J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Argumen Konyol Produsen Game Buat Bela Produk Mereka yang Gagal

7 Argumen Konyol Produsen Game Buat Bela Produk Mereka yang Gagal

Selasa, 28 Jul 2020, 17:00 WIB
Nggak semua game berhasil di pasaran, namun nggak semua developer punya alasan bagus saat diminta pertanggung jawabannya. Berikut beberapa di antaranya!

Dalam proses pembuatan video game terbaik di platform manapun, dibutuhkan perencanaan yang rinci dan matang, mulai dari konsep, plot cerita, fitur, hingga budget yang harus dikeluarkan.

Salah sedikit aja, besar kemungkinan video game tersebut bakal gagal di pasaran, atau yang lebih parah, jadi cemoohan penggemar game bertahun-tahun.

Nah uniknya, nggak semua developer game mau berbesar hati mengakui kesalahan mereka dalam proses produksinya. Sebaliknya, mereka malah mengeluarkan aneka argumen konyol untuk membela kegagalan video gamenya.

Penasaran apa aja argumen yang mereka keluarkan? Kali ini Jaka bakal membahas secara khusus 7 argumen konyol produsen game buat bela produk mereka yang gagal. Berikut ulasannya!

Argumen Konyol Produsen Game Buat Bela Produk Gagal Mereka

Ada banyak faktor yang menyebabkan sebuah game gagal. Ironisnya, beberapa argumen produsen game dalam membela produk mereka yang gagal itu malah bikin malu maksimal. Berikut daftarnya!

1. Clang (2014)

1 Custom 0d878

Sedianya, game ini bakal dirilis pada tahun 2014 dengan membawa beragam fitur revolusioner yang bakal mengubah persepsi kita akan game duel pedang. Hal ini pun diaminin oleh developernya, Neal Stephenson.

Ia mengumbar janji bahwa game ini bakal membawa kualitas grafis yang lebih realistik dan mulus. Bahkan ia sesumbar bahwa memainkan permainan ini serasa sedang melihat pertandingan pedang sungguhan.

Sayangnya, game ini gagal rilis karena beberapa faktor. Pertama, Neal mengaku bahwa uang $500,000 yang ia kumpulkan untuk membuat game ini lenyap tak tersisa. Kedua, prototype game yang ia bikin bersama studio mininya, Subtai Corporation nggak bagus dan murahan.

Akhirnya karena udah nggak mood, ia putuskan buat membatalkan proyek game ini. Hmmm gak tahu Jaka harus bereaksi apa, nih!

2. Driveclub (2014)

2 Custom 7f4ff

Pada 2014 lalu, Evolution Studios bersama Sony Computer Entertainment merilis sebuah game balapan multiplayer berjudul Driveclub. Sebenarnya game ini cukup seru karena mampu membawamu ke arena balapan mobil secara realistis, entah sendirian atau bareng teman-temanmu via multiplayer.

Sayangnya, saat dirilis, game ini memiliki banyak masalah. Nggak cuma alami beberapa crash maupun bugs yang mengganggu, servernya sempat down dan overload karena pemain yang menggunakan fitur multiplayer terlalu banyak.

Evolution Studios sendiri mengatakan bahwa mereka gagal menguji daya tahan server ini karena kapasitasnya yang terlalu kecil, dan mereka nggak menyangka bakal mendapat antusias yang besar sampai-sampai servernya nggak muat bahkan kewalahan.

3. Tony Hawk: Shred (2010)

3 Custom 742b2

Bagi para penggemar skateboard pasti familiar dengan legenda hidup Tony Hawk. Saking ikoniknya, sosok Tony sering "didewakan" dan jadi inspirasi pemberian nama brand-brand yang berhubungan dengan skateboard. Tak terkecuali dalam ranah video game.

Dirilis pada tahun 2009 oleh developer ternama Activision, game ini ternyata mendapat sambutan yang kurang positif dari pengamat game. Memang di satu sisi, game ini memiliki beberapa bugs dan permasalahan teknis, tapi banyak yang meyakini bahwa faktor utamanya karena ..... ya nggak banyak yang tertarik dengan video game bertema skateboard.

Namun, Activision berkilah bahwa kegagalan game ini hanya semata-mata karena kesalahan teknis. Harusnya, Activision juga menguji permintaan market dulu sebelum benar-benar memproduksi dan meluncurkannya ke publik.

4. No Man's Sky (2016)

4 Custom 36e21

Bisa dikatakan bahwa No Man's Sky merupakan proyek yang paling ditunggu di tahun 2016. Game yang termasuk dalam genre survival ini sendiri diklaim mampu bawa para pemainnya menjelajahi triliunan planet, di mana setiap planetnya punya variasi biota yang berbeda.

Sayang, kenyataannya berbeda jauh. Nggak hanya konsep game yang dinilai terlalu repetitif dan membosankan, mayoritas gamers mengalami permasalahan teknis yang serius, mulai dari random crash, stutering FPS yang bikin naik pitam, bahkan nge-lag dan buat para pemainnya gak bisa masuk ke dalam game tersebut.

Akibatnya, berbondong-bondong para pemain menuntut Hello Games selaku developer games dan meminta refund. Sang developer pun berdalih dengan menyalahkan gamers yang menaruh harapan terlalu tinggi pada game ini.

Padahal sebelum game ini rilis, Hello Games lah yang justru memberikan janji-janji manis bahwa game ini bakal menyajikan aneka fitur menarik nan menggiurkan. Ya gimana gak tertarik, geng!

5. Afro Samurai 2: Revenge of Kuma (2015)

5 Custom 91448

Dirilis pada tahun 2015 oleh Redacted Studios, game ini langsung mendapat kritikan negatif dari para pengamat game. Alasannya pun beragam, namun developer menyimpulkan bahwa intinya sama: Ya karena nggak suka aja.

Karena alasan yang, nampaknya, penuh sentimental ini, Redacted Studios memutuskan untuk menarik seluruh peredaran game ini beberapa bulan setelah perilisannya. Ini pun dilakukan agar nggak makin banyak orang yang gak suka dengan game ini.

Sebenarnya, jika pihak developer mau membenahi plot cerita maupun kualitas grafisnya, game ini bisa berkembang dan disukai oleh para penggemar game lainnya kok!

6. LawBreakers (2017)

6 Custom Ca7fe

Disebut sebagai game dengan kegagalan terbesar sepanjang sejarah, LawBreakers merupakan game multiplayer FPS yang dikembangkan oleh Boss Key Productions pada tahun 2017.

Ada beberapa faktor yang mendasari kegagalan game ini, salah satunya adalah kegagalannya dalam menyaingi game-game FPS yang kebetulan dirilis hampir bersamaan, seperti Overwatch.

Saat diminta komentarnya seputar game ini, Cliff Bleszinski selaku developer malah berdalih bahwa game ini gagal akibat kesalahan teknis semata dan berkeras akan memperbaikinya. Sayang, game ini terpaksa "mati" dan studio Cliff bangkrut tak lama setelahnya.

7. Pokemon GO (2016)

7 Custom 06845

Biarpun populer dan dimainkan oleh jutaan orang di seluruh dunia hingga kini, Pokemon GO tetap kontroversial, bahkan dianggap produk gagal oleh pengamat game. Bukan cuma karena adanya bug, crash, hingga glitch-glitch aneh yang mengganggu, ada faktor lain yang bikin game ini dianggap gagal.

Salah satunya, Pokemon GO dikritik karena memiliki gameplay yang sangat dangkal dan memiliki banyak masalah teknis, khususnya karena ia memanfaatkan teknologi augmented reality yang harus disesuaikan dengan lingkungan sekitar.

Hal ini diperparah dengan ulah Nintendo selaku developer game yang melakukan blunder, termasuk mencegah akses aplikasi pihak ketiga, Pokevision, yang mampu memberikan gambaran maps jauh lebih jelas daripada punya Pokemon GO sendiri.

Nintendo beralasan bahwa aneka aplikasi pihak ketiga malah bikin performa game error, sehingga harus pakai fitur maps dari Pokemon GO sendiri. Lah, gimana mau pakai kalau maps nya sering error dan punya banyak bugs?

Akhir Kata

Itulah tadi deretan argumen konyol produsen game buat bela produk mereka yang gagal. Bagaimana menurutmu, geng!

Baca juga artikel seputar Games atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

ARTIKEL TERKAIT
Download Game Ppsspp Gratis Terlengkap Banner 8c8c2

Kumpulan Game PPSSPP ISO Gratis Terbaik & Terlengkap 2020, Download di Sini!

Cara Download Game Ps2 Iso Banner F5745

Kumpulan Download Game PS2 ISO Gratis & Emulator-nya (Android & PC)

Gim Game Rockstar Games Terbaik Banner A89e3

7 Game Rockstar Games Terbaik Sepanjang Masa, Enggak Cuma GTA!

Banner 2 7c74a

7 Easter Egg Terbaik di Dalam Video Games, No. 5 Banyak yang Gak Sadar!

Game Terbaik Android 56a83

20 Game Android Terbaik dengan Grafis HD | Update 2020

Game Online Terbaru 2020 Banner 81e03

15 Game Online Terbaru 2020 Android & PC, Seru Buat Mabar!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Game Paling Buruk yang Rilis di Tahun 2019, No. 3 Padahal Banyak yang Main?

7 Game Paling Buruk yang Rilis di Tahun 2019, No. 3 Padahal Banyak yang Main?

7 Game yang Sukses Comeback Meskipun Awalnya Nyaris Gagal, Hampir Bikin Bangkrut!

7 Game yang Sukses Comeback Meskipun Awalnya Nyaris Gagal, Hampir Bikin Bangkrut!

7 Game Paling Membosankan, Baru Semenit Main Langsung Kesel!

7 Game Paling Membosankan, Baru Semenit Main Langsung Kesel!

7 Game Spinoff Paling Aneh Sepanjang Masa, Banyak yang Gak Laku?

7 Game Spinoff Paling Aneh Sepanjang Masa, Banyak yang Gak Laku?

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal