesia Lho)

Cara Enkripsi Ponsel Android Agar Sulit Dibobol Hacker Banner

Cara Enkripsi Ponsel Android Agar Data Sulit Dibobol Hacker

APPS TERKAIT
Wifi Hacker Ultimate Android
WiFi Hacker ULTIMATE Terbaru
Apps WiFi Cracker Group
Hackappdata Icon Icon
Hack App Data Terbaru
Apps SteelWorks
Game Hacker 1 2839b
Game Hacker 4.0
Apps SB Tools
Processhacker Icon
Process Hacker 2.39.124
Apps Wei Jia Liu
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Awas, 6 Kebiasaan di Internet Ini Bisa Bikin Kamu Kena Hack!

Awas, 6 Kebiasaan di Internet Ini Bisa Bikin Kamu Kena Hack!

8 Tips Amankan Android Anda Dari Hacker dan Pencuri Password

8 Tips Amankan Android Anda Dari Hacker dan Pencuri Password

Inilah 5 Langkah Mudah Agar Akun Kamu Nggak Gampang Di-hack!

Inilah 5 Langkah Mudah Agar Akun Kamu Nggak Gampang Di-hack!

100% Anti-Hacker, Begini Tips Membuat Password Paling Aman Sedunia

100% Anti-Hacker, Begini Tips Membuat Password Paling Aman Sedunia

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal