Profil Belanda di Piala Dunia 2022, Waktunya Akhiri Kutukan Runner Up?

Default

Profil Belanda sebagai salah satu perwakilan dari Eropa di Piala Dunia 2022 kali ini menarik untuk diselami. Meskipun belum pernah merasakan manisnya menjadi juara di ajang ini, Timnas Belanda tetap salah satu kekuatan sepak bola dunia.

"De Oranje" (julukan Timnas Belanda) dipercaya akan memanfaatkan momen kembalinya mereka di pesta sepak bola terbesar ini setelah absen pada edisi sebelumnya. Belanda harus menelan pil pahit karena gagal lolos ke Piala Dunia 2018.

Di Indonesia, Belanda merupakan salah satu kontestan Piala Dunia yang banyak difavoritkan penggemar bola. Selain berisikan pemain-pemain bintang, ada cukup banyak orang Indonesia yang memiliki darah keturunan Belanda sehingga merasa harus mendukung tim satu ini.

Apakah kamu juga mendukung timnas yang identik dengan jersey berwarna oranye ini? Simak profil Belanda di Piala Dunia Qatar 2022 berikut.

Profil Timnas Belanda Piala Dunia 2022

Profil Timnas Belanda Piala Dunia 2022
Sumber foto: GOAL - Profil Belanda

Timnas Belanda pada Piala Dunia 2022 hadir dengan komposisi mayoritas pemain berpengalaman dan beberapa pemain muda. 26 pemain pilihan pelatih Louis van Gaal diprediksi mampu membawa Belanda melangkah jauh di Piala Dunia kali ini.

Van Gaal sama sekali tak ragu dengan kualitas para pemain yang dibawanya ke Qatar dan bahkan berani menyebut sebagai salah satu calon juara. Di sisi lain, eks pelatih Manchester United itu tidak membawa sejumlah nama tenar seperti Jasper Cillessen, Donny van de Beek, atau Ryan Gravenberch.

Profil Pelatih: Louis van Gaal

Louis van Gaal ditunjuk sebagai pelatih Timnas Belanda untuk ketiga kalinya pada 2021 menggantikan Frank de Boer. Van Gaal hadir di Piala Dunia 2022 dengan status salah satu di antara pelatih tertua.

Era kepemimpinan Belanda di tangan Van Gaal terjadi pada 2000-2002, 2012-2014, dan terakhir terjadi pada 2021 hingga saat ini. Prestasi terbaik yang diukir oleh pria berusia 71 tahun itu adalah membawa Belanda mencapai peringkat 3 di Piala Dunia 2014.

Van Gaal tidak hanya berpengalaman di level timnas. Dia juga pernah menangani klub-klub terbaik dunia, seperti Manchester United, Barcelona, Bayern Munich, hingga Ajax Amsterdam.

Pemain Kunci: Frenkie de Jong

Frenkie de Jong telah membuktikan kualitasnya dengan menjadi incaran banyak klub pada bursa transfer beberapa waktu lalu. Peran pemain berusia 25 tahun ini sangat krusial di lini tengah Timnas Belanda.

De Jong diharapkan bisa menjadi motor serangan dan penyeimbang di lini tengah dari Timnas Belanda. Pemain ini memang pandai membaca arah serangan lawan dan juga sering membantu serangan timnya dengan umpan-umpan berkelas.

Selain Frenkie de Jong, nama-nama lain seperti Justin Bijlow, Virgil van Dijk, dan Vincent Janssen tentu patut menjadi sorotan para calon lawan. Pada Piala Dunia kali ini, Belanda tergolong hadir dengan komposisi lengkap pada setiap lini.

Skuad Timnas Belanda

  • Kiper: Justin Bijlow (Feyenoord), Andries Noppert (Heerenveen), Remko Pasveer (Ajax).

  • Belakang: Nathan Ake (Manchester City), Daley Blind (Ajax) Virgil van Dijk (Liverpool), Denzel Dumfries (Inter), Jeremie Frimpong (Bayer Leverkusen), Matthijs de Ligt (Bayern Munchen), Tyrell Malacia (Manchester United), Jurrien Timber (Ajax), Stefan de Vrij (Inter Milan).

  • Tengah: Steven Berghuis (Ajax), Frenkie de Jong (Barcelona), Davy Klaassen (Ajax), Teun Koopmeiners (Atalanta) Marten de Roon (Atalanta), Xavi Simons (PSV), Kenneth Taylor (Ajax).

  • Depan: Steven Bergwijn (Ajax), Memphis Depay (Barcelona), Cody Gakpo (PSV), Vincent Janssen (Antwerp), Luuk de Jong (PSV), Noah Lang (Club Brugge), Wout Weghorst (Besiktas).

Formasi Terbaik Timnas Belanda

Formasi Terbaik Timnas Belanda
Sumber foto: FIFA - Profil Belanda

Sebagai juru taktik berpengalaman, Louis van Gaal tentunya sudah menyiapkan berbagai strategi dan formasi terbaik untuk tim asuhannya. Belanda yang dikenal dengan gaya main menyerang, besar kemungkinan akan selalu memakai tiga pemain penyerang di depan.

Belanda dapat mengusung formasi 3-4-1-2, 3-4-3, atau 4-3-3 yang menjadi salah satu formasi standar saat sebuah tim mengandalkan tiga pemain depan sekaligus. Untungnya, Belanda punya cukup banyak opsi pemain yang bisa mengisi formasi tersebut.

Berikut opsi formasi terbaik yang bisa Belanda terapkan pada Piala Dunia 2022 berdasarkan komposisi pemain saat ini.

Formasi 1 (4-3-3).

  • GK: Justin Bijlow
  • RB: Daley Blind
  • CB: Virgil van Dijk
  • CB: Matthijs de Ligt
  • LB: Tyrell Malacia
  • CM: Frenkie de Jong
  • CM: Steven Berghuis
  • CAM: Davy Klaassen
  • RW: Memphis Depay
  • ST: Luuk de Jong
  • LW: Steven Bergwijn

Formasi 2 (3-4-1-2).

  • GK: Remko Pasveer
  • CB: Jurrien Timber
  • CB: Virgil van Dijk
  • CB: Nathan Ake
  • CM: Jeremie Frimpong
  • CM: Frenkie de Jong
  • CM: Teun Koopmeiners
  • CM: Daley Blind
  • CAM: Davy Klaassen
  • ST: Cody Gakpo
  • ST: Steven Bergwijn

Fakta-fakta Menarik Timnas Belanda

Fakta Fakta Menarik Timnas Belanda
Sumber foto: PA - Profil Belanda

Berbicara profil Belanda, tentu tidak lengkap jika tidak membahas fakta-fakta menarik tentang timnas satu ini. Selain menjadi negara yang dijuluki "Juara Tanpa Mahkota", berikut beberapa fakta timnas Belanda lainnya.

  • Belanda tiga kali hampir menjuarai Piala Dunia setelah menjadi runner up pada 1974, 1978, dan 2010.

  • Timnas Belanda pertama kali menjalani pertandingan resmi saat melawan Belgia pada 1905 silam. Belanda langsung menjadi salah satu negara yang diperhitungkan di level dunia karena sudah tampil di Olimpiade sejak 1908.

  • Belanda batal ikut Piala Dunia edisi pertama pada 1930 karena biaya perjalanan yang terlalu mahal ke Uruguay. Mereka baru ikut Piala Dunia kedua pada 1934 saat Swiss menjadi tuan rumah.

  • Belanda menjadi satu-satunya tim yang lolos ke Piala Dunia 2022 dengan mencatatkan clean sheet atau tanpa kebobolan dari masing-masing tiga pertandingan Piala Dunia terakhir mereka.

Jadwal Belanda di Piala Dunia 2022

Jadwal Belanda Di Piala Dunia 2022
Sumber foto: IST - Profil Belanda

Belanda bakal tergabung di grup A saat tampil di Qatar, dengan menghadapi tuan rumah Qatar, Senegal, dan Ekuador. Di atas kertas, Belanda lebih unggul dibanding ketiga calon lawannya nanti.

Berikut jadwal pertandingan timnas Belanda di Piala Dunia 2022:

  • Belanda vs Senegal - Senin, 21 November 2022 (23.00 WIB)
  • Belanda vs Ekuador - Jumat, 25 November 2022 (23.00 WIB)
  • Belanda vs Qatar - Selasa, 29 Desember 2022 (22.00 WIB)

Sementara buat kamu yang ingin mengetahhui jadwal Piala Dunia 2022 secara lengkap, silakan kunjungi artikel Jaka lainnya di bawah ini. Catat kapan tim jagoanmu bertanding selama di Qatar!

Jadwal Piala Dunia 2022 Terlengkap 7de51
Jadwal Piala Dunia 2022 Mulai Fase Grup Hingga Babak Final, Anti Ketinggalan Match!
Pesta sepak bola paling bergengsi sudah tiba. Berikut adalah jadwal Piala Dunia 2022 terlengkap beserta TV yang menyiarkannya. Cek selengkapnya di sini!
LIHAT ARTIKEL

Link Streaming Nonton Belanda di Piala Dunia 2022

Link Streaming Nonton Brasil Di Piala Dunia 2022
Sumber foto: Vidio - Profil Belanda

Siaran langsung pertandingan-pertandingan Piala Dunia 2022 sebenarnya bisa disaksikan di stasiun televisi yang memegang hak siar. Namun, sebagian orang memilih menonton secara streaming karena dirasa lebih praktis dan fleksibel.

Pendukung layar kaca tim nasional Belanda di Tanah Air dapat menyaksikan siaran pertandingannya secara streaming melalui website vidio.com. Vidio.com sendiri adalah salah satu pemegang hak siar Piala Dunia 2022.

Berikut link streaming nonton Timnas Belanda di Piala Dunia 2022:

>>> Link streaming nonton Timnas Belanda Piala Dunia 2022 <<<

Sementara buat kamu yang juga membutuhkan aplikasi live streaming untuk nonton Piala Dunia 2022, silakan kunjungi artikel Jaka lainnya di bawah ini.

Akhir Kata

Itulah profil Brasil di Piala Dunia 2022 yang menjadi salah satu tim dengan potensi besar untuk bisa mengejutkan tim-tim dengan tradisi juara, seperti Timnas Brasil atau Jerman. Absen di Piala Dunia edisi sebelumnya, ini kesempatan Belanda menunjukkan kekuatan mereka lagi.

Menarik dinanti juga bagaimana racikan sang pelatih untuk menentukan formasi dan strategi ampuh dengan susunan pemain yang ada. Jadi, apakah menurutmu Belanda bisa berbicara banyak di Piala Dunia 2022?

Baca juga artikel Bgibola APK, Goblin TV APK, atau artikel menarik lainnya dari Ilyas.

ARTIKEL TERKAIT
Situs Nonton Anime B7d73
14 Situs Nonton Anime Sub Indo Terbaik & Terbaru 2022 Resmi, Bukan Anoboy atau Oploverz
Aplikasi Live Streaming Game 73976
10 Aplikasi Live Streaming Game Terbaik 2022, Jalan Terbaik Jadi Streamer Beken!
Situs Nonton Film Indonesia Online Streaming Terbaik 2020 Koleksinya Lengkap 6de6f
11+ Situs Nonton Streaming Film Indonesia Terbaik 2022, Koleksi Lengkap!
Situs Nonton Drama Korea 83eaa 69bb6
15+ Situs Nonton Drama Korea Sub Indo Terbaik 2021, Gratis!
Situs Nonton Film Streaming Gratis Terbaik 8d0e4
17 Situs Nonton Film Gratis & Terbaik 2022, Paling Update dan Aman!
Aplikasi Tv Online 86551
22 Aplikasi Nonton TV Online di Android & PC Terbaik 2022, Gratis & Kualitas HD
Tags Terkait: sepak bola
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal