J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Bekas Tragedi, Ukraina Perjuangkan Chernobyl Jadi Situs Warisan Dunia UNESCO

Kamis, 29 Apr 2021, 18:30 WIB
Dapatkah kawasan Chernobyl, bekas kecelakaaan nuklir terburuk dalam sejarah masuk ke Daftar Warisan Dunia UNESCO? Agak susah dibayangkan sih, ya.

Chernobyl, tragedi ledakan reaktor nuklir pada tanggal 26 April 1986 adalah salah satu bencana akibat ulah manusia paling mengerikan sepanjang sejarah.

Akibat paparan radiasi nuklir yang sangat kuat, kawasan Pripyat, Ukraina yang jadi lokasi Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Chernobyl tak dapat dihuni oleh manusia hingga saat ini, geng.

Setidaknya, ada lebih dari 4.000 jiwa yang terenggut nyawanya akibat bencana tersebut dan paparan radiasi nuklir yang ditimbulkannya.

Kota Mati Chernobyl Jadi Situs Warisan Dunia 48679

Membayangkan situasi kota mati itu saja sudah sangat mengerikan, apalagi membayangkannya sebagai situs warisan dunia yang jadi wisata impian banyak orang.

Namun itulah yang hendak diperjuangkan oleh pemerintah Ukraina, menjadikan Chernobyl sebagai situs warisan dunia UNESCO.

Jika hal tersebut dikabulkan, maka Chernobyl yang penuh dengan sejarah kelam akan masuk ke daftar yang sama dengan Petra di Yordania, Stonehenge, Tembok China, dan Candi Borobudur di Magelang. Kebayang, nggak?

Keinginan pemerintah Ukraina membangkitkan makna dan pariwisata Chernobyl

Menteri Kebudayaan dan Kebijakan Informasi Ukraina Oleksandr Tkachenko mengungkapkan kementerian berusaha menambahkan kawasan Chernobyl sebagai warisan budaya di Ukraina.

Namun, kemudian para pejabat mempertimbangkan untuk memperluas proposal tersebut dan membawanya ke kancah dunia dengan mendaftarkannya ke UNESCO.

Chernobyl Unesco 4c9d2

"Kami percaya bahwa menempatkan Chernobyl dalam daftar warisan UNESCO adalah langkah pertama dan penting untuk menjadikan tempat yang hebat ini sebagai tujuan unik yang menarik bagi seluruh umat manusia," jelas Tkachenko, seperti dilaporkan Reuters.

"Pentingnya zona Chernobyl terletak jauh di luar perbatasan Ukraina," kata Tkachenko. "Ini bukan hanya tentang peringatan, tapi juga sejarah dan hak-hak masyarakat."

Berbicara soal tujuan wisata, sebenarnya pariwisata ke Chernobyl sudah dibuka sejak tahun 2010 dan dipenuhi oleh para fotografer dan penggemar 'wisata bencana'.

Chernobyl Jadi Situs Warisan Dunia Unesco 603a3

Pariwisata Chernobyl juga kian melejit berkat kesuksesan serial HBO berjudul "Chernobyl" yang mengudara tahun 2019.

Berdasarkan laporan Live Science, para pemandu wisata melaporkan bahwa pemesanan wisata meningkat sebesar 30% dibandingkan tahun 2018.

Sementara itu, Agence France-Presse melaporkan ada sekitar 124.000 pelancong yang mengunjungi Chernobyl, dan 100.000 di antaranya berasal dari luar Ukraina.

Apa syarat agar sebuah lokasi dapat menjadi Situs Warisan Budaya UNESCO?

Menurut situs web UNESCO, agar dipertimbangkan untuk masuk ke Daftar Warisan Dunia, sebuah situs harus memiliki nilai universal yang luar biasa dan harus menampilkan setidaknya satu kualitas yang sesuai dengan kriteria pemilihan badan tersebut.

Beberapa yang mewakili contoh menakjubkan dan unik dari kemegahan alam, yakni Yosemite dan Taman Nasional Yellowstone di Amerika Serikat, Teluk H Long Vietnam, Great Barrier Reef Australia, dan Hutan Bia owie a purba yang membentang di atas Rusia dan Belarusia.

Lokasi lain, seperti Tembok Besar China, reruntuhan Chichen Itz di Meksiko, dan kota Venesia, Italia, masuk ke dalam daftar karena dianggap penting dalam sejarah manusia serta keindahannya yang langka.

Puing Puing Chernobyl 7e17e

Saat ini, sebagian besar area di sekitar pembangkit nuklir yang terbengkalai merupakan hutan belantara dengan bangunan kosong, semak belukar dan puing-puing.

Semua bangunan di Pripyat, kota hantu yang pernah menjadi rumah bagi 50.000 orang, juga membutuhkan perbaikan.

Meski demikian, ada beberapa spesies hewan yang mulai mendiami Chernobyl seperti serigala abu-abu dan kuda Przewalski yang mengindikasikan adanya kehidupan, sedikit demi sedikit.

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

BACA JUGA

5 Artis Indonesia yang Bersahabat dengan Artis Luar Negeri, Ada yang Deket Sama Miyabi!

Gara-Gara Sering Dihujat, 5 Selebgram Indonesia Ini Makin Tajir & Kaya Raya

7 Penemuan Ilmuwan Muslim yang Diklaim Barat | Fakta Sejarah Membuktikan!

Ratusan Warga Indramayu Tiba-tiba Jadi Miliarder Berkat Ganti Rugi, Cuan Banget!

ARTIKEL TERKAIT
Untitled Design 2021 03 24t154123 031 75ea3
8 Bencana Paling Mengerikan Akibat Ulah Manusia, Akibat Serakah dan Acuh!
Untitled Design 2021 04 08t162717 886 C18bd
Yuk, Wisata ke 5 Tempat Syuting Film Indonesia Terkenal Ini | Berasa Jadi Tokoh Utama!
Shutterstock 1303539682 3738a
7 Destinasi Wisata Islami Favorit di Indonesia | Jalan-jalan Sambil Tambah Keimanan!
Page1 295e6
10 Tempat Wisata Indonesia yang Mendunia | Tidak Hanya Pulau Bali!
Tempat Wisata Yang Ditutup Karena Ulah Manusia Banner 9ceb9
5 Tempat Wisata yang Ditutup Karena Ulah Manusia, Ada yang di Indonesia!
Tempat Wisata Di Indonesia Yang Mirip Luar Negeri Banner 29ac1
5 Tempat Wisata di Indonesia yang Mirip Luar Negeri, Gak Kalah Bagus!
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal