J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Hati-Hati 5G Palsu Mulai Bertebaran, Lebih Lemot dari 4G Biasa!

              Hati-Hati 5G Palsu Mulai Bertebaran, Lebih Lemot dari 4G Biasa!

              00
              Jumat, 19 Apr 2019, 20:00 WIB
              Kamu sedang menantikan 5G? Hati-hati loh, geng, sudah ada 5G palsu yang mulai berterbaran! Kenali ciri-cirinya supaya kamu enggak ketipu!

              Terlepas dari berbagai pro dan kontranya, teknologi 5G adalah salah satu inovasi yang paling sering dibicarakan di tahun 2019.

              Dengan berbagai kelebihannya, tentu banyak yang menanti-nantikan kehadiran teknologi 5G. Mereka membayangkan kecepatan internet yang sangat kencang.

              Sayangnya, ada pihak-pihak yang memanfaatkan teknologi ini untuk membuat 5G palsu! Siapa dan bagaimana cara memalsukan 5G tersebut?

              Beda Provider di Indonesia dan Amerika Serikat

              Sebelumnya, Jaka ingin kasih kalian informasi ke kalian tentang perbedaan provider di Indonesia dengan Amerika Serikat.

              Kalau di Indonesia kan kita bisa bebas memilih nomor dan berganti-ganti kartu, meskipun sekarang lebih diperketat karena kita harus memasukkan nomor Kartu Keluarga ketika melakukan registrasi.

              Nah, kalau di Amerika Serikat dan beberapa negara maju lainnya, biasanya provider memiliki sistem kontrak dengan produsen handphone.

              Jadi, ketika kamu membeli sebuah handphone, kamu akan mendapatkan nomornya sekaligus. Hampir tidak ada yang menjual SIM Card secara terpisah sehingga kamu enggak bisa memilih nomor dan operator.

              Contohnya, iPhone hanya menjalin kontrak dengan AT&T, sehingga semua pengguna iPhone pasti menggunakan provider AT&T, kecuali di jailbreak.

              Kasus 5G Palsu

              Jadi, kasus 5G palsu ini berawal dari salah satu provider di Amerika Serikat menggunakan logo 5G, padahal koneksi internet mereka sama sekali tidak terhubung ke jaringan 5G.

              Kasus ini pada akhirnya sampai di bawah ke ranah hukum. Dilansir dari berbagai sumber, langsung saja baca artikel ini sampai habis ya, geng!

              AT&T Rilis 5G E

              5g Palsu 0 6d750
              Sumber foto: Cnet

              Perusahaan asal Amerika Serikat, AT&T, baru saja meluncurkan update terbaru untuk tiga ponsel, yakni Samsung Galaxy S8 Active, LG V30, dan LG V40.

              Update terbaru tersebut adalah munculnya logo 5G E alih-alih LTE seperti biasanya. Kata mereka, jaringan internet mereka ini lebih cepat dari LTE alias 4G biasa.

              Fakta membuktikan hal sebaliknya. Koneksi dari AT&T ini ternyata sama sekali tidak bisa terhubung ke jaringan 5G, apalagi memiliki kecepatan internet 5G.

              Kata E, yang berukuran lebih kecil dari tulisan 5G pada layar, berarti Evolution. Sesungguhnya, ini hanya merupakan salah satu strategi marketing dari AT&T saja.

              Masalahnya, tentu banyak orang mengira bahwa AT&T sudah mendukung sinyal 5G sehingga mereka tidak perlu membeli perangkat baru.

              **Lantas, apakah kecepatan 5G E ini lebih cepat dari 4G? **

              Pihak AT&T mengatakan bahwa kecepatan internetnya bisa dua kali lebih cepat dari kecepatan internet 4G pada umumnya.

              Kecepatan 5G E Lebih Lambat dari 4G

              5G Di USA C1dfe

              Dengan keberanian yang dimiliki oleh AT&T untuk menggunakan kata 5G, tentu kita bisa berharap internet kecepatan kita akan lebih cepat dari kebanyakan 4G.

              Permasalahannya, studi yang dilakukan Ars Technica menunjukkan bahwa kecepatan 5G E tidak lebih cepat dari 4G milik kompetitor.

              Fakta mencengangkan yang terbongkar adalah kecepatan internet 4G milik AT&T termasuk yang lambat jika dibandingkan dengan operator pesaing seperti Verizon atau T-Mobile.

              Mungkin hal inilah yang membuat AT&T menyusun strategi baru dengan menggunakan 5G E yang memang lebih kencang dari 4G miliknya sendiri.

              5g Palsu 1 79aa6
              Sumber foto: The Verge

              Bahkan, ketika OpenSignal melakukan uji coba, kecepatan download maksimal dari 5G E hanya 28.8 Mbps, kalah cepat dari jaringan 4G milik Verizon dan T-Mobile.

              Sprint Menuntut AT&T

              Melihat strategi marketing yang dilancarkan oleh AT&T, para pesaingnya punya berbagai cara untuk meresponnya.

              T-Mobile menggunakan stiker untuk meledek 5G E, sedangkan Verizon mengirimkan surat kepada AT&T. Lantas, apa yang dilakukan oleh Sprint?

              Meraka telah mengajukan tuntutan hukum di pengadilan federal agar tulisan 5G E tidak boleh digunakan lagi di semua perangkat AT&T.

              Sprint telah mengadakan survei dan menemukan fakta bahwa 54% konsumen percaya bahwa 5G E sama dengan 5G.

              Hal ini dianggap Sprint dapat merusak reputasi 5G. Padahal, Sprint sedang mengembangkan jaringan 5G untuk konsumennya sendiri.

              Pihak AT&T tetap bersikukuh dengan 5G E-nya karena menganggap konsumen menyukainya. Mereka menolak dianggap melakukan penipuan dan akan melawan gugatan dari Sprint tersebut.

              Akhir Kata

              Terlepas dari benar atau salahnya strategi 5G E ini, AT&T akan terus mengembangkan teknologi ini. Mereka seolah tak peduli banyak yang menganggap AT&T telah menjual 5G palsu.

              Bahkan, mereka sudah mengumumkan akan mengimplementasikan strategi ini untuk lebih banyak smartphone.

              Kalau menurut kamu gimana, geng? Tulis di kolom komentar, ya!

              Baca juga artikel seputar 5G atau artikel menarik lainnya dari Fanandi Ratriansyah

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal