J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              5 Situs File Sharing yang Harus Kamu Tahu

              5 Situs File Sharing yang Harus Kamu Tahu

              00
              Jumat, 16 Jan 2015, 10:21 WIB
              ini dia beberapa website file sharing yang bisa kamu gunain untuk memudahkan pengiriman data.

              Jaman dulu kalau kamu mau berbagi sesuatu misalnya lagu, yang harus kamu lakukan adalah kamu pinjemin tuh kaset atau CD, atau kamu kopiin filenya dalam bentuk fisik maupun data. Nah sekarang keribetan tersebut udah gak perlu lagi kamu alami, karena teknologi udah ngasih kita sebuah kemudahan dengan menyediakan wadah untuk berbagi data dengan bermodalkan internet. Kamu mau kasih lagu ke temen kamu? Bisa kamu kirim lewat email atau langsung dari smartphone kamu. Tapi, kirim data terkadang punya kendala yaitu adanya limit dari data yang mau kamu kirim. Trus karena data yang mau kamu kirim gak bisa dikirim via email, kamu pun harus masukin ke flashdisk, lalu janjian ketemuan buat kasih flashdisknya. Duh repot amat!

              Berangkat dari problematika inilah kemudian muncul beberapa web yang menyediakan jasa pengiriman data dengan size besar. Nah, buat yang belum tau, ini dia beberapa website file sharing yang bisa kamu gunain.

              Dropbox

              Tercipta karena yang bikin si Drew Houston sering banget ketinggalan flashdisknya. Trus dia juga ngerasa layanan berbagi file sering banget bermasalah. Jadi deh dia bikin Dropbox. Jadi Dropbox ini sebenernya semacam tempat penyimpanan yang ada di udara. Nah data yang kamu simpan tersebut bisa kamu akses kapan saja dan dimana aja, asalkan ada device dan internet tentunya. Kamu juga bisa berbagi file yang kamu simpan sama pengguna internet lain asalkan kamu kasih aksesnya. Walaupun bisa ngirim file dengan ukuran besar, Dropbox tetap punya limit penyimpanan. Ya kalau gak ada limitnya nanti bisa meledak itu si Dropbox, dan langitpun bakal turun hujan data. Kalau kamu mau limitnya lebih banyak, kamu bisa bayar buat tambahin limitnya. Tapi kalau kamu ngerasa gak perlu nambah limit, kamu bisa gunain Dropbox secara gratis. Dropbox juga bisa kamu gunakan di smartphone kamu dalam bentuk aplikasi. Sampe sekarang sih Dropbox jadi website file sharing terbaik katanya.

              Dropbox Logo Icon
              Dropbox 11.4.20
              Apps Downloader & Plugin Dropbox
              DOWNLOAD
              Eh sampe lupa, kalau mau gunain Dropbox kamu harus bikin akun dulu. Caranya ya gampang aja, tinggal masukin email dan bikin password. Yeap bener email kamu berguna banget, bukan cuma buat bikin akun sosial media aja.

              Google Drive

              Google kayaknya ingin menjawab keinginan penggunanya yang suka ngirim file dalam ukuran besar. Yes, kalau kamu attach file di gmail kan palingan bisa sampe 25MB aja. Nah sekarang, kalau kamu nyoba kirim file dengan ukuran besar, kamu akan langsung diarahin buat gunain Google Drive. Fungsi kerjanya sama kayak Dropbox, dimana kamu bisa nyimpen data di cloud atau awan. Dan tentunya pengguna internet yang lain bisa juga ambil data kamu tersebut kalau kamu kasih aksesnya.

              20121226061715_235
              Google Drive 1.31.2755.2156
              Apps Downloader & Plugin Google
              DOWNLOAD
              Kalau kamu udah punya akun gmail, maka secara otomatis kamu udah punya akun Google Drive. Tapi, kamu cuma bisa nyimpen data sampe 5GB doang. Kalau mau nambah, kamu bisa bayar. Masa sih maunya gratisan mulu. Malu ah!

              iCloud

              Apple gak mau ketinggalan trend yang satu ini. Akhirnya dibikinlah sebuah layanan penyimpanan dan berbagi file yang dikasih nama iCloud. Cara kerjanya sih sama aja kayak Google Drive gitu, cuma bedanya iCloud ini lebih diperuntukan orang-orang yang gunain devicenya Apple gitu deh. Jadi kalau kamu nyimpen foto atau video di iPhone secara otomatis bakal muncul juga di Mac atau iPod selama Apple ID kamu sama. iCloud ini juga gratis, tapi kalau mau muatannya lebih banyak ya kamu harus bayar.

              MediaFire

              Kamu pasti udah tau lah ya sama situs yang satu ini. Yes, biasanya kalau orang mau cari album musik secara gratisan dan ilegal suka main-main ke sini nih. Sebenernya inti utama dari Mediafire gak lain dan gak bukan adalah buat nyimpen file, dimana setiap pengguna dikasih kebebasan ngunggah file sampe 10GB. Jadi kalau kamu mau backup data penting gitu, ya bisa kamu simpen di Mediafire. Namun umumnya sih orang gunain Mediafire buat ngeshare file atau data. Jadi kamu tinggal kasih link Mediafirenya aja ke orang lain, nanti dia langsung download. Tapi inget ya, kalau mau banyak file itu kamu bisa jadiin zip atau rar dulu, biar link downloadnya gak terlalu banyak.

              Wetransfer

              Nah buat kamu yang males bikin akun, kalau mau berbagi file dalam ukuran besar bisa kamu gunain Wetransfer. Caranya gampil banget, tinggal masukin file atau data yang mau kirim (maksimal 2GB), masukin email kamu, dan email orang yang pengen kamu kirim. Kamu juga bisa masukin penjelasan atau deskripsi, yang fungsinya mirip kayak body text email. Nanti kalau file kamu udah kekirim, kamu bakal dapet notifikasi lewat email yang kamu cantumin, begitu juga kalau temen kamu udah download filenya. Cuma kalau gunain Wetransfer, usia file gak bakal abadi, karena akan keapus secara otomatis setelah seminggu.

              Sebenernya masih banyak lagi sih situs yang ngasih jasa pengiriman file besar. Kamu tinggal googling aja, nanti juga ketemu. Bisa juga tanya sama komenter MBDC yang pada melek teknologi, atau main-main aja ke Jalantikus biar dapet pencerahan.

              Tapi ingat ya, walaupun ada yang bilang sharing is not stealing, bukan berarti kamu bisa semena-mena share karya orang lain. Hargain dikitlah, bro!

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal