4 Cara Menghindari Mata Lelah

4 Cara Menghindari Mata Lelah

Bagi kamu yang menghabiskan banyak waktu di depan komputer, tentu pernah mengalami mata lelah karena terlalu lama bekerja bukan? Sakit kepala, mata perih, gatal atau mata lelah merupakan sindrom yang sering terjadi apabila seseorang terlalu lama bekerja di depan komputer.

Solusi yang paling tepat untuk masalah ini adalah dengan mengurangi waktu di depan komputer. Meninggalkan tempat duduk sejenak dan melihat keluar jendela merupakan cara yang sangat efektif untuk mengurangi mata lelah akibat bekerja terlalu lama. Sayangnya, mungkin tidak bisa dengan mudah meninggalkan meja kerja begitu saja untuk beristirahat bukan? Selain itu, seringkali ketika bekerja seseorang menjadi lupa waktu dan tidak ingat waktu untuk beristirahat.

Untuk membantu kamu mengurangi mata lelah ketika bekerja, maka kamu dapat menggunakan beberapa software gratis di bawah ini.

EyeDefender

EyeDefender menggunakan prinsip yang sama dengan aplikasi web eye relief lainnya, yaitu pengingat istirahat/ reminder.

Aplikasi ini berjalan pada system tray dan menjalankan count down untuk break/ istirahat berikutnya. Saat waktu istirahat tiba, kamu dapat memilih salah satu dari 4 pilihan istirahat mata, yaitu melihat gambar, melakukan sedikit olahraga mata, mengaktifkan screensaver atau menampilkan pesan pop-up sebagai pengingat/ reminder.

Latihan penglihatan singkat yang diberikan cukup berguna. Layar berubah menjadi gelap, kemudian kamu diminta mengikuti tampilan yang muncul, menggerakkan mata kamu. Dengan begini, mata kamu tidak hanya melihat titik yang konstan secara terus menerus.

Workrave

Workrave adalah software open-source break reminder yang memiliki pengingat micro-break (istirahat singkat), rest-break (istirahat panjang) dan batasan penggunaan komputer per hari.

Kamu dapat mengatur break sesuai keinginan dan kebutuhan kamu dan memilih untuk melewatkan/ skip atau menunda/ postpone waktu istirahat yang dijadwalkan. Break/ waktu istirahat yang muncul akan mengingatkan kamu untuk beristirahat sehingga kamu tidak bisa menggunakan komputer hingga waktu istirahat habis, kecuali kamu memilih untuk skip atau postpone waktu istirahat tersebut.

Saat waktu istirahat tiba, kamu bisa gunakan waktu tersebut untuk berdiri meninggalkan meja kerja sejenak untuk jalan-jalan atau menjalankan aktivitas sederhana yang ditawarkan Workrave.

f.lux

Jika kamu ingin menghilangkan mata lelah ketika bekerja, f.lux adalah program yang sangat cocok. Aplikasi yang sudah cukup dikenal ini secara otomatis mengatur tingkat cahaya monitor kamu berdasarkan waktu, mencegah mata lelah karena cahaya yang terlalu terang dalam ruangan yang gelap.

Untuk menggunakan software ini, kamu akan diminta untuk menentukan lokasi kamu dan f.lux akan secara otomatis menentukan waktu matahari terbenam untuk kemudian mengatur pencahayaan monitor secara otomatis.

Sunglasses

Sunglasses adalah extension untuk Google Chrome yang memungkinkan kamu untuk mengatur tingkat keterangan monitor untuk browser Chrome.

Untuk menggunakannya, kamu cukup mengakses Sunglasses di bagian kanan atas browser, atur tingkat kecerahan dan klik Save. Kamu dapat lanjut membaca atau bekerja dengan cahaya yang lebih ringan tanpa menyakitkan mata. Pengaturan ini hanya berlaku pada browser saja.

Extension Sunglasses juga mendukung keyboard shortcut yang memudahkan kamu melakukan pengaturan tanpa harus membuka menu pengaturan.

Tautan berhasil disalinX
x