J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Inilah 10 Browser Android Paling Ringan

Inilah 10 Browser Android Paling Ringan

WIB
Untuk menjelajahi dunia maya melalui smartphone, tentu dibutuhkan sebuah browser yang mumpuni. Ada banyak pilihan browser di Play Store namun kalian harus mengetahui browser apa saja yang ringan untuk digunakan.

Mencari informasi melalui internet saat ini bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Dengan menggunakan smartphone, kalian bisa mengakses internet untuk mendapatkan informasi dengan mudah. Untuk mengakses internet tentu saja dibutuhkan sebuah web browser. Ada banyak pilihan browser yang tersedia di Play Store yang bisa kalian download dan gunakan. Namun, kalian juga harus tahu browser apa yang paling ringan, cepat, dan mampu diandalkan untuk berselancar di dunia maya.

Ingin tahu apa saja browser paling ringan untuk smartphone Android? Simak ulasannya berikut ini.

BACA JUGA
  • Inilah 4 Browser Tercepat dan Terbaik Untuk Android
  • Sebelum Menyesal, Terapkan 5 Hal Penting ini di Browser Kamu
  • Cara Menghilangkan Iklan di Google Chrome Android GRATIS Tanpa Root

10 Browser Android Paling Ringan

1. UC Browser

Browser Android yang paling ringan untuk peringkat pertama adalah UC Browser. Browser ini memang tergolong ringan karena tidak rakus RAM ketika digunakan. Tampilannya sangat simple dan flat membuat browser ini sangat cepat saat membuka sebuah halaman. Selama penulis mencoba menggunakan browser ini, sama sekali tidak terjadi hang atau lag ketika berselancar di internet meskipun saat ketika membuka tab dengan jumlah yang cukup banyak.

1

Lebih istimewa lagi browser ini memilik Adblock bawaan yang dapat memblokir iklan-iklan yang mengganggu ketika kita berselancar. Hal ini juga membuat UC Browser dapat memuat halaman dengan lebih cepat. Tidak ketinggalan adanya fitur-fitur tambahan yang semakin membuat browser ini menarik. Selain ringan, UC Browser juga memuat berita-berita ter-update bahkan aplikasi dan video. UC Browser sangat cocok digunakan untuk smartphone Android dengan RAM yang terbatas.

Uc
UC Browser for Android 13.0.0.1288
Apps Browser UCWeb Inc.
DOWNLOAD

2. Puffin Browser

Mungkin tidak banyak pengguna Android yang menggunakan browser ini. Puffin Browser adalah salah satu browser yang ringan untuk digunakan. Size browser ini juga tergolong kecil sehingga tidak membebani memori smartphone Android. Menariknya, selain ringan dan cepat Puffin Browser juga dapat menghemat data hingga 60 persen. Sangat berguna untuk kalian yang menggunakan paket internet berbasis kuota sehingga tidak membuat kuota internet kalian cepat habis.

2

Browser Android yang ringan ini juga memiliki fitur yang menarik. Yaitu fitur shake untuk mendapatkan kualitas gambar paling tinggi ketika kita berselancar. Misalnya ketika kita mencari sebuah gambar melalui Google. Puffin Browser akan menampilkan thumbnail gambar dengan ukuran yang kecil. Hal ini agar gambar tersebut tidak memakan kuota internet kalian. Nah, jika kalian ingin mendapatkan gambar dengan ukuran sebenarnya, kalian tinggal menggoyangkan smartphone Android yang kalian gunakan.

Puffin Browser juga dapat menyimpan beberapa shortcut untuk membuka situs favorit kita. Karena tergolong browser Android yang ringan, saat kita menggunakan Puffin Browser kita dapat berpindah-pindah tab dengan cepat tanpa adanya hambatan. Ketika digunakan untuk membuka banyak tab sekaligus, browser ini juga tetap cepat dan stabil. Sayangnya tidak ada fitur AdBlock seperti yang dimiliki UC Browser. Sehingga ketika kita membuka halaman yang penuh dengan iklan, browser tersebut sedikit melambat.

Istimewanya Puffin Browser memiliki trackpad dan gamepad virtual. Namun browser ini tetap ringan ketika digunakan.

Puffin Free Icon
Puffin Free - Fast & Flash 4.1.4.1387
Apps Browser CloudMosa Inc.
DOWNLOAD

3. CM Browser

Browser Android paling ringan selanjutnya adalah CM Browser. CM Browser juga memiliki ukuran yang kecil. Ukurannya tidak lebih dari 5MB untuk digunakan. Browser ini memiliki tampilan yang flat dan simple sehingga sangat ringan ketika digunakan untuk browsing. Ketika CM Browser digunakan, browser ini sangat cepat dalam membuka satu halaman website. Selain ringan dan cepat CM Browser juga sangat smooth ketika berpindah dari satu halaman ke halaman lainnya.

3

Ketika kita berpindah tab, ada animasi gerakan yang sangat cantik. Meski demikian, browser tetap ringan untuk digunakan. CM Browser juga tergolong aplikasi yang tidak memakan banyak RAM. Ketika running atau digunakan, browser ringan ini hanya memakan 3MB dari kapasitas RAM. Sangat direkomendasikan untuk smartphone Android jadul dengan RAM yang kecil.

Sayangnya, CM Browser juga tidak memiliki AdBlock sehingga ketika membuka website yang penuh iklan, browser sedikit melambat. Meski demikian browser ini tetap sangat ringan untuk digunakan.

Cm Browser
CM Browser - Fast & Secure 5.20.02
Apps Browser Cheetah Mobile Inc
DOWNLOAD

4. Lightning Browser

Browser paling ringan untuk smartphone Android selanjutnya adalah Lightning Browser. Untuk ukuran download, Lightning Browser juga tergolong sangat kecil yaitu di bawah 2MB saja. Browser ini tidak memakan banyak memori sehingga tidak akan membebani smartphone Android kalian yang minim memorinya. Tampilan muka Lightning Browser juga cukup simple sehingga waktu untuk memuat satu halaman tidaklah begitu lama. Meskipun begitu ketika browser ini dicoba digunakan, waktu yang dihabiskan untuk membuka satu halaman cenderung lebih lambat dari CM Browser. Namun, browser ini tetap tergolong browser yang paling ringan untuk smartphone Android jika dibandingkan dengan browser lainnya.

4

Ketika dicoba untuk membuka beberapa tab sekaligus, Lightning Browser tetap berjalan dengan smooth tanpa adanya hambatan. Uniknya, untuk memilih tab yang telah dibuka, pengguna cukup menyapu layar smartphone Android dari sisi kiri ke kanan. Dengan begitu semua tab yang dibuka akan terlihat. Lightning Browser sangat cocok untuk kalian yang gemar membuka banyak tab sekaligus. Karena cepat, browser ini juga tetap ringan untuk digunakan.

Lightning Web Browser Icon
Lightning Web Browser 4.2.3.1
Apps Browser Anthony Restaino
DOWNLOAD

5. APUS Browser

Mungkin tidak banyak pengguna Android yang mengenal browser ini. Padahal, APUS Browser adalah salah satu browser Android yang paling ringan untuk digunakan. APUS Browser juga berukuran kecil yaitu tidak lebih dari 2MB untuk di-download. Tampilan halaman muka yang flat membuat browser ini tidak begitu berat ketika membuka satu halaman. APUS Browser juga memiliki fitur yang cukup lengkap yaitu adanya shortcut untuk membuka website favorit, berita ter-update hingga kondisi cuaca di lokasi sekitar kita.

5

Meski memiliki fitur yang cukup lengkap, APUS Browser tetap ringan. Bagi kalian pengguna smartphone Android dengan RAM yang minim, APUS Browser bisa menjadi salah satu rekomendasi yang baik.

Fitur lain yang diberikan browser ini adalah adanya Speed Mode sehingga dapat membuka satu halaman dengan lebih cepat. Namun konsekuensinya adalah RAM yang digunakan menjadi sedikit lebih besar. Juga ada fitur No Image pada browser ini, sehingga selain membuat browser ini menjadi lebih ringan kalian juga bisa menghemat kuota internet.

Meski banyak tab yang dibuka, performa APUS Browser tetap ringan dan cepat. APUS Browser juga memiliki fitur AdBlock sehingga ketika membuka sebuah halaman yang penuh dengan iklan, browser akan tetap terasa ringan.

Apus Browser Icon
APUS Browser-Fast,Easy,Small 1.0.3
Apps Browser Apus Group
DOWNLOAD

6. Dolphin

Dolphin memang menjadi browser yang cukup familiar bagi para pengguna smartphone Android. Berdasarkan pengalaman saat menggunakan Dolphin, browser ini juga ringan untuk digunakan. Ukuran download yang tidak melebihi 10MB tidak akan terlalu membebani smartphone Android kalian.

6

Ketika dicoba untuk membuka banyak tab, Dolphin tetap memberikan performa yang baik, ringan, dan cepat untuk digunakan. Sayangnya ketika digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama, browser terasa melambat dan cukup membebani smartphone.

Ketika diuji dengan membuka banyak tab sekaligus, Dolphin menghabiskan RAM hampir mencapai 100MB. Namun ketika satu persatu tab ditutup, konsumsi RAM yang digunakan juga terus berkurang.

Yang menarik dari Dolphin adalah ada banyak add on yang disediakan. Yang paling unik adalah adanya fitur untuk mengubah tampilan web ke PDF secara langsung. Meski tergolong ringan, untuk menggunakan browser ini agar tetap smooth setidaknya smartphone yang digunakan harus memiliki RAM sebesar 1GB.

Dolphin Browser Icon
Dolphin Browser 11.5.6
Apps Browser Dolphin Browser
DOWNLOAD

7. Next Browser

Next Browser juga pasti tidak begitu familiar untuk para pengguna smartphone Android. Padahal, browser ini termasuk salah satu yang tidak banyak membebani smartphone Android kalian alias ringan. Next Browser merupakan browser buatan GO Launcher. Next Browser memiliki fitur untuk pengaturan ON dan OFF Flash Player. Nah, fitur inilah yang membuat browser terasa lebih ringan saat digunakan. Ketika Flash Player berada pada status ON, maka browser sedikit terasa lebih berat. Namun jika Flash Player dimatikan maka Next Browser akan terasa jauh lebih ringan untuk digunakan.

7

Sayangnya ketika dicoba dalam jangka waktu yang cukup lama browser sedikit lebih lambat dari ketika pertama kali digunakan. Hal ini mungkin dikarenakan adanya pengaruh RAM pada smartphone yang digunakan. Apalagi ketika kita membuka aplikasi lain selain browser ini. Untuk smartphone Android lawas browser ini terhitung cukup berat. Namun untuk smartphone Android dengan RAM 1GB, Next Browser tergolong ringan untuk digunakan dan tetap smooth.

Next Browser Icon
Next Browser for Android 1.17
Apps Browser GO Launcher Dev Team
DOWNLOAD

8. Link Bubble

Link Bubble mungkin juga tidak begitu dikenal oleh pengguna smartphone Android. Namun browser ini sebenarnya salah satu yang cukup ringan untuk digunakan. Link Bubble sama seperti kebanyakan browser yaitu mendukung Flash Player dan cukup cepat dalam memuat halaman website. Sayangnya adanya animasi gerakan malah membuat browser ini sedikit lebih lambat.

8

Ketika berjalan di background, browser mengonsumsi cukup banyak RAM yaitu sekitar 70MB. Oleh karena itu disarankan agar tidak membuka terlalu banyak aplikasi lain ketika menggunakan browser ini. Saat dicoba untuk membuka banyak tab sekaligus, performa kecepatan browser ini menurun. Jadi sangat disarankan ketika menggunakan browser ini maksimaL tab yang bisa dibuka sekitar 5 hingga 8 tab.

Link Bubble Browser Icon
Link Bubble Browser 1.7.4
Apps Browser Link Bubble
DOWNLOAD

9. Opera Mini

Opera Mini bukanlah browser yang asing untuk digunakan. Browser ini memiliki reputasi yang cukup baik bagi para pengguna smartphone Android. Browser ini juga cukup ringan untuk digunakan meskipun tidak seringan UC Browser maupun Puffin Browser. Halaman muka Opera Mini juga cukup simple dan kita bisa menempatkan halaman favorit kita untuk akses yang lebih cepat.

9

Sayangnya ketika memuat website yang penuh dengan gambar, browser ini terasa lebih berat untuk digunakan. Juga tidak adanya AdBlock untuk membuang iklan-iklan yang mengganggu. Meski demikian ketika digunakan untuk berpindah-pindah tab browser ini tetap ringan dan cepat untuk digunakan.

Opera Icon
Opera Mini - Fast Web Browser 47.0.2254.146760
Apps Browser Opera Software
DOWNLOAD

10. Chrome

Untuk sebagian smartphone Android, Chrome adalah browser bawaan yang dapat digunakan untuk berselancar di internet. Reputasi Chrome sebagai web browser untuk komputer memang terbilang ringan dan cepat, apalagi jika dibandingkan dengan browser lain seperti Mozilla. Namun untuk digunakan pada smartphone Android, meski ringan Chrome masih lebih berat jika dibandingkan dengan browser lainnya.

Chrome juga tidak memiliki AdBlock seperti yang dimiliki UC Browser. Hal ini juga membuat Chrome sedikit lebih berat dari yang lainnya. Ketika digunakan Chrome memang terbilang ringan untuk membuka berbagai situs, namun ketika digunakan dalam waktu yang lama terjadi lag yang cukup mengganggu sehingga kalian harus mengurangi jumlah tab yang kalian buka. Untuk menggunakan Chrome, sangat disarankan smartphone yang digunakan memliliki RAM minimal 2GB agar Chrome bisa berjalan baik, smooth, dan lebih cepat.

Nah, itu tadi adalah 10 Browser Android Paling Ringan. Kalian dapat memilih sesuai kebutuhan dan selera kalian. Semoga membantu! :D

ARTIKEL TERKAIT
Antivirus Browser Extension Banner

Jangan Install Extension Antivirus Ini Di Browser Jika Gak Mau Kena Virus!

Website Error

Mengenal Kode Error yang Muncul di Browser

E70a339f462a6bbd015b0a58cbfdbf47

5 Ekstensi Browser yang Wajib Dipasang Demi Keamanan Kamu Sendiri

Keyboard Shortcut Youtube Banner

5 Shortcut YouTube yang Pasti Belum Pernah Kamu Tahu

Browser2

Inilah 4 Browser Tercepat dan Terbaik Untuk Android

APPS TERKAIT
Uc
UC Browser for Android 13.0.0.1288
Apps UCWeb Inc.
Firefox Quantum Logo 2017 Icon
Mozilla Firefox Quantum 66.0.1
Apps Mozilla Organization
Connectify Lite Icon
Connectify LITE 2015 - 1.0.35473
Apps Connectify
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Inilah Browser Terbaik untuk PC dengan RAM di Bawah 2GB

Inilah Browser Terbaik untuk PC dengan RAM di Bawah 2GB

Beberapa Keunggulan Baidu Browser yang Perlu Kamu Ketahui

Beberapa Keunggulan Baidu Browser yang Perlu Kamu Ketahui

Inilah 10 Web Browser Terbaik Pengganti Google Chrome

Inilah 10 Web Browser Terbaik Pengganti Google Chrome

5 Aplikasi Browser Paling Aman di Android yang WAJIB Kamu Punya!

5 Aplikasi Browser Paling Aman di Android yang WAJIB Kamu Punya!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal