J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Suku Mante, Leluhur Suku Aceh yang Masih Hidup Sampai Sekarang

Minggu, 14 Mar 2021, 14:00 WIB
Keberadaan suku Mante tak banyak diketahui hingga ada sebuah video yang viral pada 2017. Lalu, siapa sebenarnya suku yang terasing ini?

Geng, pernah nggak sih kamu penasaran akan siapakah nenek moyangmu? Dari mana mereka berasal dan seperti apa kehidupan mereka di masa lampau?

Tampaknya kamu yang berasal dari Aceh bisa sedikit mendapat jawaban tentang asal-usul nenek moyangmu, bahkan mungkin melihatnya secara langsung.

Mungkin ada dari kamu yang tahu bahwa pada tahun 2017 ada sebuah video yang viral di YouTube lantaran disebut-sebut merekam orang pedalaman bertubuh kecil dan berlari dengan sangat gesit.

Sosok yang akhirnya menghilang di rimbunnya alang-alang tersebut tak disengaja ditemukan oleh para pengendara motor trail yang kebetulan lewat di area hutan.

Diduga, sosok tersebut adalah salah satu kaum dari suku Mante, leluhur dari orang Aceh yang nyaris tidak pernah kelihatan dan diperkirakan sudah punah, geng.

Suku Mante Asli Tertangkap Warga 47f11

Viralnya video tersebut bikin banyak orang jadi penasaran untuk melihat orang-orang suku Mante lebih dekat, bahkan sampai memancing menggunakan makanan.

Hal yang menarik adalah, suku ini diperkirakan adalah nenek moyang dari orang Aceh. Masak iya? Baca ulasan Jaka berikut, deh!

Sejarah dan Asal-Usul Suku Mante

Meskipun ditulis Mante, kata tersebut dieja "Mantir". Beberapa kalangan ada pula yang menyebutnya Mantra, Manteu, dan Bante.

Mante diduga sebagai cikal bakal dari Kawom Lhee Reutoih atau suku tiga ratus, salah satu penduduk asli Aceh.

Sejarah mencatat bahwa suku Mante adalah nenek moyang orang Aceh yang termasuk dalam garis keturunan Melayu Proto, sama dengan suku-suku asli lain di Aceh seperti Lanun, Sakai, Senoi, Semang, dan Jakun.

Diperkirakan, Mante dan suku-suku asli lainnya bermigrasi ke Aceh melalui Semenanjung Melayu, geng.

Suku Mante Kecil Ca279
Sumber foto: Bobo

Mereka hidup secara nomaden atau berpindah-pindah dari hutan ke hutan di beberapa daerah di Aceh, seperti pegunungan Aceh Tenggara, Aceh Tengah, dan daerah Pidie di sekitar Tangse.

Suku misterius ini telah hidup sejak era kerajaan di Aceh meski hidup di pedalaman hutan sejak dulu, loh.

Namun, ada satu kisah di mana ada sepasang orang Mante yang ditangkap Sultan Aceh, namun keduanya enggan berbicara sama sekali hingga tidak ada informasi yang bisa diperoleh dari mereka.

Suku yang berasal dari Aceh ini memang jarang terlihat bahkan selama ratusan tahun lamanya hingga dianggap punah oleh para ahli dan peneliti.

Ciri-ciri dan Karakteristik Suku Mante

Ciri-ciri fisik suku Mante ternyata pernah dihimpun oleh para peneliti sejarah dan antropologi yang dipimpin oleh Christiaan Snouck Hurgronje, seorang berkebangsaan Belanda yang pernah melakukan ekspedisi di Aceh.

Ternyata, penggambaran Hurgronje sangat cocok dengan sosok yang nampak dalam video viral milik pemotor itu, geng.

Penampilan suku misterius ini sangat unik dan agak berbeda dengan orang Indonesia pada umumnya, kecuali kulitnya yang berwarna sawo matang.

Mereka memiliki tubuh membungkuk dan bisa dibilang kerdil dengan tinggi sekitar 70-100 centimeter saja.

Video Suku Mante E5498
Sumber foto: Win Net

Orang-orang Mante masih jauh dari peradaban modern dan asing dengan kebudayaan lain, bahkan mereka juga masih hidup tanpa berpakaian alias telanjang.

Penduduk Mante juga diketahui punya rambut gimbal yang sangat panjang bahkan hingga menutupi pantat, geng.

Urusan sifat, mereka ini sangatlah pemalu dan senantiasa menghindar dari manusia. Jika tahu didekatnya ada manusia, mereka akan langsung ketakutan dan lari tunggang langgang.

Tubuh kecil Suku Mante menjadikan mereka pelari handal nan gesit geng, susah banget dikejar deh, pokoknya.

Kalaupun kamu beruntung berjumpa dengan mereka, kamu nggak akan bisa mengajak mereka ngobrol karena suku Mante hanya berbicara dengan bahasanya sendiri yang cuma diketahui oleh sesamanya, dan juga bahasa isyarat. Susah, kan?

Soal pola makan, ternyata mereka nggak jauh berbeda dengan kita yang omnivora alias makan daging hewan dan hasil tanaman, geng.

Namun karena masih sangat primitif dan jauh dari perkembangan zaman, suku Mante masih hidup di gua-gua dan biasa beraktivitas di dekat aliran sungai untuk mendapat makanan.

Penemuan Suku Mante dan Upaya Pemerintah Aceh

Sejak video yang dibagikan oleh seorang pemotor itu booming dan mengungkap bahwasanya suku yang diduga leluhur orang Aceh ini kemungkinan masih ada, Pemerintah Aceh akhirnya memutuskan untuk menugaskan sebuah tim.

Tim penelusur suku Mante tersebut diberi mandat untuk menggali informasi tentang Mante yang masih ada dan mencoba berkomunikasi dengan mereka untuk menjaga kelestarian hidupnya.

Reaksi senada juga diberikan oleh Dinas Sosial yang mengatakan akan memberikan jaminan sosial penuh kepada para Mante agar kehidupan mereka lebih aman dan nyaman sehingga dapat mencegah kepunahan.

Hal ini sebenarnya sangat penting mengingat kehidupan suku Mante sangat bergantung dengan alam di sekitarnya, karena jika hutan terus dibabat dan Mante kehilangan habitat, kehidupan mereka juga terancam.

Kalau pemerintah bisa menemukan mereka dan berinteraksi, harapannya akan ada perlindungan khusus yang diberikan untuk menjaga para Mante, geng.

Penangkapan Suku Mante 070c4
Sumber foto: Boombastis

Jadi, sebenarnya ada nggak orang yang sudah pernah melihat suku Mante dengan jelas? Jawabannya ada, dong!

Pria tersebut bernama Gusnar Effendy, salah seorang pawang hutan yang pernah melihat Mante beberapa kali, yaitu di belantara Lokop, Kabupaten Aceh Timur dan di hutan-hutan Oneng, Pintu Rimba, Rikit Gaib di Kabupaten Aceh Tengah dan Aceh Tenggara.

Awalnya ia sendiri tak percaya bahwa suku Mante benar-benar ada hingga menyaksikannya sendiri. Ia bahkan mengatakan jumlahnya ada lebih dari 50 jiwa.

Gusnar mengungkapkan dirinya melihat segerombol Mante pada tahun 80an silam dan ia menyetujui bahwa ciri-ciri fisiknya sama dengan yang Jaka jabarkan sebelumnya, geng.

Nah, itulah kira-kira informasi seputar suku Mante yang Jaka bisa bagikan buat kamu. Memang nggak terlalu banyak karena keberadaan Mante masih belum dapat dikonfirmasi secara ilmiah, geng!

Semoga nantinya ada titik terang sehingga pemerintah bisa benar-benar melindungi suku Mante sekaligus menuai lebih banyak informasi agar kita juga bisa menambah pengetahuan, ya!

Baca juga artikel seputar Suku atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

Simak juga beberapa artikel menarik lainnya dari Jalan Tikus berikut ini:

6 Anak Presiden Paling Kontroversial | Gara-gara Puisi, KLB, Hingga Ghosting!

Marko Djuliarso, Insinyur Asal Indonesia yang Turut Garap Roket NASA Untuk ke Bulan

7 CEO Muda Indonesia Paling Inspiratif | Muda, Beda, dan Berkarya!

Inilah 10 Negara Teraman dan Terdamai di Dunia, Indonesia Lebih Aman dari Amerika!

ARTIKEL TERKAIT
Untitled Design 2021 02 02t103012 013 61613
Uniknya Pesona Mata Biru Milik Suku Buton, 100% Asli Indonesia!
Bajaudiver 1000x563 Stage Picsay D37e5
Punya Mata Super! 5 Suku di Dunia Ini Memiliki Kemampuan Ajaib, Ada Wakanda?
The Vanishing Photography Exhibition 45b2a
Mengenal Suku Bajo yang Bisa Menyelam Selama 13 Menit, Seperti Manusia Air!
Untitled Design 2021 03 05t095033 077 F13c0
Viral, Ikan Diduga Arwana Golden Harga Puluhan Juta Ditemukan di Selokan | Tangkep, Ngab!
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal