J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

4 Cara Memperbaiki Masalah Black Screen

4 Cara Memperbaiki Masalah Black Screen

Kamis, 29 Mei 2014, 09:50 WIB
Komputer blue screen memberikan pesan error, tetapi tidak halnya pada masalah black screen, berikut 4 cara memperbaiki masalah Black Screen.

Setelah kemarin kita sempat membahas tentang 10 penyebab komputer blue screen, sekarang kita membahas masalah yang mirip yaitu Black Screen. BSOD biasanya dikenal dengan Blue Screen of Death yang disebabkan karena adanya kesalahan pada sistem, tetapi BSOD kali ini adalah Black Screen of Death. Black Screen lebih menyulitkan dibandingkan blue screen karena sistem tidak akan menampilkan pesan error apapun mengenai penyebab masalah. Dikutip dari Makeuseof, berikut adalah 4 cara memperbaiki masalah Black Screen:

[list type=decimal] [li]Masalah Software

Masalah perangkat lunak seringkali menjadi penyebab komputer menjadi black screen. Hal ini biasanya terjadi ketika kamu menjalankan program dengan mode full screen seperti games atau sedang menonton. Jika program tidak dapat menampilkan video maka kamu tidak akan dapat mengontrol komputer kamu. Pada keadaan ini komputer terlihat berjalan baik, tidak terjadi restart dan biasanya audio atau suara tetap berjalan hanya layar tidak bisa menampilkan apapun selain warna hitam.

Solusi: bisa dengan mengganti resolusi yang digunakan menjadi lebih rendah atau window mode. Selain itu coba jalankan program dengan Run as Administrator.

4 Cara Memperbaiki Masalah Black Screen 1
[/li] [li]Masalah pada Display

Video error merupakan masalah umum penyebah Black Screen, tidak ada output video yang membuat tampilan hanya berwarna hitam.

Solusi: Cek kabel penghubung DVI, HDMI, atau DisplayPort serta pastikan terpasang dengan baik dan tidak ada kerusakan pada kabel tersebut. Jika kamu baru mengganti monitor, pastikan kabel penghubung mendukung resolusinya karena beberapa versi DVI dan HDMI tidak support resolusi diatas 1080p. Jika masih black screen coba lepaskan VGA dan hubungkan monitor dengan VGA internal di motherboard, dan coba update driver VGA kamu.
4 Cara Memperbaiki Masalah Black Screen 2
[/li] [li]Overheat

Panas yang berlebih atau overheat mungkin menjadi masalah di hampir semua barang elektronik. Jika VGA yang mengalami overheat maka tampilan akan menjadi blackscreen, tetapi keadaan CPU seperti baik-baik saja. Jika overheat terjadi pada prosesor maka akan dilanjutkan dengan restart.

Solusi: Bersihkan CPU dan pastikan Fan pada prosesor, VGA, CPU berfungsi dengan normal.
4 Cara Memperbaiki Masalah Black Screen 3
[/li] [li]Masalah Power Supply

Power supply mungkin bagian paling penting dalam komputer tetapi paling sering dilewatkan, semua bagian di PC akan mendapat daya melalui power supply. Jika power supply tidak sanggup memenuhi daya pada salah satu part saja maka akan menyebabkan black screen.

Solusi: Perhatikan penggunaan daya pada masing-masing komponen, jika berlebih maka sebaiknya ganti dengan power supply yang lebih besar sehingga tidak membebani power supply dan tidak merusak komponen karena kurang daya.
4 Cara Memperbaiki Masalah Black Screen 4
[/li] [/list]

4 cara memperbaiki masalah Black Screen di atas merupakan masalah yang umum terjadi, jika kamu menemukan faktor lain bisa share dengan komentar di bawah ini. Simak terus tips komputer lengkap lainnya di Jalantikus.

Like Facebook Page, Gabung Grup Facebook, Follow Twitter atau add Google+ JalanTikus untuk terus mendapatkan informasi terbaru seputar teknologi dan download software terbaru untuk PC dan Apps Android dengan Gratis, Aman dan Cepat.

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
10 Penyebab Blue Screen di Windows

10 Penyebab Blue Screen di Windows

Penyebab dan Cara Mengatasi Blue Screen pada Windows

Penyebab dan Cara Mengatasi Blue Screen pada Windows

Tips Mencegah Komputer Blue Screen Karena Kepanasan

Tips Mencegah Komputer Blue Screen Karena Kepanasan

Apakah Debu Dapat Merusak Komputer Kita?

Apakah Debu Dapat Merusak Komputer Kita?

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal