J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Alasan Kenapa Mematikan Komputer Wajib di Shutdown

5 Alasan Kenapa Mematikan Komputer Wajib di Shutdown

Senin, 8 Jun 2015, 12:31 WIB
Kalau boleh tau, dengan cara apa selama ini kamu mematikan komputer setelah selesai menggunakannya? Jika jawabannya adalah denggan cara menggunakan fitur shutdown, kamu sudah melakukan tindakan yang benar.

Kalau boleh tau, dengan cara apa selama ini kamu mematikan komputer setelah selesai menggunakannya? Jika jawabannya adalah dengan cara menggunakan fitur shutdown, kamu sudah melakukan tindakan yang benar.

Tapi bagaimana jika langsung menekan tombol power secara lama hingga terjadi 'mati paksa' pada komputer? Apa yang akan terjadi? Dan kenapa komputer harus di Shutdown?

1. Kerusakan Pada Power Supply

Pada saat proses Shutdown, prosesor memberikan perintah kepada bios untuk menghentikan segala pekerjaan komponen peralatan, sehingga arus atau daya yang terpakai diputus secara normal, tapi jika kita mematikan secara paksa (mencabut kabel power atau menekan lama tombol power), arus dan daya diputus secara tidak normal.

2. Processor Bisa Rusak, Bahkan Gosong

Pada saat proses Shutdown, fan komputer akan bekerja dua kali lebih cepat untuk proses pendinginan prosesor, kalau kita mematikan komputer secara langsung, maka pendinginan prosesor tidak bekerja secara normal maka lama-kelamaan prosesor bisa rusak.

3. RAM / Memory Bisa Rusak

Pada saat proses Shutdown, System Memory akan dikosongkan, sehingga pada saat komputer dipakai lagi maka memori sudah benar-benar dalam keadaan refresh, kalau kita mematikan komputer secara langsung maka besar kemungkinan memori bisa rusak.

4. Registry Menjadi Berantakan

Pada saat proses Shutdown, komputer akan meregistrasi ulang komponen komputer yang terpakai (digunakan) dan software serta data yang dipakai atau yang dihapus. Kalau kita mematikan komputer secara langsung, maka komponen atau software serta data yang digunakan tidak dapat disimpan kedalam registry.

5. Kemungkinan Hard Disk Mengalami Bad Sector Sangatlah Tinggi

Pada saat proses Shutdown, komputer akan menyimpan semua proses yang terjadi di atas ke dalam Hard Disk. Bayangkan jika sedang proses bekerja, Hard Disk tiba-tiba dimatikan. Kamu bisa membayangkan sendiri apa yang akan terjadi, yaitu kerusakan pada silinder Hard Disk atau biasa disebut dengan Bad Sector.

Artikel Menarik Lainnya

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Cara Shutdown Windows Hanya Dengan 1 Detik

Cara Shutdown Windows Hanya Dengan 1 Detik

Cara Mengatasi Komputer yang Lemot

Cara Mengatasi Komputer yang Lemot

Hal Misterius Apa Sih yang Terjadi Saat Kita Menekan Tombol Shut Down di Komputer?

Hal Misterius Apa Sih yang Terjadi Saat Kita Menekan Tombol Shut Down di Komputer?

7 Hal yang Selalu Kamu Ingat Dari Komputer di Sekolah

7 Hal yang Selalu Kamu Ingat Dari Komputer di Sekolah

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal