Arkeolog Berhasil Temukan Sumber Kekayaan Nabi Sulaiman | Bukan Emas dan Perak?

Default

Kamu mungkin familiar dengan sosok Nabi Sulaiman atau Salomo (bahasa Ibrani). Dalam cerita-cerita, Nabi Sulaiman dikenal sebagai seorang raja sekaligus nabi yang sangat berwibawa dan berkuasa.

Tak itu saja, ia juga dikenal memiliki jumlah kekayaan yang sangat besar. Kekayaan inilah yang diklaim berhasil ditemukan oleh sekelompok arkeolog.

Eksplorasi situs arkeologi

Mengutip Detik.com, proses menemukan sumber kekayaan Nabi Sulaiman ini cukup panjang. Para arkeolog sudah mulai melakukan penggalian sebuah situs kuno di padang pasir yang ada di lembah Timna, Israel Selatan sejak 1964 silam.

Situs arkeologi ini disebut sudah berkembang pesat selama pemerintahan Raja Sulaiman 3.000 tahun lalu.

Mereka kemudian menemukan jaringan terowongan di dalamnya. Dipercaya terowongan tersebut dikerjakan oleh para budak di bawah kepemimpinan Raja Sulaiman.

Terowongan yang terletak di tambang Raja Sulaiman tersebut sempat dieksplorasi secara rahasia dan ditayangkan di Smithsonian Channel.

Lebih lanjut, para arkeolog mengungkapkan bahwa mereka mungkin telah berhasil menemukan sumber kekayaan paling legendaris milik Nabi Sulaiman yang ada di dalam situs tersebut.

Dikutip dari Archytele, salah satu arkeolog bernama Profesor Erez Ben-Yosef dari Tel Aviv University menyebut bahwa sumber kekayaan itu diduga merupakan bijih tembaga.

Bijih Tembaga Di Tambang Raja Sulaiman National Geographic 981a8

Pentingnya bijih tembaga

Di dalam tambang peninggalan Raja Sulaiman itu sama sekali tak ditemukan emas atau perak, hanya bijih tembaga.

Mereka menemukan bukti yang tersebar di seluruh lokasi penggalian yang menunjukkan keberadaan produksi tembaga secara massal di masa lalu.

"Semua bahan ampas bijih hitam yang ditemukan merupakan limbah dari tungku. Ini adalah bukti yang sangat penting untuk produksi tembaga kuno di Timna," jelas Profesor Ben-Yosef seperti dikutip dari Detik.com, Kamis (26/8/2021).

Diketahui bijih tembaga memang merupakan komoditas umum di zaman kuno karena jadi salah satu logam paling dicari di Bumi.

"Tembaga, pada waktu tertentu dalam sejarah, adalah sumber daya ekonomi yang paling penting dan menjagi industri yang paling menguntungkan," tambah dia.

Jadi titik balik manusia

Saking pentingnya tembaga, Dr Mohammad Najjar dari Friends of Archaeology of Jordan bahkan menyebut tembaga sebagai titik balik radikal dalam sejarah manusia.

Pasalnya, manusia untuk pertama kalinya bisa mengekstrak logam dari batu dan mengubahnya jadi alat dan senjata.

Ilustrasi Pemerintahan Raja Sulaiman A5a44

Dr Najjar bahkan menggambarkan momen itu sebagai lompatan kuantum. Pasalnya dibutuhkan sejumlah usaha yang melibatkan begitu banyak energi dan waktu untuk bisa memisahkan tembaga dari batuan.

Bijih tembaga harus dipanaskan hingga 1.000 derajat celsius. Untuk mencapai suhu tersebut, para pekerja harus terus menerus meniupkan api melalui pipa. Dibutuhkan berjam-jam untuk mendapatkan tembaga dalam bentuk murni.

Pemerintahan Nabi Sulaiman

Nabi Sulaiman diketahui berkuasa sekitar 3.000 tahun lalu di wilayah yang kini dikenal sebagai Israel. Ia adalah putra dari Nabi Daud.

Nabi Sulaiman merupakan raja ketiga Kerajaan Israel setelah Saul dan Daud. Ia dikenal sebagai raja yang berwibawa dan dicintai rakyat.

Nabi Sulaiman merupakan sosok yang membangun Baitul Maqdis (istilah yang kerap digunakan untuk merujuk pada Masjid Al-Aqsha atau kota Yerusalem) pertama.

Dalam berbagai cerita, disebutkan Nabi Sulaiman juga punya banyak kemampuan. Di antaranya ia dipercaya bisa berbicara dengan hewan dan juga bisa mencairkan tembaga.

BACA JUGA

13 Foto yang Saking Sempurnanya Sampai Dikira Hasil Editan | Kuncinya Adalah Timing!

Download Alight Motion Pro MOD APK v3.9.0 Terbaru 2021 | Free & No Watermark!

7 Artis Indonesia yang Alih Profesi Sebagai Seorang Dosen | Dedikasi Pada Dunia Pendidikan!

100+ Bio IG Keren, Lucu, & Aesthetic 2021, Followers Auto Nambah!

7 Artis Ini Tak Mau Ekspos Wajah Anak di Hadapan Publik | Alasannya karena Privasi

ARTIKEL TERKAIT
73304773 2506626989613651 4056510067480985600 O D059e
Review Film Dolittle: Ketika Iron Man Menjadi Nabi Sulaiman
Penemuan Kapal Nabi Nuh Di Turki 08748
Penampakan Titisan Kapal Nabi Nuh Super Canggih yang Dibuat untuk Selamatkan Umat Manusia
Viral Pria Mengaku Sebagai Nabi Ke 26 Dan Menista Agama Ac937
Viral! Pria Mengaku sebagai Nabi ke-26 dan Menista Agama
Selo Tirta Giri Fcbbc
8 Potret Selo Tirto Giri | Eks Tambang Kapur yang Jadi Objek Wisata Beromzet Miliaran
147299145017139113 Crop 700x350
Asteroid Ini Berisi Emas dan Berlian! Bisa Ditambang?
Untitled Design 2021 04 30t224954 247 C7675
Arkeolog Temukan Arena Gladiator di Turki, Mirip Colosseum Versi Mini!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal