J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

4 Penyebab dan Solusi Komputer Tidak Booting

4 Penyebab dan Solusi Komputer Tidak Booting

Jumat, 16 Agt 2013, 11:00 WIB
4 penyebab dan solusi komputer tidak booting ini merupakan cara yang mudah untuk kamu lakukan ketika kamu mengalami masalah tersebut.

Komputer atau PC yang tidak bisa booting bisa diketahui ketika kita menyalakan komputer tersebut dan tidak terjadi apa-apa, CPU menyala tetapi tidak bisa menunjukkan layar booting. Komputer yang tidak bisa booting memiliki beberapa penyebab baik dari software maupun hardwarenya. Berikut 4 penyebab dan solusi komputer tidak booting:

1. Harddisk tidak terdeteksi Hal ini bisa disebabkan oleh baik harddisk internal maupun harddisk eksternal, dan error akan ditunjukkan dengan pesan error Disk boot error. Jika masalah ini mengenai harddisk eksternal, maka kamu cukup mencabut kabelnya lalu restart kembali komputer kamu. Tetapi jika mengenai harddisk internal, maka kamu perlu mengecek apakah kabel SATA atau IDE telah terpasang dengan benar. Solusinya adalah dengan melepas kabel lalu memasang kembali, setelah itu masuk ke BIOS, apakah harddisk kamu sudah terdeteksi, jika terdeteksi maka seharusnya komputer kamu sudah bisa booting dengan normal kembali.

4 Penyebab Dan Solusi Komputer Tidak Booting 1
2. RAM atau VGA Hal ini ditunjukkan dengan bunyi beep tetapi tidak muncul apapun di layar monitor. Solusinya adalah dengan melepas RAM dari slotnya lalu membersihkan bagian pin dengan penghapus karet, hal yang sama bisa digunakan untuk VGA juga. Setelah selesai kamu bisa pasang kembali. Untuk yang menggunakan lebih dari satu RAM, bisa mencoba memasang salah satu terlebih dahulu lalu restart.
4 Penyebab Dan Solusi Komputer Tidak Booting 2
3. Prosesor terlalu panas Masalah ini biasanya disebabkan karena pemasangan cooler yang tidak benar, atau juga overclock sehingga suhu pada prosesor menjadi panas dan komputer akan restart dengan sendirinya bahkan bisa juga langsung mati. Solusinya adalah gunakan heatsink, fan, serta gel pendingin dengan benar pada prosesor sehingga suhu terjaga. Untuk yang overclock diperhatikan settingan di bios pada voltase yang masuk dan lain sebagainya.
4 Penyebab Dan Solusi Komputer Tidak Booting 3
4. Sistem Corrupt Masalah ini biasanya ditunjukkan dengan peringatan ntldr.dll is missing atau cannot load operating system. Solusi untuk memperbaikinya adalah denan menggunakan kembali CD Windows dan pilih Repair.
4 Penyebab Dan Solusi Komputer Tidak Booting 4
4 penyebab dan solusi komputer tidak booting diatas merupakan cara paling dasar apabila kamu mengalami masalah tersebut. Selamat mencoba.

Facebook Page, Follow Twitter atau add Google + JalanTikus untuk terus mendapatkan informasi terbaru seputar teknologi dan download software terbaru untuk PC dan Apps Android dengan Gratis, Aman dan Cepat.

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Tips Mengatasi Komputer Tidak Mengeluarkan Suara

Tips Mengatasi Komputer Tidak Mengeluarkan Suara

4 Cara Cepat Mendinginkan Komputer

4 Cara Cepat Mendinginkan Komputer

Cara Periksa Perfroma Hardware Komputer dengan Mudah

Cara Periksa Perfroma Hardware Komputer dengan Mudah

Cara Mengetahui Error yang Disebabkan Hardware pada PC

Cara Mengetahui Error yang Disebabkan Hardware pada PC

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal