9 Masjid Indah yang Berubah Fungsi Beberapa Kali | Bikin Terpesona!

Default

Masjid bagi kaum muslim bukan hanya sebagai tempat ibadah. Namun, juga pusat perkembangan peradaban dari Islam.

Masjid menjadi tempat penyebaran dan pengembangan ilmu, pembentukan strategi pemerintah, pembuatan kebijakan politik, hingga berlangsungnya pengadilan syariah.

Sehingga inilah yang menjadi alasan kenapa keberadaan masjid di suatu wilayah menjadi sangat penting bagi kaum muslim.

Ternyata ada sejumlah masjid yang berasal dari bangunan ibadah yang awalnya ditujukan sebagai tempat ibadah agama lain. Berikut ini Jaka sudah merangkum selengkapnya.

1. Masjid Katsyawah, Aljazair

Gereja Jadi Masjid Di Turki E17e9

Aljazair memiliki banyak warisan sejarah kemuliaan Islam. Negara terbesar di benua Afrika telah menjadi bagian dari berbagai dinasti Muslim selama berabad-abad, dari Umayyah hingga Turki Ottoman terakhir.

Masjid Katsyawah (juga dikenal sebagai Masjid Ketchaoua) adalah salah satu peninggalan Kekaisaran Ottoman di Aljazair. Masjid Katsyawah unik karena menggabungkan gaya arsitektur Moor dan Bizantium.

Masjid ini dibangun pada awal abad ke-17. Namun, Casbah juga mengalami nasib yang sama dengan bangunan indah di Aljazair. Dari tahun 1845 hingga 1962, Prancis mulai menguasai seluruh Aljazair.

Kemudian, otoritas lokal mengubah Masjid Katsyawah menjadi Katedral St. Philip. Setelah Aljazair merdeka, bangunan bersejarah ini akhirnya menjadi masjid kembali. Meski fungsinya sudah berubah, tampilan bangunan Masjid Katsyawah tetap terjaga.

2. Masjid Selimiye, Siprus

Gereja Terbesar Di Dunia Menjadi Masjid A8913

Awalnya, Masjid Selimiye adalah katedral Katolik Roma Saint Sophia. Namun, setelah Kekaisaran Ottoman menguasai Nikosia, ia berubah fungsi menjadi masjid pada tahun 1570.

Saat bangunan difungsikan menjadi masjid, beberapa perubahan dilakukan pada bangunan tersebut. Arah bangunan awalnya menunjuk ke Yerusalem di Palestina dan kemudian diubah menjadi Ka'bah di Mekah.

Sejak 1954, nama Selimiye sendiri digunakan untuk menyebut masjid ini sebagai penghormatan kepada Sultan Selim II, sang penakluk Siprus.

Bangunan-bangunan ini hampir sama dengan bangunan asli Katedral St. Shopia tetapi dengan melakukan banyak renovasi, termasuk dua menara yang belum selesai.

Pembangunan dua menara masjid bergaya Ottoman sebagai tempat muazin untuk mengumandangkan azan.

Hingga tahun 1959, muazin yang akan menaiki menara melalui 170 anak tangga baru, kemudian mengumandangkan azan dari balkon menara. Kini hal tersebut sudah digantikan dengan pengeras suara yang dipasang di menara masjid.

3. Masjid Attarine, Mesir

40 Gereja Di Eropa Berubah Jadi Masjid 8a0d3

Masjid Attarine adalah salah satu bangunan keagamaan yang dibangun pada masa Kekaisaran Bizantium di Mesir sekitar 337 M.

Saat itu, bangunan asli Masjid Attarine adalah sebuah gereja bernama Gereja St. Athanasius. Pada 641, pasukan Khilafah menguasai Alexandria dan gedung tersebut diubah fungsinya dan direnovasi menjadi masjid.

Akibat kerusakan berbagai perang, kondisi masjid saat ini merupakan bangunan yang sudah berkali-kali direnovasi.

Sebelum menjadi masjid, bangunan tersebut dulunya adalah gereja dan dibuka sejak tahun 370 M. Bangunan ini kemudian menjadi masjid, yang telah beroperasi sejak 1976.

Beberapa renovasi dilakukan selama Kekaisaran Ottoman. Bagian dalam masjid terdiri dari dua lantai, yang memisahkan jemaah pria dan wanita saat beribadah. Ukiran geometris berbentuk bunga pada kubah masjid merupakan salah satu ciri khas Masjid Attarine.

4. Masjid Agung Al-Omari, Beirut

Masjid Jadi Gereja Di Spanyol 4246a

Sebelum menjadi masjid, Masjid Agung Al-Omari merupakan kuil atau pemandian Romawi sebelum gereja dibangun. Kemudian, setelah penaklukan Islam, bangunan itu diubah menjadi masjid dan diberi nama Umar Bin Khattab.

Namun, pada awal abad ke-12, Tentara Salib menyerang Beirut dan mengubahnya menjadi gereja lagi. Pada 1187, panglima pasukan Muslim, Shalahuddin mengubah fungsinya dan menjadi masjid kembali.

Proses peralihan fungsi belum berakhir. Tentara Salib kemudian mengambilnya kembali dan mengubahnya menjadi katedral pada tahun 1197.

Akhirnya, pada 1291, Mamluk menguasai Beirut dan mengubahnya menjadi masjid, yang masih digunakan sampai sekarang.

5. Masjid di kota Nablus, Palestina

Mengapa Di Eropa Gereja Ditinggalkan 08eec

Terletak di kota Nablus di tepi barat Palestina, masjid ini juga mencerminkan sejarah panjangnya sejak era Bizantium, penaklukan Islam, Perang Salib, dan periode Mamluk.

Banyak masalah yang terkait dengan Yudaisme dan Kristen, seperti Masjid Al Khadra yang telah menjadi masjid sejak 1187 dan sebelumnya berfungsi sebagai gereja pada masa Perang Salib.

Masjid megah di kota ini awalnya adalah sebuah gereja yang dibangun oleh Kaisar Romawi Justinian I pada abad ke-6. Pada 1186, setelah penaklukan Saladin, Ayyubiyah mengubahnya menjadi masjid.

6. Masjid Cordoba, Spanyol

Gereja Dijual Di Indonesia 6c0c1

Sebelum bangunan ini menjadi masjid pada masa Kekhalifahan Umayyah di abad ke-10 dan ke-11, bangunan ini telah menjadi tempat ibadah bagi umat Katolik sejak umat Kristen menaklukkan kota itu pada tahun 1236.

Masjid Cordoba terletak di kaki Siera de Montena dan merupakan bukti keemasan peradaban Islam di tanah Spanyol. Masjid Cordoba pernah menjadi katedral bernama Visigoth St Vincent.

Bangunan ini pertama kali diubah menjadi masjid pada 784 M di bawah kepemimpinan Abd ar-Rahman I. Selain untuk kegiatan ibadah, kegiatan masjid juga digunakan di pengadilan syariah.

Masjid Agung Cordoba telah menjadi pusat Islam di Andalusia selama tiga abad. Cordoba adalah pusat pemerintahan Islam di Spanyol, dan juga menjadikan masjid ini, yang dulu bernama Al Jami, sebagai pusat kegiatan pemerintahan dan kemasyarakatan.

Selama penaklukan tentara Kristen di abad ke-16, masjid kembali menjadi katedral. Bagian tengah masjid menjadi altar dan paduan suara utama.

Bangunannya sangat khas peninggalan Islam dengan tiang dan struktur marmer. Arsitektur Masjid Cordoba mirip dengan Masjid Agung Damaskus, Suriah.

Namun, goresan kaligrafi ayat Alquran di tembok kota Mihrab masih dipertahankan. Sekalipun diubah menjadi katedral, pada 15 Desember 1994, UNESCO menetapkan Masjid Cordoba sebagai salah satu peninggalan budaya tertua dan terpenting di dunia.

7. Masjid Umayyah, Suriah

Masjid Dan Gereja Berdampingan 2f90a

Masjid Umayyah di Kota Tua Damaskus adalah salah satu situs keagamaan paling suci dalam agama Samawi. Masjid ini terletak di situs Kuil Jupiter, yang diubah menjadi gereja oleh Kaisar Romawi Theodosius I pada abad keempat.

Masjid Umayyah menjadi masjid pada abad ke-7 dan masih berisi tempat Suci Yohanes Pembaptis. Terdapat dua monumen gereja di dalam masjid, yang menandakan bahwa masjid tersebut dibangun di atas peninggalan gereja.

Kedua monumen ini adalah tempat pembaptisan, digunakan untuk membaptis bayi, dan ada ukiran Yunani di dinding yang menggambarkan pujian kepada Kristus.

Melansir Alarabia, keberadaan makam Santo Yohanes yang menonjol di salah satu masjid tertua di dunia Islam menunjukkan status Kristus dalam Islam dan Kristen. Kristus sendiri adalah seorang nabi dalam Islam dan orang suci Kristen.

8. Masjid Venesia, Italia

Masjid Ayasofya 27046

Satu-satunya masjid di Venesia dibuka pada 2015, awalnya menyebabkan kontroversi luas termasuk pemerintah Italia dan otoritas lokal.

Namun, seorang arsitek di Swiss secara sukarela membangun masjid dari bekas gereja yang sudah ditinggalkan selama 40 tahun, Gereja Santa Maria Valverde.

Akhirnya, proyek tersebut dilaksanakan dengan bantuan komunitas Muslim di kota tersebut dan dibuka pada Mei 2015.

9. Hagia Sophia, Turki

Hagia Sophia C0d06

Hagia Sophia atau Ayasofya resmi kembali menjadi masjid pada Jumat (24/7/2020) setelah menjadi museum selama 86 tahun. Salat Jumat hari itu menandai perubahan fungsi Hagia Sophia dari museum menjadi masjid.

Secara historis, ini bukan kali pertama Hagia Sophia berubah status menjadi masjid. Sebelum menjadi museum, Hagia Sophia adalah sebuah katedral dan kemudian berubah menjadi masjid pada masa Kekhalifahan Ottoman pada tahun 1453.

Namun pada tahun 1934, gedung ini diubah menjadi museum. Mengutip Reuters, bangunan itu diselesaikan oleh Kaisar Romawi Timur Justinus I pada 537 Masehi.

Awalnya, gedung ini merupakan pusat Gereja Ortodoks dan gereja terbesar di dunia selama ratusan tahun.

Setelah kekuasaan Kekaisaran Ottoman, Sultan Mehmet jatuh, Presiden pertama Turki Mustafa Kemal Ataturk juga dikenal sebagai bapak modernisasi Turki. Menjadi negara sekuler. Ini juga berdampak pada status Hagia Sophia.

Pada 1934, bangunan Hagia Sophia yang tadinya berfungsi sebagai masjid dialihfungsikan jadi museum.

UNESCO menetapkan Hagia Sophia sebagai Warisan Dunia pada 1985 sebagai bagian dari wilayah bersejarah Istanbul. Bangunan ini disebut memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Akhir Kata

Megah-megah banget bukan? Selain memiliki latar belakang sejarah yang besar, bangunan-bangunan tersebut juga menjadi pengingat masa keemasan Islam dulu.

Selain itu, jejak-jejak sejarah dan budaya yang tercermin di setiap bangunannya juga membuat kita dapat mengenali dan mempelajari gaya arsitektur yang berbeda-beda.

Mudah-mudahan ada kesempatan untuk kita menyambangi bangunan ibadah umat Muslim tersebut, ya! Aamiin.

Baca juga artikel seputar Ramadan atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana.

BACA JUGA

7 Artis Indonesia yang Tiru Gaya Artis Korea, Ngakak Bos!

14 WhatsApp MOD APK dengan Fitur Terbaik dan Terbaru 2021, Anti Banned!

Intip Penampakan Desain Istana Presiden di Kalimantan | Simpel atau Unik?

6 Cara Membuka Situs yang Diblokir di PC & HP, Dijamin Ampuh!

5 Pro Player yang Tersandung Kasus Narkoba, Ada yang Tewas!

ARTIKEL TERKAIT
Film Sejarah Islam Terbaik Baf64
8 Film Sejarah Islam & Tokoh Muslim Terbaik 2021 | Cocok Buat Sambil Ngabuburit!
7 Video Klip Lagu Religi Islam Terbaik Di Bulan Ramadhan Menyejukkan Hati E3926
7 Video Klip Lagu Religi Islam Terbaik di Bulan Ramadhan, Menyejukkan Hati!
Situs Belajar Islam Bef1f
6 Situs Terbaik untuk Belajar Islam dan Sejarahnya | Insya Allah Terpercaya!
Teknologi Yang Diciptakan Orang Islam A1224
7 Teknologi Canggih yang Ditemukan oleh Ilmuwan Islam, Wajib Tahu!
Ucapan Ulang Tahun Islam Untuk Anak 6d598
50+ Ucapan Ulang Tahun Islami Untuk Anak, Biar Makin Berkah!
Setiap Hari Bersamamu Adalah Sebuah Anugerah Semoga Kita Selalu Bersama Hingga Jannah Selamat Ulang Tahun Pernikahan D292f
75+ Ucapan Ulang Tahun Pernikahan Islami | Langgeng Hingga Jannah!
Tags Terkait: Sejarahramadan
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal