5 Tokoh Indonesia yang Punya Patung Lilin di Museum Madame Tussauds | Dari Jokowi sampai Agnez Mo

Default

Museum Madame Tussauds merupakan museum lilin terbesar di dunia yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Tepatnya didirikan oleh Madame Tussauds, seorang pematung lilin di tahun 1835 silam.

Museum ini sangat populer dan memiliki koleksi ribuan patung lilin dari orang-orang paling berpengaruh di dunia. Mulai dari tokoh dunia, negarawan, hingga seniman.

Museum ini tersebar di 3 benua, yakni Amerika, Asia, dan Eropa. Beberapa cabang museum yang terkenal adalah Madame Tussauds Singaura, Bangkok, Los Angeles, dan juga London yang jadi pusatnya.

Patung lilin yang ada di Museum Madame Tussauds biasanya punya tingkat kemiripan cukup tinggi, geng. Bahkan tak jarang jika orang yang dibuatkan patung berdiri bersebelahan dengan patungnya, kita gak akan bisa membedakannya!

Tak hanya tokoh penting dunia saja yang pernah dibuatkan patungnya di Museum Madame Tussauds ini, tapi juga ada tokoh-tokoh berpengaruh dari Indonesia loh.

Penasaran siapa saja mereka? Berikut ini daftarnya seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Presiden Soekarno

Patung Lilin Soekarno Liputan6 4a7c4

Presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno ternyata memiliki patung lilinya sendiri loh. Patung Presiden Soekarno ini bisa dilihat di Museum Madame Tussauds Bangkok. Patung lilin ini dirilis pada 24 September 2012.

Selain di cabang Bangkok, kamu juga bisa menemukannya di 2 cabang lain yakni di Singapura dan Hong Kong.

Patung tersebut mengambil profil Soekarno ketika menyampaikan pidato To Build the World a New yang ia sampaikan saat berada di Amerika Serikat pada 30 September 1960 silam.

Selain terbuat dari lilin, ternyata ada beberapa aksen lain dari patung lilin ini yang cukup otentik, geng. Mengutip Kompas.com, saat itu pihak pembuat patung kesulitan membuat tongkat komando Soekarno.

Maka dari itu, HM Prananda Prabowo mengupayakan pembuatan replika tongkat komando tersebut. Dibuatlah tongkat replika dari kayu rampung yang dikenal langka dan bertuah.

Kemudian untuk aksen peci khas Soekarno khusus dipesan oleh Puti Guntur Soekarno ke pembuat peci di Bandung yang biasa dipakai sosok presiden ini.

Sementara pakaian yang dikenakan patung lilin ini khusus didesain oleh perancang busana ternama Indonesia, Samuel Wattimena.

Patung lilin Presiden Soekarno ini juga bersanding dengan beberapa pemimpin dunia lainnya loh, yakni Barack Obama dan Xi Jinping.

2. Rudy Hartono

Patung Lilin Rudy Hartono C3c92

Para penggemar olahraga pasti kenal siapa Rudy Hartono. Yap, dia adalah seorang pebulutangkis Indonesia yang sangat berprestasi. Ia berhasil memenangkan kejuaraan dunia tahun 1980.

Mengutip The Asian Parent, ia juga pernah meraih rekor dunia dengan menjadi juara Kejuaraan All England selama 8 kali berturut-rutur, yakni mulai tahun 1968-1974!

Pria kelahiran Surabaya, 18 Agustus 1949 ini diabadikan dalam bentuk patung lilin di Museum Madame Tussauds Singapura sejak tahun 2016. Sosok Rudy di museum ini diperlihatkan sedang dalam posisi memegang raket bulu tangkis.

3. Anggun C. Sasmi

Patung Lilin Anggun C Sasmi 17450

Selain patung Presiden Soekarno, Musem Madame Tussauds Bangkok juga punya 1 lagi patung lilin tokoh Indonesia, yakni penyanyi Anggun C. Sasmi.

Anggun merupakan salah satu artis Indonesia dan juga Asia yang berhasil menembus pasar internasional. Anggun adalah artis Indonesia pertama yang sukses di tangga lagu Eropa dan Amerika Serikat.

Sosok patung Anggun pun digambarkan sedang duduk di kursi juri ajang pencarian bakat Asia's Got Talent. Anggun memang pernah jadi juri di ajang tersebut bersama David Foster dan Jay Park.

Pelantun lagu Snow on the Sahara itu mengaku harus melewati proses yang panjang hingga patung lilinnya benar-benar jadi.

Ia sempat menjalani 350 sesi foto dan pengukuran agar patung lilinnya memiliki kualitas yang bagus dan sangat mirip dengannya.

Anggun sempat beberapa kali membagikan fotonya saat bersanding dengan patungnya ini. Menurut kamu, mana nih aslinya? Yang kiri atau yang kanan ya?

4. Presiden Joko Widodo

Patung Lilin Jokowi 52320

Presiden Joko Widodo jadi sosok presiden kedua yang diabadikan sebagai patung lilin di Museum Madame Tussauds.

Patung lilin presiden Jokowi mulai dipamerkan di Museum Madame Tussauds Hong Kong sejak 2017 lalu. Proses pembuatan patung lilin tak sebentar, yakni lebih dari 1 tahun.

Berbeda dengan patung lilin lainnya di museum tersebut, patung lilin Jokowi diletakkan bersama dengan layar yang menampilkan pemandangan tempat terkenal di Indonesia. Mulai dari Candi Borobudur, Danau Toba, Labuan Bajo, dan lainnya.

5. Agnez Mo

Patung Lilin Agnez Mo Indozone 6b011

Sosok terbaru yang diabadikan sebagai patung lilin di Musem Madame Tussauds adalah penyanyi Agnez Mo.

Patung lilin milik Agnez Mo rencananya akan dipamerkan di Museum Madame Tussauds Singapura pada awal 2020. Namun karena adanya pandemi Covid-19, rencana tersebut terpaksa ditunda.

Hingga kini belum ada kabar pasti mengenai kapan patung lilin Agnez Mo akan bisa dipamerkan.

Namun akun Instagram resmi Madame Tussauds Singapura sempat mengunggah foto patung Agnez Mo yang masih dalam proses pembuatan, yakni bagian kepalanya yang sudah hampir rampung.

Akhir Kata

Itu dia 5 sosok tokoh Indonesia yang diabadikan dalam bentuk patung lilin di Museum Madame Tussauds. Bikin bangga banget ya, geng?

Apakah kamu pernah mengunjungi Museum Madame Tussauds? Patung tokoh mana kira-kira yang menurut kamu paling mirip dengan aslinya?

BACA JUGA

10 Potret Ojol yang Dapat Orderan dari Artis | Baca Statusnya Bikin Ngakak!

Download Alight Motion Pro MOD APK v3.9.0 Terbaru 2021 | Free & No Watermark!

10 Hewan Raksasa Paling Mengerikan yang Pernah Hidup | Ada yang Bisa Memangsa Dinosaurus

Baca Manga Tokyo Revengers Chapter 220 Bahasa Indonesia | Nyawa Senju Terancam!

Potret 7 Selebriti Cantik yang Terlahir Sebagai Pria | Bikin Cewek Auto Insecure!

ARTIKEL TERKAIT
Museum Teraneh Di Dunia Museum Banner 57b8a
5 Museum Teraneh di Dunia, Mulai dari Museum Rambut Sampai Ramen!
Patung Dajjal Mata Satu B1e4a
5 Fakta Patung Mata Satu di Arab Saudi, Tak Dirusak dan Didemo Warga
Protokol Sex Scene Saat Pandemi 98803
3 Protokol Syuting Adegan Dewasa Saat Corona, Ciuman Sama Patung?
Teknologi
11 Orang Paling Berpengaruh di Dunia Teknologi (Ada Orang Indonesia-nya, Loh!!)
7 Orang Paling Berkuasa Di Dunia 2021 Menurut Forbes 3f2f0
7 Orang Paling Berkuasa di Dunia 2021, Dari Politisi Hingga Pengusaha
3 Perempuan Indonesia Yang Paling Berpengaruh Di Dunia Banner 6b36f
3 Perempuan Indonesia Paling Berpengaruh di Dunia, Terbukti Berprestasi!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal