4 Tokoh Indonesia yang Dikagumi dan Ditakuti Dunia, Berani Lawan Auto Hancur!

Sejak dulu, Indonesia dikenal sebagai negara yang besar sekaligus tangguh. Hal ini tidak bisa lepas dari para pemimpinnya yang punya wibawa besar sehingga dikagumi sekaligus ditakuti negara-negara lain.

Keberadaan tokoh-tokoh besar ini juga membuat Indonesia mampu menjalin hubungan kerja sama ekonomi, politik, dan sosial yang baik serta strategis, khususnya di kawasan Asia.

Disadur beberapa sumber, berikut deretan tokoh Indonesia yang dikagumi sekaligus ditakuti dunia berkat rekam jejak yang mengagumkan.

1. Ir. Soekarno

Tokoh Indonesia 1 2c449

Sudah jelas, hingga saat ini, Jaka belum menemukan tokoh bangsa sebesar dan seberwibawa Bung Karno. Disebut-sebut, karismanya mampu membuat bangsa lain segan dengannya.

Hal ini pula yang membuat Indonesia memiliki pengaruh signifikan terutama pada tahun 1950 hingga 1960an. Atas prakarsa Soekarno-lah Gerakan Non Blok berdiri untuk melindungi negara-negara yang tidak berpihak pada Blok Barat maupun Timur.

Bung Karno juga yang menghambat rencana Blok Barat dalam membentuk Malaysia dan Singapura. Baginya itu merupakan siasat Barat dalam menggaet simpati warga Asia Tenggara.

2. Moh. Hatta

Tokoh Indonesia 2 Fa82f

Memiliki gelar 'Bapak Koperasi Indonesia', Bung Hatta punya pengaruh yang luar biasa besar terhadap perekonomian Indonesia, yang secara tidak langsung, turut berpengaruh terhadap perekonomian global.

Dengan tegas, Bung Hatta berani menolak adanya dominasi Barat di Indonesia. Bahkan, Bung Hatta bersama Bung Karno membuat serangkaian kebijakan yang mengganggu kepentingan Barat.

Bung Hatta sendiri percaya bahwa bangsa Indonesia bisa maju berkat sumber daya alamnya yang berlimpah, ditambah sumber daya manusia yang berkualitas. Dengan demikian, Indonesia tidak perlu bergantung pada negara lain.

3. Soeharto

Tokoh Indonesia 3 Bc29c

Meskipun kerap mendapat sebutan sebagai salah satu pemimpin terkorup di dunia, namun Presiden Soeharto memiliki wibawa dan karisma yang besar hingga ia disegani negara lain.

Hal tersebut dibuktikan pada masa kepemimpinannya, Indonesia memiliki struktur kenegaraan yang sangat baik, terlebih pada bidang militer, mengingat sepak terjangnya sebagai jenderal.

Selain itu pada era Presiden Soeharto, Indonesia sempat berhasil mencapai kemandirian pangan dan ekonomi sehingga bebas dari ketergantungan Barat maupun Timur.

4. Susi Pudjiastuti

Tokoh Indonesia 4 A342e

Siapa sih yang nggak familiar dengan Susi Pudjastuti? Sosok wanita paling berpengaruh di Indonesia ini sudah terkenal dengan ketegasannya yang tanpa kompromi, khususnya dalam menjaga kedaulatan maritim Nusantara.

Bu Susi juga terkenal 'galak' dengan kebijakan penenggelaman kapal-kapal yang secara ilegal memasuki wilayah Indonesia. Biarpun diprotes negara lain, tapi Bu Susi tidak gentar, loh!

Tidak hanya itu, Susi Pudjiastuti juga berhasil membuktikan bahwa pendidikan yang tinggi bukanlah satu-satunya acuan bagi seseorang untuk meraih kesuksesan, mengingat ia hanya lulusan SMP.

Akhir Kata

Itulah tadi ulasan khusus Jaka mengenai deretan tokoh Indonesia yang dikagumi sekaligus ditakuti dunia.

Semoga karya-karya mereka menginspirasi hidup berbangsa dan bernegara kita, ya!

Baca juga artikel seputar Out of Tech atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

BACA JUGA

5 Asisten Artis Indonesia yang Cantiknya Menyaingi Sang Bos, Bagaikan Model!

5 Kisah Cinta Pro Player Paling Heboh, Kekerasan & Perselingkuhan!

5 Penemuan Aneh Tapi Jenius Banget, Bikin Hidup Anti Ribet!

Mirip Film Kiamat, Arus Laut Utama Bumi Melambat | Dunia Dalam Bahaya?

7 Pemain Catur Terbaik Indonesia Bergelar Grandmaster, Jagoan Tiada Tanding!

ARTIKEL TERKAIT
Sin133 F56ff
Vaksin COVID-19 Bisa Memperbesar Penis, Hoaks atau Bukan?
Page 92745
Percaya atau Tidak, 5 Hal Mengerikan Ini Bisa Kamu Alami saat Tidur!
Pageooo 8086d
8 Gorila di Kebun Binatang Ternyata Positif COVID-19, Kok Bisa?
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal