J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

9 Unsur Indonesia di Film Raya and the Last Dragon | Bikin Bangga Kita Semua!

Kamis, 4 Mar 2021, 18:15 WIB
Film Disney yang satu ini beda, karena Raya and the Last Dragon menghadirkan banyak elemen Indonesia dalam filmnya! Wah, apa saja itu?

Film animasi garapan Disney, "Raya and the Last Dragon" baru saja resmi ditayangkan di bioskop-bioskop Indonesia pada hari Rabu (03/3/2021) lalu.

Penayangan film ini telah ditunggu-tunggu oleh masyarakat Asia Tenggara karena latar cerita "Raya and the Last Dragon" mengambil tempat bernama Kumandra yang terinspirasi dari kawasan tersebut.

Tentu saja hal ini berarti film yang penayangannya sempat tertunda 3 bulan lamanya itu akan menampilkan unsur budaya dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara, terutama Indonesia.

Elemen Nusantara ini bahkan terlihat sejak penayangan trailernya yang ditayangkan di YouTube pada 21 Januari 2021 yang lalu.

Buat kamu yang belum tahu apa unsur Indonesia dalam film animasi ini, yuk simak ulasannya berikut! Dijamin makin bangga jadi orang Indonesia, deh!

1. Seniman dan pegiat budaya Indonesia terlibat dalam pembuatan film

Griselda Sastrawinata Raya And The Last Dragon 47aef
Sumber foto: Kumparan

Masih ingat Griselda Sastrawinata, seniman Indonesia yang bergabung dengan Disney dan ikut andil dalam film "Frozen II" serta "Moana"?

Pada film yang turut mengusung budaya tanah kelahirannya ini, Griselda juga kembali terlibat sebagai visual development artist, loh.

Ialah yang menggarap bagian prolog spesial yang gaya ceritanya terinspirasi dari kisah Wayang Kulit.

Dilaporkan oleh Antara, beberapa tokoh pegiat budaya seperti Dewa Berata dan Emiko Susilo juga digandeng dalam produksi film "Raya and the Last Dragon".

Keduanya akan berperan sebagai konsultan mengenai budaya Indonesia, tari dan upacara, serta musik gamelan yang ditampilkan dalam film tersebut, geng.

2. Keris dipilih sebagai senjata Raya

Raya And The Last Dragon Sub Indo B1e27

Karakter Raya yang digambarkan sebagai perempuan kuat tak akan lengkap jika tak disertai senjatanya sendiri, bukan?

Menariknya, senjata yang dibuat untuk Raya ini terinspirasi dari keris yang merupakan senjata tradisional Jawa, geng.

Hal ini disampaikan langsung oleh produser "Raya and the Last Dragon", Osnat Shurer, yang juga menyebutkan bahwa unsur Indonesia memang kental dalam film ini, melalui wawancaranya dengan detikcom.

3. Musik gamelan bergema di sepanjang film

Raya And The Last Dragon Full Movie Sub Indo 42a36
Sumber foto: Talde Brooklyn

Sudah siap merinding sambil terpukau mendengar suara-suara gamelan yang akan turut melengkapi instrumen musik di sepanjang film "Raya and the Last Dragon"?

Kompas melaporkan bahwa sang sutradara, Carlos Lopez Estrada memastikan akan ada banyak suara gamelan di filmnya itu.

Mengingat James Newton Howard, komposer untuk animasi ini, telah menggaet banyak musisi lokal untuk menggarap scoring dan soundtrack, tentu hal tersebut sangat mungkin dilakukan.

4. Lakon wayang akan dibawakan oleh dalang muda berbakat Indonesia

Wayang Dalam Raya And The Last Dragon Sub Indonesia A4a3d
Sumber foto: Popmama

Kolaborasi lainnya dengan seniman Indonesia tercermin dalam penampilan wayang Sri Tanjung yang akan dibawakan oleh Gibran Nicholau, seorang dalang muda kebanggaan Tanah Air.

Kisah Sri Tanjung, seorang pendekar perempuan yang berjuang demi persatuan masyarakatnya yang terpecah belah dipilih karena cukup mirip dengan premis utama "Raya and the Last Dragon", geng.

5. Unsur batik sebagai media belajar untuk anak-anak

Batik Dalam Film Raya And The Last Dragon Bd5bd
Sumber foto: Detik

Bersamaan dengan wayang Sri Tanjung, batik sebagai kain bercorak asli Indonesia akan tampil juga dalam salah satu scene, geng.

Digambarkan, anak-anak tengah belajar membatik dengan metode tradisional menggunakan canting.

6. Ada simbol Buto Ijo

Nonton Raya And The Last Dragon Sub Indo 70687
Sumber foto: Detik

Siapa rakyat Indonesia yang nggak kenal dengan raksasa Buto Ijo yang muncul dalam cerita rakyat dan kisah-kisah horor Nusantara?

Rupanya, raksasa mengerikan ini nggak mau kalah eksis, loh. Sosoknya muncul dalam bentuk topeng berwarna hijau dengan wajah seram dan taring panjang.

Dalam trailer, topeng yang menyimbolkan Buto Ijo tersebut digunakan karakter Benja tatkala bertarung dengan Raya dan terlihat cukup mencolok. Bagaimana dengan di film?

7. Pencak Silat

Penak Silat Raya And The Last Dragon 1202d

Sebagai seorang ksatria, Raya sang Putri Disney memang beda, karena ia akan melakukan banyak pertarungan hebat dengan musuh-musuhnya, geng.

Jika diperhatikan, detail gerakan Raya ketika bertarung memang nggak asing karena gerakan-gerakan itu memang dibuat berdasarkan jurus dalam pencak silat!

Agar tak salah dalam membuat gerakan, seorang ahli budaya di bidang bela diri Asia Tenggara asal Vietnam, Qui Nguyen ditunjuk sebagai konsultan untuk gerakan bela diri, loh.

8. Rumah Gadang

Rumah Gadang Raya And The Last Dragon 69332

Bukan cuma keris asal Jawa saja yang tampil mengesankan, kamu yang orang Minang juga harus turut berbangga karena Rumah Gadang asal Padang terpilih untuk muncul sekilas, geng.

Bahkan, kamu bisa melihatnya di trailer filmnya - tepatnya saat Raya tengah menjelaskan sejarah Kumandra. Kelihatan, nggak?

9. Penyanyi Indonesia akan mengisi soundtrack resmi

Raya And The Last Dragon Indonesia Bcaa8
Sumber foto: Cinemags

Gak cuma satu, tapi ada tiga penyanyi terbaik Indonesia yang menyumbangkan suara emasnya untuk soundtrack film "Raya and the Last Dragon"!

Penyanyi tersebut adalah Niki, Via Vallen, dan Raisa yang masing-masing menyanyikan lagu yang berbeda, geng.

Lagu "Warpaint" milik Niki yang rilis pada tahun 2018 disertakan dalam salah satu video trailer "Raya and the Last Dragon" yang tayang pada Februari lalu.

Sementara itu, Via dan Raisa turut terlibat dalam proses produksi lagu di mana Via menyanyikan versi bahasa Indonesia dari original soundtrack film ini dengan judul "Kita Bisa".

Raisa sendiri berkolaborasi dengan sejumlah rapper yaitu Yonnyboii dari Malaysia, Matthaios dari Filipina, dan Sprite dari Thailand.

Mereka berempat akan membawakan lagu original berjudul "Trust Again" di mana Raisa akan bernyanyi sebagai vokal utama. Keren banget!

Akhir Kata

Banyak banget kan, elemen Indonesia yang turut melengkapi detail-detail dalam film Raya the Last Dragon? Bahkan, banyak seniman Indonesia yang turut terlibat dalam pembuatan film ini.

Tentu kita semua turut senang bahwa budaya Indonesia sangat kental kehadirannya di film yang diproduksi dengan penuh totalitas ini.

Mumpung masih hangat, jangan mau ketinggalan untuk nonton filmnya sambil mencari elemen-elemen berbau Indonesia lainnya, geng!

Kabarnya, salah satu kuliner Indonesia, sate, juga akan ditampilkan dalam filmnya. Coba cek benar apa enggak, deh. Hihi.

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

BACA JUGA

Mengupas Tuntas Aplikasi Compass Penghasil Uang, Penipuan atau Bukan?

5 Aktor Indonesia yang Gak Cocok Jadi Orang Miskin, Aura Orang Kaya!

7 Aktor yang Benci Ciuman dengan Lawan Mainnya, Aslinya Jijik!

15 Aplikasi Penghasil Uang Tercepat 2021, Langsung Cair & Terpercaya!

12 Cara Mengatasi Laptop Lemot, Dijamin Langsung Ngebut!

ARTIKEL TERKAIT
Film Animasi Disney Paling Underrated 2ea48
7 Film Animasi Disney Paling Underrated yang Layak Kamu Tonton
Film Aktor Tolak Peran Ikonik Disney 73bde
7 Aktor yang Tolak Peran di Film Disney, Gajinya Kurang Banyak?
Film Disney Hampir Nggak Dibuat Banner 8a4b7
7 Film Disney Ini Hampir Nggak Jadi Dibuat | Film Legendaris Termasuk!
Film Disney Terburuk 482f8
7 Film Produksi Disney Terburuk, Ada yang Nyaris Dapat Rating 0%?
Anime Cgi Terbaik Banner Db169
7 Anime dengan CGI Terbaik, Lebih Bagus dari Film Animasi Disney!
Disney 57d97
16 Fakta di Balik Pembuatan 5 Film Live-Action Disney, Habis Miliaran Dolar?
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal