Yuk, Wisata ke 5 Tempat Syuting Film Indonesia Terkenal Ini | Berasa Jadi Tokoh Utama!

Default

Film Indonesia bukan cuma unjuk gigi akan akting pemerannya yang memukau dan plot yang menarik, tapi juga berbagai lokasi syuting yang membuat film tersaji begitu apik, geng.

Sebut saja film-film seperti 5 cm, AADC 2, hingga Dilan 1990 yang membuat kita otomatis mengingat jalan ceritanya saat mengunjungi tempat yang pernah jadi lokasi syuting film-film tersebut.

Kamu jadi bisa ikut merasakan jadi Cinta yang diajak pergi ke Gereja Ayam subuh-subuh sama Rangga atau mengkhayal jadi Dilan yang boncengin Milea di jalanan Kota Bandung. Asik, kan?

Nah, maka dari itulah kali ini Jaka akan membahas sejumlah destinasi wisata dari lokasi syuting film terkenal Indonesia, geng!

Siapa tahu kamu mau jalan-jalan sambil merasakan vibe film favoritmu secara langsung, kan?

1. Bukit Rhema, Magelang - "Ada Apa Dengan Cinta 2"

Bukit Rhema 1 8d6f6
Sumber foto: Idetrips

Arsitektur unik Gereja Ayam yang terekam dalam film "Ada Apa Dengan Cinta" menarik banyak orang untuk mengunjunginya langsung setelah menonton film garapan Mira Lesmana itu.

Bangunan yang sebenarnya bernama Rumah Doa Bukit Rhema ini tepatnya berada di Desa Gombong Kembanglimus, Magelang, Jawa Tengah.

Gereja yang dibangun pada tahun 1980 tersebut memang tampil beda dengan kepala burung merpati bermahkota, dan menjadi spot wajib berfoto.

Bukit Rhema 2 Bddd5
Sumber foto: Beres

Untuk sampai di sana, kamu memang harus berjuang untuk menaiki anak tangga sejauh 150 meter terlebih dahulu untuk sampai ke bangunan unik tersebut, geng.

Cukup dengan tiket Rp25 ribu saja, kamu sudah bisa mengenang momen kebersamaan Cinta dan Rangga di sana. Cocok dikunjungi sama pasangan geng, hihi.

2. Studio Alam Gamplong, Yogyakarta - "Bumi Manusia", "Habibie Ainun 3", dan lainnya

Studio Alam Gampong 1 1420b
Sumber foto: Jogja Kita

Setelah mengunjungi Gereja Ayam di Magelang, kamu bisa bergeser sedikit ke Studio Alam Gamplong yang terletak di Yogyakarta, geng.

Studio ini melejit sejak digunakan sebagai lokasi syuting film-film garapan sutradara Hanung Bramantyo yaitu "Bumi Manusia" dan "Habibie dan Ainun 3".

Rupanya, studio ini memang dibangun oleh Hanung dan dijuluki Little Hollywood karena sudah sering menjadi latar belakang aneka film karya sineas nusantara.

Studio Alam Gampong 2 A5c2d
Sumber foto: PopBela

Nah, kamu bisa mengunjungi Studio Gamplong pada hari Selasa hingga Minggu pada pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

Soal tiket masuk, nggak ada harga khusus yang dipatok, geng, karena wisatawan bisa bayar secara sukarela. Wah, jarang-jarang ya, geng.

3. Danau Ranu Kumbolo, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru - "5 cm"

Danau Ranu Kumbolo 1 8837f
Sumber foto: Katalog Wisata

Walau begitu indah, bisa dibilang Danau Ranu Kumbolo yang posisinya berada di tengah-tengah bukit Gunung Semeru cukup sulit dijangkau dan perlu kondisi prima untuk mencapainya.

Namun, film "5 cm" berhasil membuat Ranu Kumbolo jadi jauh lebih beken dari sebelumnya, bahkan akses menuju danau tersebut sudah lebih memadai, geng.

Danau air tawar yang berada di ketinggian 2.400 meter di atas permukaan laut tersebut adalah titik yang sering digunakan sebagai tempat transit oleh para pendaki.

Danau Ranu Kumbolo 2 698d8

Makanya, kamu akan menemui banyak pendaki yang berkemah di sekitar danau ini. Air di Danau Ranu Kumbolo juga bisa langsung diminum, loh.

Untuk menikmati indahnya Danau Ranu Kumbolo, kamu perlu membayar tiket masuk seharga Rp5 ribu hingga Rp12 ribu saja, geng.

4. Jalan Asia Afrika, Bandung - "Dilan 1990" dan "Preman Pensiun"

Jalan Asia Afrika 1 95874
Sumber foto: Informasi Bandung

Sebelum adanya film "Dilan 1990", lokasi ini memang sudah terkenal dan selalu dipadati wisatawan domestik dan internasional karena mengandung nilai sejarah, geng.

Jalan Asia Afrika merupakan ikon Kota Bandung yang terletak berdekatan dengan tempat wisata lainnya seperti Gedung Merdeka dan Alun-Alun Bandung.

Jalan Asia Afrika 2 0a068
Sumber foto: Kompas

Pengambilan gambar untuk film Dilan 1990 dan "Preman Pensiun" di kawasan ini menjadikan Jalan Asia Afrika menyimpan semakin banyak kenangan.

Masih ingat kan, adegan Dilan dan Milea boncengan naik motor di jalanan? Kalau kamu ingin tahu rasanya, coba boncengan sama si doi di sini geng, hihi.

5. Pantai Tanjung Tinggi, Belitung - "Laskar Pelangi"

Pantai Tanjung Tinggi 1 009d2
Sumber foto: Tempo

Hayooo, siapa yang dari kecil pengen banget mengunjungi Pantai Tanjung Tinggi yang legendaris itu?

Yup, kamu yang nonton "Laskar Pelangi" tentu ingat dengan adegan di mana Ikal dan kawan-kawannya bermain di pantai ini, geng.

Pantai Tanjung Tinggi ini terletak di Belitung dan unik banget lantaran punya batu granit besar yang tersebar di sepanjang pantainya.

Pantai Tanjung Tinggi 2 59178
Sumber foto: Hipwee

Waktu paling recommended untuk mengunjungi pantai ini adalah menjelang matahari terbenam agar kamu bisa menyaksikan sunset yang luar biasa indahnya.

Kamu cukup membayar tiket masuk sebesar 10 ribu rupiah aja untuk menikmati pesona pantai ini, geng. Worth it banget!

Akhir Kata

Itu dia geng, 5 destinasi wisata yang pernah digunakan jadi lokasi syuting film-film populer Indonesia. Cantik-cantik banget, kan?

Jangan sampai kamu melewatkan asiknya jalan-jalan sambil refreshing di tempat-tempat di atas geng, dijamin bakal nge-boost suasana hati sambil ingat-ingat detail film favoritmu!

Kalau kamu ingin berwisata, jangan lupa untuk tetap patuhi protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah, ya!

Baca juga artikel seputar Wisata atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

ARTIKEL TERKAIT
Shutterstock 1303539682 3738a
7 Destinasi Wisata Islami Favorit di Indonesia | Jalan-jalan Sambil Tambah Keimanan!
Untitled Design 2021 03 17t192451 329 Ac06a
12 Potret Masjid Terunik dan Terindah di Dunia, Bernilai Seni dan Sejarah!
Tempat Wisata Di Indonesia Yang Mirip Luar Negeri Banner 29ac1
5 Tempat Wisata di Indonesia yang Mirip Luar Negeri, Gak Kalah Bagus!
Tempat Wisata Yang Ditutup Karena Ulah Manusia Banner 9ceb9
5 Tempat Wisata yang Ditutup Karena Ulah Manusia, Ada yang di Indonesia!
Tempat Wisata Romantis Bogor Banner 6e9a0
Ke Bogor Bareng Pasangan? Mampir ke 5 Tempat Wisata di Bogor Ini!
Tempat Instagramable Di Batam Banner 4d971
Instagram Story Tambah Kece Kalo Foto di 5 Tempat Wisata di Batam Ini!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal