10 Tipe Dere Anime Populer dan Contoh Karakter Ikonisnya

Default

Dere adalah arketipe atau pola dasar yang diberikan kepada beberapa karakter berbeda di anime. Setiap Dere memiliki ciri khas berbeda yang menentukan tindakan dan kepribadiannya.

Dari puluhan jenis Dere, ada beberapa yang populer alias sering muncul di anime dengan kelakuan khasnya. Tipe Dere di anime biasanya tertuju pada karakter cewek. Meski begitu, ada juga karakter cowok yang bisa menggambarkan sifat tersebut.

Tipe Dere di anime ini membuat beberapa karakter tergambarkan dalam berbagai sifat. Ada yang malu-malu tapi mau, cuek, sadis, antisosial, hingga psikopat. Hal itu menjadi faktor mengapa anime nggak bosan ditonton.

Lalu, apa saja tipe karakter Dere di anime? Berikut Jaka sajikan tipe Dere populer beserta contoh karakter ikonisnya di bawah ini, dari yang sering muncul hingga yang paling populer.

10. Deredere: Meiko Honma (Anohana: The Flower We Saw That Day)

Deredere 0ccf9
Sumber foto: MyWaifuList

Deredere adalah karakter ceria dan penuh semangat. Bahkan, Deredere selalu tersenyum tanpa peduli apa yang terjadi. Menariknya lagi, karakter ini polos dan lugu sehingga banyak disukai karakter lainnya.

Contoh terbaik dari Deredere adalah Meiko Honma atau Menma di anime sedih "Anohana: The Flower We Saw That Day". Menma selalu tersenyum, meski harus senyum pilu mengingat kematian tragisnya saat masih anak-anak.

Bahkan sebagai hantu, Menma tidak membiarkan situasi sedih menguasai dirinya.

9. Darudere: Shikamaru Nara (Naruto)

Darudere Da4f4
Sumber foto: Naruto Fandom

Darudere adalah tipe karakter klasik yang tidak pandai dalam mengekspresikan emosi. Dianggap malas karena merasa acuh tak acuh yang jelas-jelas lebih suka melakukan hal lain yang disukai daripada melakukan apa yang diperintahkan atau diminta.

Contoh terbaik dari Darudere adalah Shikamaru Nara di anime "Naruto". Dalam hal yang merepresentasikan Darudere, Shikamaru tipe yang akan membantu jika hal tersebut disukainya. Bahkan ninja malas ini punya sifat sesuai dengan slogannya "What a drag!"

8. Nyandere: Tsubasa Hanekawa (Monogatari)

Nyandere 6821f
Sumber foto: formeinfullbloom

Nyandere bukanlah tipe kepribadian sepenuhnya, karena mereka adalah perwujudan karakter yang memiliki sifat seperti kucing.

Nyandere seperti namanya, adalah orang-orang ini memiliki tatapan puas, menggosok wajah seperti kucing, dan biasanya mengakhiri setiap beberapa kata atau kalimat dengan "nyan" alias "meong" dalam bahasa Jepang.

Salah satu contoh terbaik dari Nyandere adalah Tsubasa Hanekawa dari serial anime "Monogatari". Hanekawa secara spesifik memiliki bentuk spiritualnya yang seperti kucing "Black Hanekawa".

7. Hindere: Hachiman Hikigaya (My Teen Romantic Comedy SNAFU)

Hindere 3f2a6
Sumber foto: honeysanime.com

Hinedere adalah tipe karakter yang sarkastik dan sinis. Tipe ini selalu melihat ke sisi yang suram, lebih realistis, dan bicara apa adanya.

Meski begitu, Hinedere juga punya memiliki titik lemah jika berhadapan dengan orang yang disukainya. Saking lemahnya, mereka mau melakukan apa pun untuk love interest-nya.

Salah satu Hinedere terbaik hingga saat ini adalah Hachiman Hikigaya dari "My Teen Romantic Comedy SNAFU". Dia adalah orang yang pesimis sehingga dipaksa untuk bergabung dengan klub sosial hanya untuk menunjukkan betapa cerahnya dunia ini.

6. Bakadere: Hanabatake (Aho Girl)

Bakadere 55185
Sumber foto: comicvine

Bagi yang suka nonton anime bahkan sudah tahu arti Bakadere. Yap, Bakadere adalah karakter yang bertindak bodoh dan kikuk, baik melakukan kesalahan umum atau salah paham.

Meski begitu, mereka manis dan lembut. Cukup mengganggu karena sering berteriak, apalagi ketika gagal.

Salah satu contoh karakter Bakadere adalah Hanabatake dari "Aho Girl". Dia adalah seorang gadis yang berpikiran pendek. Dia juga bukan orang yang diandalkan dalam pekerjaan rumah atau sekolah.

5. Hajidere: Kosaki Onodera (Nisekoi)

Hajidere 3fc9b
Sumber foto: wallpaperuse.com

Hajidere adalah salah satu tipe karakter di anime yang paling umum dalam serial romansa. Mereka biasanya tampil pendiam dan selalu awkward jika ada di dekat orang yang ditaksirnya.

Dalam anime, biasanya Hajidere selalu berkaitan dengan warna merah, baik saat jatuh cinta, deg-degan, atau malu-malu.

Contoh Hajidere adalah Kosaki Onodera di anime "Nisekoi". Dia salah satu karakter utama yang punya love interest pada Raku Ichijou.

4. Dandere: Yuki Nagato (The Melancholy of Haruhi Suzumiya)

Dandere 6f581
Sumber foto: formeinfullbloom

Dandere mirip dengan Hajidere. Akan tetapi tingkat rasa malunya melebihi Hajidere. Mereka adalah karakter pendiam yang sulit mengekspresikan emosi. Meski begitu, kadang Dandere muncul dengan dialog menyentuh.

Salah satu contoh terbaik Dandere adalah Yuki Nagato dari "The Melancholy of Haruhi Suzumiya". Dia adalah cewek kutu buku yang tidak terlalu suka berbaur dengan lingkungan sekitarnya. Bukan karena sombong, tapi karena terlalu malu untuk berbicara dengan orang lain.

Meski begitu, sifatnya yang sangat Dandere menjadi titik plot sentral dalam film "The Disappearance of Haruhi Suzumiya".

3. Kuudere: Angel (Angel Beats!)

Kuudere 80b81
Sumber foto: teahub

Kuudere memiliki sifat yang yang tenang, dingin, dan tidak banyak bicara. Alih-alih pesimis, mereka sebenarnya pragmatis.

Tipe Kuudere adalah orang yang jujur dan tidak suka basa-basi. Meski mereka suka menyendiri, Kuudere juga punya sisi ramah dan perhatian, lho!

Contoh terbaik dari Kuudere adalah Angel dari "Angel Beats". Angel hanyalah seorang gadis canggung dan pendiam. Dia juga sangat mudah untuk didekati dan ramah jika sudah mengenalinya.

2. Yandere: Yuno Gasai (Future Diary)

Yandere 4544c
Sumber foto: Pinterest

Yandere adalah karakter baik dan manis di permukaan yang tiba-tiba bisa berubah gila dan obsesif jika menyangkut soal cinta.

Yandere berasal dari kata Yanderu, artinya sakit jiwa. Maka dari itu. Yandere memiliki sifat yang cenderung sadis dan mengerikan. Apalagi jika demi mendapatkan cinta atau melindungi orang yang mereka cintai.

Contoh karakter Yandere yang ikonis adalah Yuno Gasai dari "The Future Diary". Tatapan gila Yuno yang ikonis telah mendefinisikan semua sifat Yandere.

1. Tsundere: Asuka Langley Sohryu (Neon Genesis Evangelion)

Tsundere E1e7f
Sumber foto: Pinterest

Bisa dibilang, Tsundere adalah tipe dere paling ikonis dari semuanya. Tsundere juga kebalikan dari Yandere. Mereka manis, malu-malu tapi malu, dan jual mahal.

Maka dari itu, mereka kadang tampil cuek kepada orang yang disukainya. Bukan karena jahat, tapi karena kikuk tapi gengsi untuk menyatakan rasa ketertarikannya.

Salah satu Tsundere ikonis adalah Asuka Langley Sohryu dari "Neon Genesis Evangelion". Dengan sikap plin-plan, dan sisi imut jual mahal Asuka menjadikannya sebagai Tsundere terbaik.

Akhir Kata

Itulah tipe Dere di anime yang populer beserta karakter ikonisnya. Karakter di atas sering digunakan dalam anime. Dari beragam jenis di atas, mereka membuat anime jadi seru ditonton.

Nah, dari daftar di atas, mana karakter Dere yang bikin kamu enggak bosan nonton anime? Bagikan di kolom komentar, ya!

Baca juga artikel seputar Movie, Franchise Film yang Aktornya Diganti, Adegan Mati Konyol di Film Horor atau artikel menarik lainnya dari Nural.

ARTIKEL TERKAIT
Karakter Anime Cewek Terlalu Seksi Banner 148c7
7 Karakter Anime Cewek yang Bisa Bikin Batal Puasa, Terlalu Seksi!
Karakter Anime Cewek Gak Tertarik Cinta Banner A4324
7 Karakter Anime Cewek yang Gak Tertarik Cinta, Padahal Cantik Banget!
Karakter Utama Wanita Kuat Banner 4b02d
9 Karakter Anime Cewek yang Paling Kuat, Cantik-Cantik Tapi Ganas!
1b5f67fa05a7eb56726296164aeccb33
10 Karakter Cewek Anime yang Paling Cantik dan Kawaii
Banner F558d
7 Waifu Idaman Terbaik di Anime, Rela Langsung Ijab Kabul!
Waifu Paling Overrated Banner 55c56
7 Waifu yang Paling Overrated, Yakin Masih Mau Ngebucin?
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal