China Mulai Kembangkan Jaringan 6G | Dua Perusahaan Siap Bantu

China diisukan sudah mulai tancap gas untuk melakukan pengembangan jaringan 6G. Padahal saat ini teknologi jaringan 5G masih belum tersebar merata di seluruh dunia.

China memang menjadi negara yang mengadopsi teknologi jaringan 5G pertama di dunia pada tahun 2019 lalu.

Selain itu negeri Tirai Bambu tersebut sudah menjadi pasar terbesar pengguna 5G yang terbesar saat ini.

Tidak tinggal diam saja, China pun mulai berupaya mempertahankan posisinya sebagai yang terdepan dalam teknologi jaringan ponsel dengan mengembangkan jaringan 6G seperti yang dilansir dalam Gizchina.

Rumor terkait dengan pengembangan jaringan terbaru ini pun bukan yang pertama kali mencuat. Pada pertengahan tahun lalu sempat beredar informasi serupa rencana China itu.

Disebutkan kalau teknologi 6G mempunyai keunggulan yang signifikan dengan potensi yang besar untuk penggunaan aplikasi militer, apabila dibandingkan dengan 5G.

"Apabila teknologi 6G diperkenalkan ke militer, itu pasti akan berdampak besar pada kegiatan militer, seperti pembentukan perang, pengembangan peralatan, dan komunikasi medan perang," seperti yang dikutip dalam Nextren.

Pengembangan 6G Dibantu Dua Perusahaan

Teknologi 7g 603e8

Selain itu beredar kabar bahwa sudah ada dua perusahaan telekomunikasi yang berencana membantu Pemerintah China dalam mewujudkan pengembangan jaringan 6G tersebut.

Perusahaan pertama adalah Huawei yang bakal mencoba untuk membangun jaringan 6G untuk pertama kalinya. Perusahaan teknologi asal China ini jadi salah satu perusahaan terdepan dalam urusan perluasan 5G di berbagai belahan dunia.

Selain itu Gizchina menyebut ada perusahaan teknologi China, ZTE yang dikabarkan akan memulai proses dalam pengembangan jaringan 6G tersebut.

Perusahaan ini juga menegaskan kalau tim pra-penelitiannya sudah meningkatkan kinerja untuk mengatasi beragam teknologi protipe 6G yang utama.

Persiapan Huawei dan ZTE

Jaringan 6g 2479d

Ren Zhengfei, selaku CEO dan Pendiri perusahaan Huawei, pada bulan Juni 2020 tahun lalu menyatakan kalau perusahaannya akan menjadi pemimpin pada proyek pengembangan jaringan 6G.

Huawei juga ikut berkolaborasi dengan Galaxy Aerospace dan China Unicorn dalam usaha mencapai integrasi ruang-udara-darat untuk mengembangkan jaringan ini.

Huawei bahkan telah membangun pusat R&D (pengembangan dan penelitian) 6G di Perancis. Sedangkan, ZTE menekankan pada tanggal 28 Desember jika perusahaannya sudah berinvestasi pada R&D 6G.

ZTE juga ikut aktif melakukan hubungan pertukaran dan kerja sama bersama perusahaan dari industri yang bisa membantunya untuk mengembangkan jaringan 6G.

Kapan Jaringan 6G Akan Hadir?

Kecepatan 6g Daccc

Berdasarkan prediksi dari Ren Zhengfei di bulan Juni tahun lalu, ia menjelaskan kalau tampaknya akan memerlukan waktu yang cukup lama dalam mengembangkan jaringan 6G ini.

Bahkan Zhengfei memperkirakan kalau jaringan 6G baru bisa diperkenalkan ke publik di tahun 2030. Artinya, masyarakat dunia perlu menunggu selama hampir satu dekade, untuk bisa menggunakan jaringan baru itu.

Menurut kamu apakah keberadaan jaringan 5G ini akan lebih bisa membuat kemudahan dalam keperluan manusia? Kita nantikan saja kehadirannya di dunia!

Baca juga artikel seputar Apps atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana

ARTIKEL TERKAIT
Aplikasi Cari Teman Sekitar Terbaik 2020 Banner Ba87c
10 Aplikasi Cari Teman di Sekitar Kita Terbaik 2020, Bisa Dapat Jodoh?
Aplikasi Pencari Kerja 7a188
8 Aplikasi Pencari Kerja Terpercaya & Terbaik, Setiap Hari Ada Loker!
Aplikasi Edit Nama Ac2cf
7 Aplikasi Edit Nama Terbaik & Terbaru 2020 | Nama Makin Kece!
Aplikasi Al Quran Terbaik 277be
12 Aplikasi Al Quran Bahasa Indonesia Terbaik dan Terlengkap 2021
0 Vnxpzxovujy72qvg Custom 5a5dc
Cara Mudah Mengubah Bahasa di Aplikasi Google Classroom di HP & PC
Menerjemahkan Tulisan Lewat Kamera Banner 4ad20
Trik Cepat untuk Menerjemahkan Tulisan Bahasa Asing dengan Kamera, Gak Ribet!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal