Mengenal DHCP Beserta Fungsi & Cara Kerjanya

Default

DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) adalah salah satu protokol internet yang sangat penting untuk memudahkan pengelolaan jaringan.

Protokol ini biasanya terdapat dalam DHCP server dan bekerja secara otomatis untuk mengenali perangkat yang terhubung di sebuah jaringan.

Namun, apa itu DHCP sebenarnya? Bagaimana fungsi cara kerjanya? Untuk menjawab pertanyaan ini, silakan baca penjelasan Jaka di bawah ini.

Pengertian DHCP

DHCP Adalah 1 6484b
Sumber foto: SMKS Tunas Pelita Binjai

DHCP merupakan singkatan dari Dynamic Host Configuration Protocol. DHCP sendiri adalah protokol yang digunakan untuk memudahkan persebaran alamat IP (internet protocol) secara otomatis ke perangkat lainnya.

Bagi kamu yang biasanya mencari panduan cek IP Address di laptop atau HP, pastinya familier dengan istilah ini, apalagi sebelumnya pernah Jaka tulis di sini.

Cara Cek Ip Address 54fe0
6 Cara Cek IP Address Di HP & Laptop Paling Akurat, Sudah Coba?
Penasaran dengan IP address HP atau laptop kamu? Nih, Jaka kasih cara cek IP address HP dan laptop terlengkap yang bisa kamu coba!
LIHAT ARTIKEL

Tanpa adanya DHCP, konfigurasi harus dilakukan secara manual di setiap perangkat komputer agar bisa mendapatkan alamat IP yang berbeda. Tentu saja hal ini sangat merepotkan, apalagi jika konfigurasi dilakukan pada jaringan besar.

Nah, komputer yang memberikan IP Address biasa disebut DHCP Server, sedangkan komputer yang melakukan request disebut sebagai DHCP Client.

Maka dari itu, fungsi DHCP server secara umum adalah memberikan IP Address secara otomatis kepada perangkat yang melakukan permintaan konfigurasi.

Perbedaan DHCP Server dan DHCP Client

DHCP Adalah 2 9e06c
Sumber foto: Huawei Technical Support

Tadi di atas sudah Jaka jelaskan singkat tentang DHCP Server dan DHCP Client. Dalam poin ini, Jaka akan coba jabarkan secara lebih rinci.

DHCP Server merupakan perangkat yang bertugas untuk mengatur dan memberikan alamat IP kepada komputer client secara otomatis.

DHCP Client adalah komputer, smartphone/HP, serta perangkat lain yang menerima alamat IP dari DHCP server.

Biasanya, DHCP Server akan memberikan IP Address khusus kepada client. Sayangnya, alamat ini dapat kadaluarsa dalam waktu tertentu.

Untungnya, DHCP Server sendirilah yang akan memperbaharui alamat tersebut, sehingga client bisa tetap menerima konfigurasi tanpa harus berbuat apa-apa.

Fungsi DHCP Server

Konfigurasi jaringan tidak akan berhasil tanpa keberadaan DHCP Server. Maka jika diringkas, fungsi DHCP Server adalah sebagai berikut.

  1. Mengelola dan mendistribusikan IP Address. Proses pendistribusian ini berlangsung secara otomatis tanpa adanya campur tangan client.

  2. Mencegah terjadinya IP Conflict IP Conflict atau dua perangkat punya alamat IP yang sama tidak akan terjadi karena diatus secara otomatis.

  3. Memperbaharui IP Address secara otomatis. Mengingat alamat IP punya tanggal kadaluarsa, menjadi tugas DHCP server untuk memperbaharuinya secara otomatis.

  4. Mendukung penggunaan kembali IP Address. Alamat IP lama bisa kembali digunakan oleh client dengan syarat tidak dipakai perangkat client lainnya.

Cara Kerja DHCP Server

DHCP Adalah 3 7bab6
Sumber foto: Wireless Mode

Setelah memahami pengertian dan fungsi DHCP, maka Jaka akan menjelaskan secara singkat bagaimana cara kerjanya berikut ini.

  1. IP Least Discovery: client akan mengirimkan pesan DHCPDISCOVER ke subnet jaringan untuk meminta alamat IP yang tersedia pada DHCP server.

  2. IP Least Offer: server membuat penawaran dengan mengirim pesan DHCPOFFER ke client yang isinya ID klien, alamat IP yang ditawarkan, subnet mask, durasi penggunaan, dan alamat IP DHCP server.

  3. IP Lease Request: client memberikan pesan DHCPREQUEST kepada server agar meminjamkan salah satu IP address yang tersedia.

  4. IP Lease Acknowledge: server akan mengirimkan paket DHCPACK kepada client yang isinya IP Address, durasi sewa, dan informasi konfigurasi lainnya.

Akhir Kata

Itulah tadi penjelasan Jaka mengenai pengertian DHCP beserta fungsi dan cara kerjanya.

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Membuka Situs Yang Diblokir 5adb0
6 Cara Membuka Situs yang Diblokir di PC & HP, Dijamin Ampuh!
Untitled Design 16 Dfe97
3 Cara Menghapus Cache di Laptop | Bisa Hapus Cache Chrome Juga!
Ekstensi Vpn Chrome Banner 11cce
10 Ekstensi VPN Google Chrome Terbaik 2021, Internetan Semakin Bebas!
Download Google Chrome 64 Bit 8a94d
Download Google Chrome 64-bit & 32-bit Terbaru, Browser Cepat Anti Ribet!
Idm Extension Chrome 30fc7
IDM Tidak Muncul di Google Chrome? Begini Cara Mengaktifkannya
Vpn Pc Terbaik 5b648
12 Aplikasi VPN PC Terbaik & Anti Blokir 2021 | Internetan Sepuasnya!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal