J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Perbedaan Fitur Antara Clash Royale dan Clash of Clans

5 Perbedaan Fitur Antara Clash Royale dan Clash of Clans

Sabtu, 5 Mar 2016, 16:00 WIB
Sebenarnya selain masalah genre yang diusung Clash Royale dan Clash of Clans, ternyata masih ada banyak lho yang membedakan kedua game ini bahkan di dalam fitur yang sama! Penasaran? Yuk simak artikel di bawah ini.

Supercell selaku pengembang mobile game ternama; Clash of Clans baru-baru ini merilis sebuah game baru dengan genre yang bisa dibilang cukup fresh namun tampaknya masih dipandang sebelah mata oleh para penikmat mobile game. Terbukti karena hanya game RPG dan game Strategy semacam COC saja yang laku di-download via Play Store maupun AppStore.

Clash Royale merupakan nama game baru yang secara resmi dirilis oleh Supercell pada bulan Maret 2015 dengan genre Card Game, iya sekali lagi saya ulangi Card Game! Itu loh game yang menuntut kita untuk menyusun deck dari kartu yang sudah kita miliki dengan berbagai karakter yang nantinya bisa kita gunakan di dalam battle. Kartu yang nantinya akan keluar pun bersifat random alias kita tidak bisa menentukan sehabis keluar kartu A pasti kartu B.

Karakter yang bisa dimainkan pun menurut saya pribadi bisa dibilang ada tiga jenis, yaitu Adopsi dari COC (seperti Valkrie, Minions, Witch, dll), Modifikasi dari CoC (seperti Spear Goblin, Baby Dragon, Mini P.E.K.K.A, dll) dan Original (seperti Knight, Musketeer, Prince, dll). Bagi kamu yang sebelumnya sudah pernah bermain Clash of Clans, mungkin bisa dengan mudah membuat deck yang berisi Troops favoritmu, ya.

Sebenarnya selain masalah genre yang diusung Clash Royale dan Clash of Clans, ternyata masih ada banyak lho yang membedakan kedua game ini bahkan di dalam fitur yang sama! Penasaran? Yuk simak artikel di bawah ini.

BACA JUGA
  • Perbedaan King Tower dan Arena Tower di Clash Royale
  • [Update] Macam-macam Arena di Clash Royale yang WAJIB Diketahui
  • Macam-macam Chest (Peti) di Clash Royale yang Wajib Diketahui

5 Perbedaan 'Fitur' Antara Clash Royale dan Clash of Clans

Battle

64958d6cac35a1f0433c26f83395305b

Di dalam Clash of Clans jika kamu ingin melakukan Battle, maka yang kamu butuhkan adalah Troops yang sudah di-training sebelumnya di dalam Barack menggunakan Elixir/Dark Elixir. Dan jika lawannya dirasa terlalu berat atau tidak memenuhi kriteria maka kamu bisa men-skip lawan tersebut menggunakan Gold.

C0208fb92810a6d2309dd4240e713df0

Namun di dalam Clash Royale jika anda ingin melakukan Battle maka yang harus anda lakukan sebelumnya hanyalah mempersiapkan Battle Deck dengan total 8 kartu, kemudian mengklik tombol Battle. Tugas kamu berikutnya adalah tinggal menunggu sistem menghubungkanmu dengan lawan yang sama-sama online. Clash Royale mengusung Real Time PvP dan kamu sama sekali tidak bisa memilih musuh yang akan dilawan.

Kesimpulan

  1. Di dalam Clash of Clans sebelum melakukan Battle anda perlu melakukan Training Troops (dan waktu untuk menunggu), sementara di dalam Clash Royale yang kamu butuhkan hanyalah Deck Card yang dianggap kuat (tanpa harus menunggu Troops selesai dibuat).
  2. Di dalam Clash of Clans anda bisa 'memilih' musuh yang akan kamu lawan (menggunakan Gold), sementara di dalam Clash Royale kamu tidak bisa memilih lawan.
  3. Musuh yang kamu lawan dalam Clash of Clans merupakan player yang sedang offline dalam mengurusi base-nya atau tidak memiliki Shield, sementara musuh yang anda lawan di Clash Royale merupakan musuh yang online bersamaan dengan anda secara Real Time, jadi jika kamu mengalami disconnect sedikit saja maka kamu akan berhadapan dengan masalah yang pelik

Troops

D3c65994d571c3e7c94b0c0bbafbb633

Di dalam Clash of Clans jika anda ingin mendapatkan sebuah Troops baru maka yang harus kamu lakukan adalah melakukan Upgrade Barack ke level yang lebih tinggi menggunakan Elixir. Semisal kamu menginginkan Lava Hound maka yang harus kamu lakukan adalah meng-upgrade Dark Barrack ke Level 6.

Dan untuk melakukan upgrade Troops juga anda membutuhkan Laboratory yang sesuai dengan Level Town Hall. Semisal kamu ingin memiliki P.E.K.K.A Level 4 maka kamu sudah harus memiliki Town Hall Level 10 dan Laboratory Level 8.

D36ee32c419fafe88bb2f7c5c9ff8ad4

Namun di dalam Clash Royale jika kamu ingin mendapatkan sebuah Troops baru, maka yang harus kamu lakukan adalah memperbanyak Trophy yang kamu miliki untuk memasuki Arena baru (di dalam COC disebut sebagai League). Jika kamu menginginkan Kartu Barbarian maka yang harus dilakukan adalah menaikan Trophy hingga mencapai 800+ dan kamu akan mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan kartu Barbarian tersebut dari dalam chest yang didapatkan. Untuk melakukan upgrade Kartumu memerlukan sejumlah kartu untuk meng-upgrade ke Level yang lebih tinggi.

Kesimpulan

  1. Di dalam Clash of Clans jika menginginkan Troops Baru maka kamu harus melakukan upgrade terhadap Barack yang anda miliki, dan untuk meng-upgrade level Troops maka anda harus memiliki Laboratory.
  2. Sementara di dalam Clash Royale jika anda menginginkan Troops baru anda diharuskan untuk meningkatkan Trophy yang anda miliki (Kartu yang didapat dari Arena atas (semisal arena 4) bisa juga dipakai di Arena bawah (semisal arena 1), dan Troops tidak akan hilang). Untuk meng-upgrade level kartu, yang harus kamu lakukan adalah memiliki sejumlah kartu agar bisa mendapatkan Fitur Upgrade.

Clan (dan Request Troops)

Clan merupakan fitur yang amat penting dan harus anda gunakan semaksimal mungkin, karena dengan bergabung dengan sebuah Clan maka kamu bisa saling bantu satu sama lain dalam progres pembangunan Village yang dimiliki. Di dalam Clash Royale dan Clash of Clans juga definisi Clan bisa Saya katakan sama. Namun yang membedakan Clan di Clash Royale dan Clash of Clans adalah tentang Request Troops yang kamu inginkan. Kenapa ya?

9ee5fbc5e4eabd299aa69432642704bd

Di dalam Clash Royale anda bisa melakukan request sebuah Troops secara spesifik yang bisa kamu gunakan untuk melakukan Upgrade Troops. Kartu Troops yang sudah didonasikan kepada kamu juga bisa didonasikan lagi kepada member clan lainnya. Harap diingat bahwa kamu hanya bisa melakukan Request terhadap kartu Troops yang sudah dimiliki saja, jika kamu belum memiliki sebuah kartu Troops, maka kamu tidak bisa melakukan request terhadap kartu Troops tersebut.

F6df4f32f4b54992b6f5d9ba98a2c1fd

Sementara di dalam Clash of Clans anda hanya bisa memberikan sebuah pesan tentang Troops yang anda inginkan (dan bisa saja diisi tidak sesuai dengan pesanan).

Resource

Clash Royale dan Clash of Clans memiliki dua resource yang sama, yaitu Gold dan Elixir namun kedua resource tersebut memiliki peranan yang berbeda didalam kedua Game ini.

Di dalam Clash of Clans, Gold dipakai untuk melakukan upgrade item yang berhubungan dengan defenSe (Seperti Tembok, Archer Tower, Wizard Tower, Hidden Tesla, dll), sementara Elixir digunakan untuk melakukan upgrade item yang berhubungan dengan Troops (Seperti Barack dan Upgrade Level Troops).

Namun di dalam Clash Royale, Gold dipakai untuk melakukan upgrade level Troops dan membeli kartu baru (baik kartu karakter baru mau pun kartu bahan untuk upgrade), sementara Elixir hanya bisa dipergunakan selama Battle berlangsung untuk membuat pasukan dari Kartu yang tersedia.

Player Level

Player Level merupakan rekam jejak dari perjalanan yang sudah ditempuh di dalam Game, semakin tinggi levelnya maka semakin lama dan besar pula pengalamannya dalam bermain Game.

Bb880a3044b66fbd50e3ee7a5ea51692

Tapi untuk yang pernah bermain Clash of Clans saya ingin bertanya kepada anda; Apakah player level yang anda miliki memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan game yang anda alami? Well sampai saat ini Saya pribadi sudah mencapai Level 89 namun sekali pun Saya belum pernah mendapatkan keuntungan dari Level tersebut.

394a603278f47949f5518b846a81b738

Namun dalam Clash Royale, Player Level (atau King Level) sangatlah berpengaruh terhadap perkembangan Game yang anda miliki. Kenapa? Karena semakin tinggi Level yang anda miliki maka Hit Point dari King Tower dan Arena Tower anda akan menjadi semakin besar!

Jadi adakah fitur satu game yang ingin anda implementasikan di dalam game lainnya?

ARTIKEL TERKAIT
Review Clash Royale Banner

Review: Clash Royale, Game Terbaru dari Pencipta Clash of Clans

Panduan Bermain Clash Royale Banner

Kiat Bermain Clash Royale yang Wajib Kamu Ketahui

Clash Royale Android Banner

Cara Main Clash Royale di Android dengan APK Versi Terbaru

Mod Clash Royale Android Banner

Cara Pakai Xmodgames Untuk Clash Royale Versi Terbaru

Clash Royale Android Banner

Cara Main Clash Royale di Android dengan APK Versi Terbaru

APPS TERKAIT
Xmod
Xmodgames 2.3.3
Apps xmodgames
Clash Royale Android Icon
Clash Royale 1.7.0
Games Supercell
Coc Icon Icon
Clash of Clans 13.0.31
Games Supercell
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Kiat Bermain Clash Royale yang Wajib Kamu Ketahui

Kiat Bermain Clash Royale yang Wajib Kamu Ketahui

Review: Clash Royale, Game Terbaru dari Pencipta Clash of Clans

Review: Clash Royale, Game Terbaru dari Pencipta Clash of Clans

Cara Cepat Naik Level di Clash Royale, Newbie WAJIB Baca!

Cara Cepat Naik Level di Clash Royale, Newbie WAJIB Baca!

Foto dan Video CLASH ROYALE, Game Terbaru dari Pembuat Clash of Clans

Foto dan Video CLASH ROYALE, Game Terbaru dari Pembuat Clash of Clans

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal