7 Universitas Termewah dan Termahal di Indonesia 2021 | Kampus Para Sultan!

Default

Setelah menyelesaikan pendidikan SD hingga SMA selama 12 tahun lamanya, banyak dari kita memutuskan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, yaitu kuliah di universitas.

Dengan berkuliah, kita dapat mendalami kemampuan spesifik di bidang keilmuan yang ingin dikuasai, geng.

Biaya kuliah memang tidak bisa dibilang murah, tapi kali ini Jaka akan membahas soal universitas termahal di Indonesia yang bikin banyak orang mikir-mikir lagi untuk daftar.

Jika kemarin Jaka pernah menulis tentang sekolah termahal di Indonesia yang bikin dompetmu cenat-cenut, selamat cenat-cenut untuk kali kedua ya, geng! Hehehe.

Namun, tentu saja harga mahal yang ditawarkan universitas berikut sebanding dengan kualitas yang diberikan, dong. Cekidot!

1. Swiss German University (24-28 juta rupiah per semester)

Swiss German University 7e3fb
Sumber foto: Top Career

Swiss German University adalah sebuah universitas Swasta di bilangan Alam Sutera, Tangerang yang disponsori oleh Yayasan Swiss German.

Salah satu hal menarik yang ditawarkan oleh SGU adalah kursus yang menggabungkan teori dan praktik serta semua lulusannya mendapatkan gelar ganda dan diakui secara internasional.

Seperti namanya, setiap mahasiswa harus menyelesaikan magang yang dilangsungkan di luar negeri, biasanya di Jerman atau Swiss.

Seluruh perkuliahan akan dilaksanakan dalam bahasa Inggris dan seluruuh mahasiswa akan diberkan access card untuk memasuki gerbang kampus.

Berapa biaya kuliah di SGU? Jawabannya cukup beragam sih geng, sekitar 24 juta hingga 28 juta per semester. Tertarik, nggak?

2. President University (30 juta rupiah per semester)

President University 454ba
Sumber foto: Jababeka Residence

Kampus yang juga sering disebut Universitas Presiden ini tentu saja gak ketinggalan jadi kampus termahal di Indonesia, geng.

Nggak begitu mengherankan sih sebenarnya, mengingat universitas ini dimiliki oleh Jababeka Industry yang sudah terkenal dengan pendidikan internasionalnya.

Soal fasilitas, jelas-jelas President University punya semuanya, dari kurikulum internasional, lingkungan berbahasa Inggris, komunitas multinasional, hingga sarana yang menunjang aktivitas mahasiswanya seperti kolam renang, lapangan tenis, hingga lapangan golf.

Jurusan yang tersedia pun beragam dari Ilmu Komunikasi, Hubungan Internasional, Teknik Elektro, hingga Manajemen dan Akuntansi.

Untuk menikmati pendidikan dengan kualitas nomor satu dan sarana super lengkap, kamu harus menyiapkan dana sebesar 30 juta per semester, geng.

3. Universitas Trisakti (14,5-32,325 juta rupiah per semester)

Universitas Trisakti 58768
Sumber foto: Biaya Kuliah

Universitas Trisakti sudah menjadi universitas swasta terkemuka yang sudah berdiri sejak tahun 1965, geng.

Menawarkan program diploma tiga hingga doktor dengan 23 program studi untuk sarjana, Universitas Trisakti juga tersebar di berbagai lokasi.

Perpustakaan dengan koleksi hingga 51.977 buku, 101 unit laboratorium, dan 7 studio menjadikan perguruan tinggi ini dapat memenuhi kebutuhan studi mahasiswanya.

Mungkin bisa dikatakan wajar jika Universitas Trisakti mematok uang kuliah sebesar 14,5-32,325 juta rupiah per semester. Menurutmu gimana?

4. Universitas Ciputra (8,5-36 juta rupiah per semester)

Universitas Ciputra A70ae
Sumber foto: Pelayanan Publik

Sama seperti sekolahnya, universitas yang fokus mencetak entrepreneur masa depan ini juga masuk ke deretan universitas paling mahal yang ada di Indonesia, geng.

Universitas Ciputra berlokasi di Surabaya dan memiliki metode pembelajaran yang berbeda dengan perguruan tinggi lainnya.

Hal tersebut dikarenakan Universitas Ciputra Surabaya memiliki kurikulum berbasis kewirausahaan, menyertakan sistem pembelajaran Problem and Project Based Learning (PBL), serta program mentoring dengan praktisi dan ahli bisnis ternama.

Supaya bisa jadi mahasiswa di universitas se-keren ini, kamu harus membayar uang kuliah sebesar 8,5-36 juta rupiah setiap semester.

5. Universitas Katolik Atma Jaya (6,225-42,5 juta rupiah per semester)

Universitas Katolik Atma Jaya 9a63b
Sumber foto: Atma Jaya

Institusi pendidikan yang sering disingkat sebagai Unika Atma Jaya ini sudah cukup lama berdiri di Indonesia, yaitu sejak tahun 1960.

Maka dari itu, Unika Atma Jaya menjadi salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia, bahkan pernah dikategorikan dalam 50 Promising Indonesian Universities.

Mahasiswa Unika Atma Jaya juga sudah sering menorehkan prestasi di kancah nasional dan internasional serta memiliki basis alumni yang kuat.

Dengan prospek menjanjikan di dunia kerja, rasanya uang sebesar 6,225-42,5 juta rupiah per semester worth it untuk dikeluarkan, bukan?

6. Universitas Pelita Harapan (16,5-52,5 juta rupiah per semester)

Universitas Pelita Harapan 94a00
Sumber foto: Harga

Mahasiswa yang berkuliah di Universitas Pelita Harapan sudah cocok menyandang gelar sultan karena kuliah di kampus mentereng ini, geng.

Perguruan tinggi swasta Kristen ini terletak di Tangerang dan sudah berdiri sejak tahun 1994, menawarkan jenjang sarjana hingga doktoral.

Mahasiswa yang berkuliah di UPH dijamin mendapat fasilitas yang lebih dari cukup, dari adanya studio foto, museum, billiard, 3D Private Music Rooms, hingga laboratorium privat Microsoft, IBM, Oracle, dan CISCO.

Mau kuliah di sini? Siapkan anggaran sebesar 16,5 hingga 52,5 juta rupiah per semesternya ya, geng.

Nggak heran kepanjangan akronim UPH seringkali dipelesetkan jadi Uang Papa Habis. Xixixi.

7. Universitas Bina Nusantara (21-75 juta rupiah per semester)

Universitas Bina Nusantara 0cd46
Sumber foto: Rukita

Dinaungi oleh lembaga Bina Nusantara, Universitas Bina Nusantara menjadi salah satu universitas swasta pilihan masyarakat Indonesia, terutama yang punya bujet berlebih untuk kuliah.

Perguruan tinggi yang juga biasa disebut Binus University ini memiliki tiga jenis program kuliah geng, yaitu reguler, internasional, dan daring.

Kampus yang sudah eksis sejak 1996 tersebut sudah mengantongi akreditasi A dan masuk ke dalam Top 1000 World University Rankings by QS (801-1000).

Mahasiswa Binus juga akan memiliki kesempatan untuk melanjutkan kuliah di berbagai kampus di dunia yang menjalin kerjasama dengan Universitas Bina Nusantara, loh.

Jadi maklum saja kalau biaya kuliahnya pun selangit, yakni mencapai 21-75 juta rupiah per semester. Wah, butuh berapa ratus juta tuh, untuk kuliah sampai lulus?

Akhir Kata

Wih, mahal-mahal dan keren-keren banget ya, berbagai universitas mahal ini. Bikin pengen kuliah dan merasakan nikmatnya jadi mahasiswa sultan!

Nggak mengherankan sih, mengapa biaya kuliah yang dipatok setinggi langit, soalnya fasilitas dan kualitasnya udah terjamin top banget.

Ada nggak dari kamu yang merupakan alumni kampus-kampus di atas? Bagikan pengalaman jadi mahasiswa sultan nya, dong~

Baca juga artikel seputar Universitas atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

ARTIKEL TERKAIT
492405107 D471a
Hai Crazy Rich, Inilah 10 Sekolah Termahal di Indonesia | Bikin Uang Papa Habis!
Our Secret C4048
11 Drama China tentang Anak Sekolah Terbaik 2021 | Lucu & Romantis!
Film Thailand Tentang Sekolah 15e0c
15+ Drama & Film Thailand Tentang Sekolah, Bikin Kangen Masa SMA!
Cara Menabung 1 Juta Per Bulan Untuk Anak Sekolah 6652c
Cara Menabung 1 Juta per Bulan untuk Anak Sekolah | Muda Banyak Uang
Nonton Everyone Is There 8a944
Nonton Everyone is There (2020) | Angkat Kasus Bullying di Sekolah!
Motor Cerdas Penyandang Difabel Buatan Mahasiswa Malang
Wow! Motor Buatan Mahasiswa Indonesia Ini Bisa Bergerak Mengikuti Bola Mata!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal