Profil 8 Stadion Piala Dunia 2022 di Qatar, Ada yang dari Ratusan Kontainer!

Default

Yuk, intip deretan stadion Piala Dunia 2022 Qatar yang akan menjadi venue utama pada pesta sepak bola terakbar kali ini. Kamu dijamin bakal dibuat takjub, deh!

Seperti yang kita tahu, Qatar yang ditunjuk sebagai tuan rumah sudah menggelontorkan begitu banyak dana untuk menyelenggarakan ajang bergengsi ini.

Salah satu yang menjadi perhatian adalah di sektor venue pertandingan. Mereka kini sudah menyiapkan sebanyak 8 stadion Piala Dunia 2022 dengan desain ciamik serta didukung teknologi canggih. Bahkan, ada juga stadion yang terdiri dari tumpukan kontainer, loh.

Tentu kamu penasaran, kan? Meski penampakan stadion-stadion ini nantinya bisa kamu saksikan pada live streaming Piala Dunia nanti, namun tak ada salahnya untuk kenalan lebih dulu.

Berikut adalah profil stadion Piala Dunia Qatar lengkap dengan fakta-fakta menariknya. Simak sampai habis, ya!

1. Stadion Lusail Iconic

Lusail Iconic Stadium E5948
Sumber foto: IST - Stadion Piala Dunia 2022

Stadion Lusail Iconic menjadi stadion terbesar yang ada di Qatar. Berlokasi di Lusail, stadion final Piala Dunia 2022 ini memiliki kapasitas sebanyak 80.000 penonton.

Uniknya, Kota Lusail sendiri bukanlah kota yang besar. Dengan kapasitas sebesar itu, kota yang berjarak 15 kilometer dari pusat kota Doha ini sebenarnya hanya punya populasi sebanyak 200.000 orang saja.

Sedangkan ketika Piala Dunia usai, ada rencana jika stadion ini akan menjadi pusat komunitas pendidikan dan masyarakat di sana. Selain itu, sebagian besar kursinya juga akan dipindahkan dan didonasikan.

Adapun stadion yang memiliki desain melinggar ini baru dimulai pembangunannya setelah Qatar sudah dipastikan menjadi tuan rumah, yaitu pada 2010 silam. Desainnya sendiri terinspirasi dari karya seni berupa lampion yang banyak tersebar di seluruh tanah Arab.

2. Stadion Al-Bayt

Al Bayt Stadium C55fe
Sumber foto: IST - Stadion Piala Dunia 2022

Stadion Al-Bayt yang terletak di Kota Al-Khor akan menjadi tempat untuk pertandingan pembuka antara Qatar melawan Ekuador. Selain itu, stadion ini bersama dengan stadion Lusail Iconic juga akan menjadi venue semifinal Piala Dunia.

Berkapasitas sebanyak 60.000 kursi, stadion ini mengusung desain berbentuk tenda Bedouin. Hal itu terlihat dari bentuk atapnya yang tampak punya gelombang-gelombang tajam.

Stadion ini pun terbilang baru, karena baru dibangun pada 2015 silam dan baru dibuka secara resmi pada awal tahun 2022. Ketika itu, peresmiannya bertepatan dengan Hari Olahraga Nasional di Qatar.

Sayangnya, banyak pihak yang mengeluhkan sulitnya akses menuju stadion ini karena diluar jangkauan sistem transportasi ibu kota Doha.

3. Stadion Education City

Education City Stadium 2fdf4
Sumber foto: IST - Stadion Piala Dunia 2022

Seperti namanya, Stadion Education City ini terletak di antara kampus universitas di Al Rayyan, tepat di sebelah barat Doha. Untuk yang satu ini, aksesnya terbilang mudah karena bisa dijangkau menggunakan kereta metro.

Stadion yang punya kapasitas sebanyak 40.000 penonton ini memiliki desain modern yang dipadukan dengan atsitektur Islam tradisional.

Nantinya, stadion ini akan menggelar salah satu pertandingan babak perempat final. Namun setelah event selesai, kapasitas stadion ini kemungkinan besar akan dikurangi, begitu juga dengan Stadion Al-Bayt.

4. Stadion Al Janoub

Al Janoub Stadium Bf11f
Sumber foto: IST - Stadion Piala Dunia 2022

Terletak di Kota Al-Wakrah, Stadion Al-Janoub memiliki kapasitas sebanyak 40.000 kursi. Desainnya tergolong unik, karena terinspirasi dari perahu tradisional yang biasa digunakan untuk menyelam dan memancing mutiara.

Namun jika dilihat dari dalam, stadion ini cenderung mengadopsi desain layaknya stadion-stadion besar di Inggris maupun di Eropa secara umum. Apalagi, adanya teknologi hemat energi seperti pendingin cerdas semakin menambah kesan moder pada venue ini.

5. Stadion Ahmad Bin Ali

Ahmad Bin Ali Stadium C5861
Sumber foto: IST - Stadion Piala Dunia 2022

Jika kebanyakan stadion sebelumnya merupakan stadion baru, maka Stadion Ahmad Bin Ali merupakan stadion lama yang menjadi kandang bagi salah satu klub tersukses di Qatar, Al Rayyan FC.

Letaknya pun masih di Kota Al Rayyan dan hanya berjarak satu pemberhentian kereta dari Stadion Education City. Adapun kapasitasnya yang sekarang sebanyak 40.000 kursi, nanti akan dikurangi hingga setengahnya ketika turnamen usai.

6. Stadion Khalifa International

Khalifa International Stadium Aade6
Sumber foto: IST - Stadion Piala Dunia 2022

Stadion Khalifa International merupakan stadion terlama dan satu-satunya yang sudah ada sebelum Qatar ditetapkan jadi tuan rumah Piala Dunia 2022. Soalnya, stadion ini sudah dibangun sejak tahun 1979 silam.

Stadion berkapasitas 40.000 penonton yang terletak di ibu kota Doha ini juga sudah sering menggelar pertandingan bergengsi internasional, di antaranya seperti laga final Asian Cup 2011 dan Club World Cup 2019 untuk laga Liverpool vs Flamengo.

Nantinya, stadion ini akan menjadi laga pembuka antara Inggris melawan Iran. Jadi, para skuad terbaik negara Piala Dunia 2022 dipastikan juga akan berlaga di sini.

7. Stadion Al-Thumama

Al Thumama Stadium D668b
Sumber foto: IST - Stadion Piala Dunia 2022

Stadion Al-Thumama memiliki kapasitas sebanyak 40.000 penonton dan juga terletak di selatan pusat Doha, dekat dengan Bandara Internasinal Hamad.

Corak luar dan bentuk atap stadionnnya mirip bentuk gahfiya, semacam topi tradisional yang banyak dikenakan para pria di penjuru Timur Tengah. Namun, kapasitasnya nanti akan dikurangi menjadi 20.000 setelah Piala Dunia usai.

8. Stadion 974

974 Stadium 5f914
Sumber foto: IST - Stadion Piala Dunia 2022

Ya, inilah stadion paling unik yang bakal dipakai pada Piala Dunia Qatar nanti, yaitu Stadion 974. Selain namanya yang unik, desain stadion ini juga sangat menarik karena disusun dari ratusan kontainer.

Tentu kamu bertanya-tanya kenapa namanya bisa "974"? Hal itu karena 974 sendiri merupakan kode panggilan internasional untuk Qatar. 974 pun mewakili jumlah kontainer yang digunakan untuk pembangunan stadion.

Sementara menurut informasi yang beredar saat ini, stadion berkapasitas 40.000 penonton tersebut kabarnya akan benar-benar dibongkar setelah Piala Dunia berlangsung. Wah, sayang banget, ya?

Daftar Stadion yang Dipakai Pada Piala Dunia 2022 Qatar

  • Stadion Lusail Iconic
  • Stadion Al-Bayt
  • Stadion Education City
  • Stadion Al Janoub
  • Stadion Ahmad Bin Ali
  • Stadion Khalifa International
  • Stadion Al-Thumama
  • Stadion 974

Akhir Kata

Itulah tadi profil dan fakta-fakta menarik seputar deretan stadion Piala Dunia 2022 yang akan digunakan di Qatar nanti. Secara desain dan teknologi yang diusung, bisa dikatakan sebagai yang terbaik di dunia, deh.

Hanya saja, cukup disayangkan mengingat hampir semua stadion akan dikurangi kapasitasnya setelah event World Cup 2022 usai. Bahkan ada juga yang bakal dibongkar hingga tak bersisa, loh.

Apapun itu, semoga pesta sepak bola ini akan berlangsung seru, ya. Buat kamu yang gak mau melewatkan seluruh laga di ajang ini, silakan cek jadwal Piala Dunia 2022 terlengkap melalui artikel berikut.

Jadwal Piala Dunia 2022 Terlengkap 7de51
Jadwal Piala Dunia 2022 Mulai Fase Grup Hingga Babak Final, Anti Ketinggalan Match!
Pesta sepak bola paling bergengsi sudah tiba. Berikut adalah jadwal Piala Dunia 2022 terlengkap beserta TV yang menyiarkannya. Cek selengkapnya di sini!
LIHAT ARTIKEL

Baca juga artikel seputar Sport atau artikel menarik lainnya dari Muhammad Irsyad.

ARTIKEL TERKAIT
Situs Nonton Anime B7d73
14 Situs Nonton Anime Sub Indo Terbaik & Terbaru 2022 Resmi, Bukan Anoboy atau Oploverz
Aplikasi Live Streaming Game 73976
10 Aplikasi Live Streaming Game Terbaik 2022, Jalan Terbaik Jadi Streamer Beken!
Situs Nonton Film Indonesia Online Streaming Terbaik 2020 Koleksinya Lengkap 6de6f
11+ Situs Nonton Streaming Film Indonesia Terbaik 2022, Koleksi Lengkap!
Situs Nonton Drama Korea 83eaa 69bb6
15+ Situs Nonton Drama Korea Sub Indo Terbaik 2021, Gratis!
Situs Nonton Film Streaming Gratis Terbaik 8d0e4
19 Situs Nonton Film Gratis & Terbaik 2023, Paling Update dan Aman!
Aplikasi Tv Online 198c6
27 Aplikasi Nonton TV Online di Android & PC Terbaik 2023, Gratis & Kualitas HD
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal