5 Cara Meningkatkan Performa Laptop untuk Bermain Game

21 October 2015

Share http://jlan.tk/t/280

5 Cara Meningkatkan Performa Laptop untuk Bermain Game - Punya laptop yang serba bisa pasti udah jadi impian semua orang. Apalagi untuk kamu yang suka main game namun juga punya mobilitas tinggi, wah dengan senang hati ingin memiliki perangkat canggih tersebut. Tapi apakah kamu sudah memaksimalkan performa dari laptop kesayangan kamu itu? Jika tidak dirawat dengan baik, bisa-bisa dari waktu ke waktu malah makin lelet.

Tidak seperti PC, hardware dari laptop tidak mudah untuk dikostumisasi ya. Jadi jika kamu ingin mengoptimalkan performanya agar selalu fresh, lebih enak jika melalui segi software. Maka dari itu, ini dia tips dari kami untuk mengoptimalkan laptop kamu dalam bermain game.

5 Cara Meningkatkan Performa Laptop untuk Bermain Game

Install Driver Terbaru

meningkatkan-performa-laptop-1Saat kamu pertama kali membeli laptop, pasti di dalam box atau Harddisk-nya sudah disertakan file driver kan. Driver tersebut memang sangat penting untuk menyelaraskan dan mengoptimalkan hardware dengan sistem operasi yang digunakan. Namun seiring berjalannya waktu, pasti akan ada driver-driver versi terbaru yang dikeluarkan oleh pihak vendor, terutama perusahaan-perusahaan besar seperti AMD dan Nvidia.

Jika kamu merasa bahwa belum pernah menginstall versi terbaru dari driver hardware semenjak pertama kali beli laptop, berarti sudah waktunya nih untuk kamu lakukan. Install driver terbaru akan tetap menjaga performa video card kamu tetap prima dan memiliki output yang maksimal sehingga game yang kamu mainkan pun akan lebih mulus.

Overclock GPU

meningkatkan-performa-laptop-2Memang sih laptop tidak mudah untuk di-overclock dibandingkan dengan PC. Pada laptop sulit sekali untuk meng-overclock CPU secara umum, namun kamu bisa meng-overclock hardware lainnya seperti GPU. Vendor-vendor besar seperti AMD dan Nvidia menyediakan fitur untuk kamu yang ingin meningkatkan performa dari GPU mellaui paket software yang diberikan. Ada dua faktor yang perlu kamu perhatikan saat melakukan overclock yaitu core clock dan memory clock. Core clock adalah kecepatan inti prosesor pada GPU, dan memory clock adalah kecepatan memori yang digunakan untuk buffer data video.

Tiap bagan yang ada tersebut memiliki toleransi yang berbeda untuk di-tweak lebih lanjut. Maka dari itu, kamu harus mencoba sendiri untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Cobalah untuk menaikkan angka clock dalam angka 5% di setiap percobaan yang kamu lakukan. Kecepatan kipas juga dapat diatur apabila kamu menilai bahwa GPU semakin panas setelah di-overclock.

Periksa Power Options

meningkatkan-performa-laptop-3Faktor ini yang terkadang luput dari pengamatan pengguna laptop. Bagi yang menggunakan PC sebagai sarana bermain game sih pasti tidak akan dipusingkan dengan power management karena PC selalu terhubung dengan listrik. Namun untuk laptop, terkadang power management yang disediakan dapat berubah akibat transisi penggunaan listrik rumah maupun baterai.

Untuk kamu yang menggunakan laptop utnuk bermain game, pastikan power profile yang ada pada power management berada pada settingan tertinggi.

Turunkan Detil Tekstur dan Shade

meningkatkan-performa-laptop-4Cara ini juga sering digunakan oleh banyak pemain game di luar sana yang ingin meningkatkan responsivitas dengan mengorbankan kualitas grafik. Apalagi kalo bukan menurunkan resolusi dan menurunkan detil tekstur dan bayangan. Semakin tinggi kualitas sebuah game menampilkan grafik, maka memori yang digunakan pun semakin besar, ditambah kemungkinan untuk menurunnya frame per second (fps). Jika ketika bermain game, kamu mengalami gameplay yang tersendat-sendat, bisa jadi kamu terlalu memaksakan game untuk berjalan pada kualitas yang tinggi, tanpa dapat diimbangi oleh hardware yang mendukung.

Maka dari itu, kamu harus mengorbankan kualitas gambar agar dapat memainkan game dengan lebih mulus, dan memori GPU tetap lega.

Matikan Program Pada Background

meningkatkan-performa-laptop-5Selain empat tips di atas, jangan lupa juga bahwa aplikasi yang berjalan pada background juga memberikan andil dalam nge-lag-nya game yang kamu mainkan. Mereka tetap berjalan disaat kamu bermain game, sehingga terkadang mengganggu gameplay dan menyesakkan RAM ketika harusnya digunakan oleh game kamu.

Langkah tepat yang harus dilakukan adalah tentu saja dengan mematikan aplikasi-aplikasi tersebut. Kamu bisa dengan mudah mematikannya dengan mengakses system tray di sebelah kanan bawah monitor. Jika itu semua masih kurang manjur, maka kamu juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketika seperti Razer Game Booster.

Itulah 5 tips mudah yang dapat kamu implementasikan guna memperlancar aktifitas dalam bermain game di laptop. Jangan lupa juga untuk berikan pendapat kamu melalui kolom komentar di bawah ini ya.

Tentang Penulis

5 Cara Meningkatkan Performa Laptop untuk Bermain Game
766

Comment