J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

4 Cara Percepat Performa Komputer

4 Cara Percepat Performa Komputer

Kamis, 5 Des 2013, 10:00 WIB
4 Cara Percepat Performa Komputer Lama menjadi sepert baru kembali dengan mudah tanpa harus keluar banyak biaya.

Perkembangan teknologi yang pesat belakangan ini membuat umur penggunaan komputer semakin pendek, apalagi untuk PC gaming. Game yang dirilis di pasaran saat ini semakin membutuhkan spesifikasi komputer yang tinggi dan harga komponen yang mahal menyebabkan sebagian orang mungkin tidak sanggup untuk mengikuti perkembangannya.

Lalu, bagaimana menyiasatinya? Salah satu caranya adalah dengan melakukan upgrade komputer untuk membuat komputer lama menjadi baru kembali.

Berikut ini beberapa upgrade yang bisa dilakukan untuk buat percepat Performa Komputer tanpa harus keluar banyak biaya :

Upgrade RAM

Percepat Komputer Ram
RAM adalah singkatan dari Random Access Memory yang digunakan oleh komputer sebagai bentuk performa ketika menjalankan proses. Apapun yang dijalankan pada komputer kamu secara sementara akan dijalankan di RAM.

Jika kamu menjalankan aplikasi lebih dari kemampuan RAM, komputer akan mulai menggunakan hard drive untuk menyimpan data temporer. Masalahnya, memory hard drive (disk cache) jauh lebih lambat dibandingkan RAM. Semakin besar RAM yang kamu miliki, maka komputer akan berjalan lebih cepat.

Kamu bisa menggunakan program system scanner Crucial untuk membaca spesifikasi komputer kamu dan memberikan saran RAM apa yang cocok untuk digunakan. Dengan meningkatkan RAM, kamu dapat memperpanjang umur penggunaan komputer kamu.

Upgrade Kartu Grafis

Percepat Komputer Slot Pci
Banyak kartu grafis yang menggunakan RAM untuk rendering grafis dan sebagian dari CPU untuk menjalankan proses grafik. Karenanya, melakukan upgrade kartu grafis yang memiliki memory dan processor sendiri bakal meningkatkan performa secara signifikan.

Sayangnya, upgrade ini hanya bisa dilakukan untuk pengguna desktop PC karena kartus grafis laptop tidak mudah untuk diganti.

Sebagian besar kartu grafis saat ini menggunakan slot PCI-E x16. Jika PC kamu berusia kurang dari 5 tahun, kemungkinan besar motherboard yang kamu gunakan memiliki slot PCI-E. Jika kamu kurang yakin, maka kamu bisa periksa PC kamu dengan membuka casing dan cek motherboard yang kamu gunakan. Ukurannya sekitar 4 inci dengan penjepit di bagian ujungnya. Warnanya tidak selalu biru atau hitam.

Setelah yakin motherboard kamu memiliki slot PCI-Ex16, maka kamu bisa segera membeli kartu grafis di toko komputer terdekat. Jika kamu bukan gamer, maka kartu grafis yang disarankan adalah ASUS GeForce GT610. Harganya tidak terlalu mahal dan sudah cukup untuk meningkatkan performa komputer secara keseluruhan.

Install OS yang Ringan

Percepat Komputer Luna_elementary_OS
Bagaimana jika RAM yang digunakan sudah maksimum dan kamu adalah pengguna laptop yang tidak bisa mengganti kartu grafis semudah pada PC desktop? Solusinya adalah menggunakan OS yang ringan sehingga tidak membebani mesin komputer kamu.

Windows adalah OS yang bagus dan banyak digunakan, namun memakan banyak resource. OS yang bisa kamu gunakan adalah Elementary OS, sebuah OS yang gratis dan cepat. OS ini pastinya akan membuat komputer kamu jadi lebih ngebut.

Tentu saja, proses instalasi ini mungkin tidak dapat dilakukan semua orang, apalagi yang awam. Bagi kamu yang ingin mencobanya, pastikan kamu menyimpan data-data penting di tempat lain sebelum menjalankan proses instalasi.

Gunakan SSD

Percepat Komputer Ssd
SSD atau Solid State Drive adalah hard drive performa tinggi yang mirip dengan memory pada smartphone atau tablet. Sayangnya, SSD saat ini masih terbilang mahal sehingga dengan harga yang cukup tinggi pun kamu mungkin tidak mendapatkan kapasitas yang besar. Bagi pengguna PC desktop, kamu bisa gunakan SSD untuk menjalankan OS dan gunakan hard drive standard untuk menyimpan data.

Kesimpulan

Dengan berbagai pilihan diatas, kamu dapat percepat performa komputer lama menjadi seperti baru kembali. Karenanya, jangan langsung membuang PC lama dan menggantinya dengan yang baru. Kamu punya tips membuat komputer lama menjadi baru kembali? Silakan share disini.

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Perbedaan Malware, Virus, Worm, Spyware dan Trojan

Perbedaan Malware, Virus, Worm, Spyware dan Trojan

Efek Negatif Memasang Dua RAM dengan Kapasitas Berbeda

Efek Negatif Memasang Dua RAM dengan Kapasitas Berbeda

5 Trik Perawatan Komputer yang Sering Dilupakan

5 Trik Perawatan Komputer yang Sering Dilupakan

4 Cara Untuk Meningkatkan Performa RAM Komputer

4 Cara Untuk Meningkatkan Performa RAM Komputer

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal